Piala Dunia 2018

Brasil vs Spanyol, Ini Deretan Grup Neraka yang Bisa Terjadi di Piala Dunia 2018

Jumat, 17 November 2017 17:17 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Joko Sedayu
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ada kemungkinan beberapa tim besar akan berada dalam satu grup di Piala Dunia 2018, yang sering disebut dengan istilah grup neraka. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ada kemungkinan beberapa tim besar akan berada dalam satu grup di Piala Dunia 2018, yang sering disebut dengan istilah grup neraka.

Babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 telah rampung digelar. Peru menjadi negara terakhir yang memastikan diri lolos ke putaran final yang akan berlangsung ke Rusia tahun depan. FIFA pun langsung merilis pembagian negara-negara unggulan dan non unggulan, yang terdiri dari 32 negara dan dibagi menjadi 4 Pot.

Beberapa nama unggulan seperti Argentina, Brasil, Jerman, Prancis, dan Spanyol akan kembali turun berlaga untuk memperebutkan trofi paling bergengsi di level antarnegara tersebut. Sejumlah tim layaknya Islandia dan Panama, juga mendapat kesempatan untuk mencicipi turnamen Piala Dunia untuk pertama kali dalam sejarah.

Seperti diketahui, Pot 1 diisi oleh tuan rumah Rusia dan 7 negara yang berperingkat tinggi di ranking FIFA. Tercatat ada Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia, dan Prancis.

Sementara Pot 2, diisi 8 negara yang berada di bawah kontestan Pot 1. Ya, sebut saja Spanyol, Swiss, Inggris, Kolombia, Meksiko, Uruguay, Kroasia, dan Peru.

Adapun Pot 3 yang akan diisi oleh beberapa tim kuda hitam, termasuk Swedia yang membuat Belanda dan Italia tersingkir. Selain Swedia, di Pot 3 juga ada Denmark, Islandia, Kosta Rika, Tunisia, Mesir, Senegal, dan Iran.

Terakhir ada Pot 4. Pada Pot ini dianggap sebagai tim paling lemah, namun mereka tetap tak boleh dipandang sebelah mata karena diisi oleh tim seperti Serbia, Nigeria, Australia, Jepang, Maroko, Jepang, Panama, Korea Selatan, dan Arab Saudi.

© FIFA
Timnas Jerman megantongi 476 miliar rupiah saat menjadi juara Piala Dunia 2014. Copyright: FIFAJerman selaku juara bertahan bisa bertemu dengan Spanyol, Inggris, atau Uruguay.

Melihat susunan tim pada pembagian Pot tersebut, maka terbuka peluang besar akan terjadinya grup neraka pada Piala Dunia 2018. Dalam peraturan FIFA, dalam satu grup tidak boleh terdapat tim yang sama dari satu konfederasi, terkecuali UEFA.

Menanggapi hal tersebut, INDOSPORT coba memprediksi deretan grup yang akan mendapat predikat sebagai grup neraka pada Piala Dunia 2018 mendatang di Rusia.

714