Rumor Transfer Liga 1: Persija Buru Pemain Bintang Hingga Arema Disodori Duo Brasil

  • Beberapa klub Indonesia terus dikaitkan akan mendatangkan nama-nama pemain baru di bursa transfer untuk menyambut musim depan.
  • Persija menjadi klub yang akhi-akhir ini paling sering dikaitkan akan merekrut pemain baru di bursa transfer.
Minggu, 19 November 2017 16:16 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Indosport/Goal/Abi Yazid
Rizky Pora (Barito Putra) Copyright: © Indosport/Goal/Abi Yazid
Rizky Pora (Barito Putra)

Setelah dikaitkan dengan Riko Simanjuntak, Esteban Vizcarra, Arthur Bonai, Persija kembali mengungkap rencana untuk merekrut kapten Barito Putera sekaligus penggawa Timnas Indonesia, Rizky Pora. Tak hanya Macan Kemayoran, julukan Persija, beberapa klub juga membidik beberapa pemain baru.

Arema FC misalnya yang kabarnya sudah disodori dua pemain asing untuk musim baru nanti. Salah sau pemain asing itu ialah Thiago Cunha yang juga sempat memperkuat Barito Putera di laga-laga awal ajang Gojek Traveloka Liga 1 lalu.

Selain klub, beberapa pemain juga memutuskan untuk meninggalkan klubnya menjelang memasuki musim baru. Setelah Vladimir Vujovic yang memutuskan untuk tak lagi bertahan bersama Persib, adapula bintang Semen Padang, Marcel Sacramento, yang akan meninggalkan klub.

Rizky Pora menyambut baik hasil yang diraih Timnas U-22 di SEA Games 2017. Copyright: Zainal Hasan/IndosportRizky Pora yang tengah diminati Persija

Kabau Sirah, julukan Semen Padang, yang terdegradasi ke Liga 2 memang harus rela ditinggal beberapa pemainny. Setelah Riko Simanjuntak yang ditaksir Persija, kini giliran sang ujung tombak, Sacramento yang memutuskan untuk pergi.

Tak Cuma Semen Padang, Persiba yang juga akan bermain di Liga 2 musim depan pun ditinggalkan oleh pemainnya. Salah satu penggawa tim Beruang Madu dan juga kiper Timnas U-22, Kurniawan Kartika Ajie, sudah menyatakan diri tak akan mau bermain di Liga 2.

Berikut INDOSPORT merangkum beberapa rumor transfer pemain Liga 1.

Persija

Caption Copyright: INTERNETRizky Pora

Setelah dikaitkan dengan Riko Simanjuntak, Esteban Vizcarra, Arthur Bonai, Persija kembali mengungkap rencana untuk merekrut kapten Barito Putera sekaligus penggawa Timnas Indonesia, Rizky Pora. Selain menjadi kapten Laskar Antasari, julukan Barito, pemain berusia 27 tahun tersebut merupakan top skor terbanyak klub pada musim 2017 dengan sepuluh gol.

"Untuk musim depan, target Persija akan lebih berat dan besar. Tim ini sudah baik, tetapi ada posisi-posisi yang membutuhkan pemain baru," ucap asisten pelatih Persija, Mustaqim saat menggelar konferensi pers di Kantor Persija, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Sabtu (18/11/17).

"Sebut saja Rizky Pora dari Barito Putera. Kami ingin dia ke Persija. Demi target, otomatis kami pun sebagai ofisial sudah mengusulkan pemain-pemain terbaik," katanya menambahkan.

Selain merekrut pemain, Persija juga tampaknya ahrus bersiap untuk kehilangan salah satu pemainnya. Masa depan Willian Pacheco di Persija Jakarta masih buram. Sebelumnya, bek asal Brasil tersebut enggan memastikan akan bertahan di ibu kota pada musim depan.

Kabarnya, permintaan gaji yang tinggi membuat manajemen Macan Kemayoran masih urung memperpanjang kontrak bek yang dijuluki Tugu Monumen Nasional itu.

Arema FC

Barito Putera resmi mendatangkan Thiago Cunha sebagai rekrutan anyar. Copyright: Twitter @PSBaritoPuteraBarito Putera resmi mendatangkan Thiago Cunha sebagai rekrutan anyar.

Usai melepas dua pemain asingnya, yakni Juan Pablo Pino Puello (Kolombia) dan Esteban Gabriel Vizcarra (Argentina). Arema kabarnya sudah bersiap untuk merekrut penggawa asal Amerika Latin lainnya untuk musim depan.

Seperti dilansir dari laman Topskor, Salah satu agen sepak bola internasional, Grupo Empenho Seguranca dari  Boa Vista, Limeira-SP, Brasil menawarkan striker Thiago dos Santos Cunha dan playmaker yang juga gelandang serang, Andre Araujo sebagai alternatif untuk Liga-1 2018 mendampingi Arthur Cunha da Rocha (Brasl) dan Ahmet Atayew ( Turkmenistan).

“Soal Thiago dos Santos Cunha dan Andre Araujo kami ditawari agen mereka. Kami tidak langsung ambil, tapi akan dilihat dan pelajari kurikulum vitae serta rekaman videonya. Juga dicermati track record sebelumnya, mulai soal riwayat kesehatan atau kalau ada cedera, dan attitude-nya. Setelah itu baru dilihat dalam beberap hari latihan atau uji coba,” ujar pelatih Arema FC, Joko Susilo.

Cunha sebelumnya pernahmemperkat Barito Putera di awal kompetisi Liga 1 sebelum akhirnya menerima pinangan klub Liga 1 Thailand, Chonburi FC. Sementara Araujo, merupakan pemain Brasil yang pernah memperkuat Samut Songkhram FC (klub Liga 2 Thailand).

Bali United

Gavin Kwan Adsit. Copyright: IstimewaGavin Kwan Adsit.

Pemain serba bisa Timnas Indonesia U-22, Gavin Kwan Adsit kabarnya sudah dikontak oleh tiga klub salah satunya raksasa baru Liga 1, Bali United. Pasalnya kontrak Gavin akan selesai akhir tahun ini bersama Barito Putera. Namun, pesepakbola 21 tahun itu justru memberikan jawaban yang mencengangkan.

Serdadu Tridatu yang menjadi runner up Liga 1 dan berpeluang ke Liga Champions Asia itu disebut-sebut ingin memulangkan Gavin yang merupakan putra daerah karena lahir dan dibesarkan di Bali. Tetapi, saat ini Gavin menyatakan tidak ingin berbicara lebih jauh mengenai masa depannya, meski secara terang-terangan Bali United sudah menyatakan minatnya. 

"Kalau soal itu (ke Bali United), saya no comment dulu. Nanti saja," ucapnya secara singkat.