Piala Dunia 2018

Mengulik Skenario Messi vs Ronaldo di Final Piala Dunia 2018

Sabtu, 2 Desember 2017 14:21 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Rizky Pratama Putra
© INDOSPORT
Ronaldo vs Messi Copyright: © INDOSPORT
Ronaldo vs Messi

Undian Piala Dunia 2018 telah selesai dilakukan pada Jumat (01/12/17) malam waktu Rusia. Pembagian grup Piala Dunia 2018 ini dimulai dengan meletakkan Rusia di Grup A sampai dengan Jepang yang menjadi tim terakhir untuk menempati satu tempat di Grup H. Total ada 8 grup dengan masing-masing 4 negara di dalamnya. 

Tidak hanya pembagian grup, namun jadwal pertandingan dan bagan perjalanan menuju final Piala Dunia 2018 di tanggal 15 Juli 2018 pun sudah tersusun. 

© FIFA
Hasil Drawing Piala Dunia 2018 Copyright: FIFAHasil Drawing Piala Dunia 2018

Mungkin banyak penggila bola di dunia yang mendambakan partai final antara Portugal dan Argentina di Piala Dunia kali ini. Mengapa? karena di dalam dua negara tersebut terdapat duo megabintang dunia, yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kedua pemain tersebut masih menjadi pemain terbaik di dunia saat ini. Ronaldo di Portugal dan Messi di Argentina. 

Pertanyaanya, mungkinkah partai puncak Piala Dunia edisi 2018 ini mempertemukan kedua tim? Jawabannya adalah Ya. Tetapi dengan sejumlah syarat. 

© INDOSPORT
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi beserta para keluarganya. Copyright: INDOSPORTCristiano Ronaldo dan Lionel Messi beserta para keluarganya.

Pertama, Argentina maupun Portugal tidak boleh sama-sama menjadi juara grup atau sama-sama menjadi runner-up grup. Mengapa? karena saat ini Portugal berada di Grup B (bersama Spanyol, Iran, dan Maroko). Sementara Argentina berada di grup D (bersama Nigeria, Kroasia, dan Islandia). 

Nah, di bagan turnamen sendiri juara Grup B dan juara Grup D berada di jalur yang sama menuju final. Jika kedua tim sama-sama juara grup atau sama-sama runner-up, itu artinya duel Ronaldo dan Messi hanya akan ada di perempat final. 

Apabila syarat pertama terpenuhi di mana Portugal runner-up Grup B dan Argentina juara Grup D, maka laga final bisa terwujud asalkan memenuhi syarat kedua, apa itu? Yaitu Portugal harus berhasil melewati halangan Prancis di perempat final serta Brasil/Inggris/Belgia di semifinal.

© INDOSPORT
Mesut Ozil vs Lionel Messi di Piala Dunia 2014. Copyright: INDOSPORTMesut Ozil vs Lionel Messi di Piala Dunia 2014.

Begitu juga dengan Argentina dengan calon-calon lawannya yaitu Spanyol di babak perempat final kemudian Jerman, Kolombia, Polandia, Belgia, dan Inggris yang bakal menjadi lawan mereka di semifinal. 

Duel terakhir antara Cristiano Ronaldo melawan Lionel Messi sendiri terjadi dalam uji coba Portugal vs Argentina pada 18 November 2014 lalu di mana skor berakhir 1-0 untuk kemenangan Portugal. 

2.3K