Catat Sejarah Penyelamatan Terbanyak, De Gea Malah ‘Terbuang’

  • David De Gea tampil cemerlang dengan mencatatkan 14 penyelamatan untuk Manchester United (MU) di saat melibas Arsenal dengan skor 3-1.
  • Penampilan gemilangnya itu membuat De Gea disebut-sebut sebagai salah satu kipper terbaik di dunia.
  • Namun pada kenyataannya, kiper Spanyol itu justru terlempat di urutan ketujuh penjaga gawang terbaik dunia.
Kamis, 7 Desember 2017 20:40 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Kiper Manchester United, David De Gea. Copyright: © INDOSPORT
Kiper Manchester United, David De Gea.

Sebuah majalah asal Prancis bernama  France Football mengadakan sebuah poling untuk memilih sosok penjaga gawang terbaik dunia. Namun alih-alih menempatkan De Gea di peringkat pertama, poling tersebut justru menaruh kiper Setan Merah itu di ranking ketujuh.

De Gea ‘terbuang’ di peringkat ketujuh, sementara di urutan pertama ada nama kiper Bayern Munchen, Manuel Neuer, disusul Gianluigi Buffon, Thibaut Courtois, Hugo Lloris dan Jan Oblak, serta Keylor Navas.

De Gea tercatat hanya mengumpulkan 4 poin, berselisih cukup jauh dari ranking pertama yang dipegang oleh Neuer. Di bawa De Gea, ada penjawa gawang Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen, dan di posisi buncit kesembilan diduduki oleh Samir Handanovic.

Sebagai informasi, David De Gea tampil luar bisa pada pekan ke-15 saat Man United menaklukan Arsenal 3-1 di Stadion Emirates, Minggu (3/12/17). 

Kiper asal Spanyol mencatatkan rekor 14 kali penyelamatan dan merupakan jumlah save terbanyak dalam satu laga sepanjang sejarah Liga Primer Inggris.

Sebelumnya, pelatih MU, Jose Mourinho, juga sempat menyebut jika De Gea bukanlah kiper terbaik. The Special One, julukan Mourinho, menyebut David De Gea merupakan kiper terbaik ketiga di Manchester United.

David De Gea merayakan kemenangan timnya atas Arsenal. Copyright: INDOSPORTDavid De Gea merayakan kemenangan timnya atas Arsenal.

Artinya, kiper Timnas Spanyol tersebut masih berada di bawah Sergio Romero dan penjaga gawang muda, Joel Pereira. Hal itu diungkapkannya sambil bercanda pada konferensi pers jelang laga kontra CSKA Moscow di Liga Champions.

“Kiper terbaik pertama adalah Sergio Romero dan kiper terbaik kedua adalah Joel Pereira, lalu ada De Gea di tempat ketiga,” tutur pelatih asal Portugal itu.