Liga Inggris

Akhirnya! Sunderland Menang di Kandang Pasca Setahun Lamanya

Minggu, 17 Desember 2017 04:03 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Skuat Sunderland merayakan kemenangan mereka atas Fulham di depan pendukungnya sendiri. Copyright: © INDOSPORT
Skuat Sunderland merayakan kemenangan mereka atas Fulham di depan pendukungnya sendiri.

Bagi para pencinta setia Liga Primer Inggris, tentunya sudah tak asing dengan klub bernama Sunderland. Klub yang pernah dibela oleh Jermaine Defoe, Simon Mignplet, hingga Jordan Henderson itu kini bermain di Divisi Championship, kasta kedua Liga Inggris.

Hal tersebut tak lepas dari terdegradasinya mereka dari Liga Primer Inggris musim 2016/17 lalu. Kala itu, The Black Cats berada di posisi juru kunci. Rival sekota Newcastle United itu hanya berhasil mengumpulkan 24 poin dari enam kemenangan, enam imbang, dan 26 kali kalah.

Kini mereka pun tengah bersusah payah untuk lolos dari zona degradasi di Divisi Champions. Di pertandingan terakhir, mereka mampu meraih kemenangan atas tamunya, Fulham, dengan skor tipis 1-0 di Stadium of Light pada pekan ke-22. Adalah Josh Maja di menit 77 yang berhasil mencetak gol kemenangan Sunderland di kandang pasca 364 hari lamanya.

Ada yang unik dalam kemenangan tersebut, yakni kemenangan pertama Sunderland di depan pendukungnya sendiri. Terakhir kali Sunderland berhasil memenangkan pertandingan di kandangnya sendiri yakni pada Sabtu, (17/12/16) setahun lalu.

Kala itu, Watford yang bertandang ke Stadium of Light dikalahkannya dengan skor tipis 1-0. Setelahnya, saat menjamu Liverpool mereka hanya bermain imbang 2-2. Terhitung sebelum meraih kemenangan atas Fulham, Sunderland telah menelan 12 kali kekalahan, dan sembilan kali imbang.

Sunderland kini berada di posisi ke-21 klasemen sementara Divisi Championship, atau unggul satu poin daru Burton yang berada di zona teratas degradasi.

Selamat, Sunderland! 

14