Bola Internasional

Pesepakbola wanita Islandia Lebih 'Ngeri' dari Prianya

Selasa, 9 Januari 2018 20:07 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© INDOSPORT
Skuat Timnas Wanita Islandia Copyright: © INDOSPORT
Skuat Timnas Wanita Islandia

Bukan tanpa sebab Islandia menjadi tim yang pantas mendapat perhatian di Piala Dunia 2018. Pasalnya, ini pertama kali mereka berhasil mencapai prestasi tersebut. 

Negara ini memang ajaib. Selain pertama kalinya ikut World Cup, mereka juga jadi negara berpopulasi kecil pertama yang lolos di pesta sepakbola sejagat itu.

Kehebatan timnas Islandia tak hanya dominasi lelaki saja. Ternyata timnas wanitanya gak kalah mengerikan, lho. Data menunjukkan, timnas berjuluk The Our Girls itu pernah unjuk gigi di berbagai ajang seperti mengadu nasib di kualifikasi Piala Dunia Wanita 1995 hingga kejuaraan Eropa Wanita pada 2009, 2013, dan 2017.

Mereka memang belum menorehkan kemenangan, namun mereka kalah juga gak pahit-pahit amat. Apalagi yang dilawan timnas negara tangguh dan langganan ke ajang Internasional seperti Jerman, Prancis, hingga Norwegia. Mereka malah pernah mengalahkan Belanda, lho. Canggih, kan?

© INDOSPORT
Situasi pertandingan Islandia melawan Austria. Copyright: INDOSPORTSituasi pertandingan Islandia melawan Austria.

Tak hanya itu, rangking dunia FIFA untuk wanita saat ini menunjukkan Timnas Islandia menduduki peringkat 20 dunia, melampaui Kolombia, Austria, Belgia, Rusia, bahkan Argentina. Timnas prianya hanya menduduki peringkat 22, jauh di bawah Argentina yang menduduki peringkat 4 dunia.

Perkembangan pesat dan keperkasaan anak asuh Freyr Alexandersson itu juga mampu dilihat dari laga perdana yang sudah dilakoni pada babak Kualifikasi Piala Dunia Wanita 2019. Tergabung di Grup E, Timnas Wanita Islandia mampu bertengger di peringkat kedua, membuntuti Jerman usai menggilas Kepulauan Faroe dengan skor 8-0.

Sementara data dari Instagram Fans Bola Nasional menyebutkan, 30 persen dari pesepakbola profesional di Islandia merupakan wanita dan mereka mendapatkan bayaran yang setara dengan pesepakbola pria. Jempolan!

1