x

7 Pesepakbola Dunia yang Mantap Ucapkan Syahadat

Sabtu, 10 Maret 2018 08:58 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pesepakbola top Eropa yang akhirnya memilih memeluk Agama Islam.

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan pesepakbola Eropa rata-rata beragama non Muslim. Karena sebagian besar negara-negara Eropa sendiri juga dihuni oleh negara yang bukan berpenduduk mayoritas Muslim.

Namun, seiring berjalannya waktu, makin banyak pesepakbola muslim yang ada di dunia sepakbola Eropa. Hidayah memang datang tak terduga dan bisa dialami oleh siapa saja.

Baca Juga

Setelah mendapat hidayah atau suatu pelajaran yang berharga, ada banyak pesepakbola yang mantap untuk mengucapkan kalimat syahadat dan menjadi seorang mualaf. 

Berikut INDOSPORT coba merangkum 8 pesepakbola di Eropa yang dalam perjalanan hidupunya memutuskan untuk menjadi seorang mualaf.


1. Franck Ribery

Franck Ribery.

Franck saat ini masih bermain di klub raksasa Jerman, Bayern Munchen. Pemain asal Prancis ini memilih untuk masuk Islam karena mengaku mendapat hidayah setelah membela klub Turki, Galatasaray di tahun 2005.

Ia menyebut, jika ajaran dalam agama Islam adalah sumber kekuatan dan juga keselamatan bagi dirinya, serta seluruh umat.

“Islam adalah sumber kekuatan saya di dalam dan di luar lapangan sepakbola. Saya mengalami kehidupan yang cukup keras dan saya harus menemukan sesuatu yang membawa saya pada keselamatan. Kemudian, saya menemukan Islam,” kata Ribery kala itu.


2. Eric Abidal

Eric Abidal saat memperkuat Barcelona.

Eric Abidal sudah pensiun di tahun 2014 lalu setelah sempat sebentar memperkuat Olympiakos. Ia menjadi pemain asal Prancis selain Ribery yang memilih meninggalkan agama lamanya dan menganut agama Islam.

Ia menyebut jika agama Islam membuatnya bisa terus bekerja keras untuk memperkuat timnya. ”Saya memeluk Islam dengan keyakinan penuh,” ujarnya kepada salah satu majalah Prancis.


3. Nicolas Anelka

Nicolas Anelka ketika masih merumput di Anfield

Nama Anelka sudah tak asing di dunia sepakbola. Ia sudah banyak wara-wiri di berbagai klub. Sebut saja Chelsea, Arsenal, Manchester City, Liverpool, Paris Saint-Germain, dan Juventus.

Pemain asal Prancis ini memilih nama Abdul-Salam Bilal ketika dirinya masuk islam. Ia mengaku kehidupannya jadi lebih nyaman ketika ia beragama Islam.

Perlu diketahui, sebelum menjadi seorang muslim, Anelka mengaku sama sekali tidak mempercayai keberadaan Tuhan, alias atheis.


4. Danny Blum

Danny Blum.

Pemain berumur 27 tahun itu memilih untuk masuk Islam pada 2015 lalu. Dalam sebuah kesempatan, Danny menyebut jika sejak pindah agama ia selalu menjalankan kewajiban menjadi seorang Muslim.

Pemain asal Jerman ini kabarnya hanya ingin memakan makanan halal dan selalu rajin menjalankan sholat lima waktu. 


5. Emmanuel Adebayor

Emmanuel Adebayor saat berseragam Arsenal.

Di bulan Ramadhan 2017 lalu, Adebayor memutuskan untuk hijrah sebagai seorang muslim. Mantan pemain Arsenal itu memilih masuk islam karena menurutnya ia merasa lebih tenang saat menjadi muslim.

Prosesi pemain yang kini berusia 34 tahun itu diabadikan lewat rekaman video saat ia menyebut dua kalimat syahadat.


6. Frederico Chaves Guedes

Frederico Chaves Guedes (kiri) saat memperkuat Timnas Brasil.

Tinggal di Kota Lyon, membuat dirinya banyak berhubungan dengan budaya Islam. Berteman dekat dengan Karim Benzema juga menjadikan dirinya semakin mengenal Islam.

Momen Fred yang masuk Islam terlihat saat dirinya bersujud untuk merayakan golnya ke gawang Australia dengan skor 2-0 pada Piala Dunia 2006.


7. Philippe Troussier

Philippe Troussier.

Troussier pernah melatih Timnas Maroko, dan klub sepakbola asal Prancis, Marseille. Kini ia menggunakan nama Omar dan isterinya bukan lagi bernama Dominique tapi menjadi Amina.

Kepada koran lokal Maroko, ia menyebut jika dirinya ingin masuk Islam karena itu adalah agama yang membuat dirinya belajar lebih banyak.

Franck RiberyEmmanuel AdebayorNicolas AnelkaEric AbidalBola Internasional

Berita Terkini