x

Menakar Persentase Tim yang Berpeluang Besar Lolos ke Semifinal Liga Champions

Kamis, 5 April 2018 11:50 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Logo Liga Champions.

Empat tim telah memastikan diri menang dalam pertandingan leg pertama babak perempatfinal Liga Champions 2017/18 tengah pekan ini.

Kemenangan itu diraih Real Madrid, Bayern Munchen, Barcelona dan Liverpool. Dua dari empat tim itu meraih kemenangan di laga tandang, selain itu tiga di antara empat pertandingan juga berakhir dengan selisih lebih dari satu dua gol.

Meraih kemenangan memang membuat empat tim itu akan lebih diunggulkan untuk lolos ke semifinal. Terlebih dalam sejarah Liga Champions kemenangan mereka juga membuat hitungan persentase lolos mereka sangat tinggi.

Hitungan persentase tersebut seperti berikut yang INDOSPORT jabarkan dari data perusahaan pengelola statistik asal Belanda, Gracenote.

Baca Juga

1. Real Madrid

Cristiano Ronaldo.

Real Madrid menjadi klub dengan persentase lolos tertinggi hingga 97,8%. Angka ini bukan berarti lawannya Juventus hanya memiliki peluang lolos 2,2%.

Namun seperti yang disinggung di atas, angka 97,8% itu muncul saat dibandingkan dengan hasil yang pernah terjadi sebelumnya di Liga Champions.

Madrid yang sudah unggul 3-0 di kandang Juventus, jika dibandingkan dengan klub-klub terdahulu yang juga menang di kandang lawan dengan skor 3-0, maka hasilnya 97,8% Madrid kemungkinan akan lolos. 


2. Bayern Munchen

Selebrasi pemain pemain Munchen setelah gol bunuh diri Jesus Navas.

Klub asal Jerman Bayern Munchen ada di urutan kedua dengan persentase 94,3%. hasil itu dikarenakan sama seperti Madrid, Munchen juga berhasil meraih kemenangan di kandang lawan. Namun The Bavarian hanya berhasil menang dengan skor tipis 2-1 sehingga persentasenya tidak setinggi Madrid.

Dari yang sudah-sudah, jika sebuah tim menang di kandang lawan dengan skor 2-1 pada babak perempatfinal leg pertama maka peluang mereka terus melaju adalah 94,3%. Angka itu menyisakan 5,7% kemungkinan gagal bagi juara Bundesliga Jerman itu.


3. Liverpool

Selebrasi Mo Salah setelah cetak gol pertama.

The Reds mendapatkan persentase hampir sama dengan Munchen, hanya selisi 0,2%. Menurut hitungan Gracenote, Liverpool berpeluang lolos dengan persentase 94,1%.

Mungkin Liverpool menang di kandangnya sendiri, namun persentase yang tinggi itu didapatkan Mohamed Salah dan kawan-kawan karena mereka menang dengan selisih gol yang banyak, 3-0.

Meski akan bertandang ke markas Manchester City minggu depan, peluang Liverpool untuk gagal lolos ke semifinal hanya 5,9%.


4. Barcelona

Barcelona vs AS Roma.

Persentase peluang Barcelona untuk lolos merupakan yang paling kecil dibanding tiga tim lain yang memenangkan pertandingan. Blaugrana hanya mendapat persentase 88,1% dalam hitungan Gracenote. 

Sejatinya Blaugrana memang menang dengan skor yang cukup telak, 4-1. Namun itu dilakukan di kandang mereka sendiri. Dan satu hal yang membuat persentase semakin rendah adalah fakta bahwa mereka kemasukan satu gol oleh AS Roma.

Di atas lapangan, Barcelona memang akan lebih diunggulkan untuk lolos ke semifinal jika dibandingkan dengan Liverpool misalnya. Namun jangan lupa, apa yang dijabarkan di sini adalah hitungan statistik.

Real MadridLiverpoolBarcelonaLiga ChampionsBayern MunchenBola Internasional

Berita Terkini