x

Tak Tampil di Piala AFF 2018, 5 Bintang Timnas Indonesia Disorot Media Amerika

Kamis, 1 November 2018 13:33 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Piala AFF 2018.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Bola Indonesia, Bima Sakti, baru-baru ini mengumumkan 23 nama pemain yang akan ia siapkan untuk membela Indonesia di ajang sepak bola Piala AFF 2018. Ajang tersebut akan digelar mulai tanggal 9 November hingga 15 Desember 2018.

Bima Sakti kali ini banyak memanggil pemain yang notabene adalah alumnus dari skuat Asian Games 2018 bekas asuhan pelatih sebelumnya, Luis Milla.

Terlihat seperti Andritany Ardhiyasa, Hansamu Yama Pranata hingga stiker naturalisasi kawakan, Alberto Goncalves dipanggil pelatih Bima Sakti.

Bima Sakti yang notabene dulu pernah merasakan satu tim kepelathan dengan Milla sepertinya tidak terlalu merombak dan  merubah kembali cara bermain Timnas seperti apa yang sudah diterapkan oleh pelatih sebelumnya.

Ini menjadi suatu hal yang menarik karena persiapan Timnas Bola Indonesia menuju kompetisi sepak bola Piala AFF 2018 sangat minim waktu.

Baca Juga

Ini terlihat karena baru Selasa (31/10/18) lalu, PSSI selaku induk tertinggi organisasi sepak bola Indonesia saja mengumumkan nama-nama pemain yang akan dipersiapkan ke ajang Piala AFF 2018.

Tidak terlepas dari itu, banyak nama-nama besar yang dulu sempat menghiasi skuat Timnas Indonesia, tapi kini mereka tidak dipanggil oleh Bima Sakti. Uniknya, sejumlah pemain tersebut mendapat sorotan dari situs berita sport asal Amerika Serikat, Fox Sport Asia.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT telah merangkum 5 pemain bintang Timnas Indonesia yang saat ini tidak ikut serta dalam ajang Piala AFF 2018 :


1. 1. Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk)

Egy Maulana Vikri.

Sempat dikabarkan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018, salah satu bintang muda dan bertalenta ini akhirnya tidak dipanggil oleh pelatih Bima Sakti.

Meskipun ia tampil cemerlang bersama klubnya asal Polandia, Lechia Gdansk, tetapi tetap tidak membuat Egy Maulana Vikri masuk ke dalam 23 nama yang akan dipersiapkan menuju ajang bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Untuk diketahui, Ia saat ini sudah mengoleksi tujuh gol dalam enam penampilan bersama tim Lechia Gdansk II.

Ia juga cukup tampil gemilang bersama Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala Asia U-19 2018 dengan mencetak 1 gol ke dalam laga Timnas Indonesia U-19 vs Chinese Taipei.

Namun, cedera yang dideritanya ketika di Piala Asia U-19 2018 memupus harapannya untuk tampil di skuat garuda. Inilah yang membuat pelatih Bima Sakti tidak memanggil Egy Maulana Vikri karena takut cederanya membuat ia tidak bisa tampil maksimal.

2. Irfan Bachdim (Bali United)

Irfan Bachdim selebrasi.

Penyerang asal klub sepak bola Bali United ini dulu sempat menjadi andalan di lini depan Timnas Bola Indonesia yang kala itu ditukangi oleh Alfred Riedl.

Nama Irfan Bachdim sempat menjadi perbincangan besar ketika ia mampu membawa Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor besar 5-1 di laga pembuka Piala AFF 2010.

Baca Juga

Namun, di musim 2018 ini performanya naik turun seiring dengan didapatnya cedera pergelangan kaki yang ia dapat ketika membela Bali United. Dampaknya ia hanya mengoleksi 12 penampilan dari 28 laga yang sudah dimainkan oleh Bali United dan mencetak satu gol.

Masalah kebugaran menjadi alasan utama yang dilihat pelatih Bima Sakti untuk tidak memasukkan namanya ke dalam Timnas Bola Indonesia yang dipersiapkan menuju Piala AFF 2018 kali ini.


2. 3. Boaz Solossa (Persipura Jayapura)

Kapten Indonesia, Boaz Solossa, melakukan selebrasi gol.

Pemain sepak bola yang terkenal dengan power, presisi, dan nalurinya ini membuat Boaz Solossa  sangat ditakuti bagi para pemain bertahan lawan. Semua itu adalah talenta yang membuat dirinya sempat menjadi pemain inti di Timnas Bola Indonesia.

Dia akhirnya memutuskan untuk pensiun dari Timnas Indonesia pada 2016 lalu, tepatnya setelah laga final Piala AFF 2018 antara Timnas Indonesia vs Thailand.

Catatan impresif ia torehkan ketika di Piala AFF 2016 lalu. Dari 11 penampilan, ia dapat mencetak 6 gol dalam usianya yang sudah tidak muda lagi.

Keputusan Boaz untuk pensiun itu bukan tanpa alasan. Selain karena usianya yang sudah tua, ia berpikir sudah saatnya bagi para pemain muda untuk bisa menggunakan seragam Timnas Indonesia.

Pasca pensiun sendiri, Boaz Solossa sempat dipanggil kembali memperkuat Timnas Indonesia dalam laga uji coba kontra Mauritius pada 11 September 2018 lalu. Namun, ia menegaskan tidak ingin mengubah keputusannya untuk pensiun.

4. Andik Vermansah (Kedah FA)

Andik Vermansah.

Pemain sepak bola di posisi sayap yang satu ini sangat terkenal dengan kecepatannya dan kemampuannya untuk mengeksploitasi kelemahan di lini belakang lawannya. Inilah yang membuat dirinya ditakuti oleh para musuhnya.

Andik Vermansah juga sempat mengisi Timnas Bola Indonesia di ajang Piala AFF 2016 lalu bersama Boaz Solossa. Saat itu ia mengoleksi sembilan penampilan, tapi tidak sebanyak seperti di tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga

Kepindahannya ke klub asal Malaysia, Kedah, menjadi alasan utama pelatih Bima Sakti tidak memanggil dirinya untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018 kali ini.

Sebabnya selama membela Kedah sekarang, dirinya baru mengoleksi enam penampilan dari 20 laga (kemungkinan) yang sudah mereka mainkan dan hanya mencetak satu gol untuk Kedah.


3. 5. Ilija Spasojevic (Bali United)

Selebrasi Ilija Spasojevic bersama Timnas Indonesia.

Namanya besar bersama klub sepak bola Bali United sebagai penyerang. Namun di musim ini dirinya memiliki penampilan yang kurang baik bersama Bali United di Liga 1.

Dalam 28 penampilan bersama Bali United musim ini, Ilija Spasojevic hanya mampu mencetak tiga gol dan menciptakan dua assist di Liga 1. Inilah yang membuat pelatih Bima Sakti enggan untuk memanggilnya ke Timnas Bola Indonesia.

Baca Juga

Tidak terlepas dari itu ia juga sempat menjadi penyerang bersama Timnas Indonesia. Ia mengoleksi empat penampilan  dan mampu mencetak tiga gol bersama Skuat Garuda.

Penulis: Abdullah Saputra.

Terus Ikuti Update Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

Boaz SolossaIrfan BachdimIlija SpasojevicAndik VermansahTimnas IndonesiaBima SaktiPiala AFFLiga IndonesiaEgy Maulana VikriPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini