x

Masih Terbuka, Ini Skenario Agar AS Roma Lolos ke Liga Champions Musim Depan

Minggu, 26 Mei 2019 07:49 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Aleksandar Kolarov merayakan golnya di pertandingan AS Roma vs Bologna.

INDOSPORT.COM – Kompetisi sepak bola paling bergengsi di Negri Pizza, Serie A Italia tengah memasuki pekan terakhir pada malam nanti. Hasil pertandingan nanti pun tentunya akan berpengaruh terhadap klasemen akhir Serie A Italia.

Meski juara Serie A Italia sudah ditentukan sejak beberapa pekan lalu, namun sebagian klub papan atas masih bersaing untuk mendapatkan dua tempat tersisa di zona Liga Champions.

Pasalnya, dua tiket lainnya sudah direbut oleh sang juara dan runner-up Serie A Italia, yakni Juventus dan Napoli. Tiket Liga Champions kedua tim papan atas tersebut dipastikan tidak akan berpindah tangan.

Baca Juga

Akan tetapi masih ada dua tiket tersisa yang masih bisa dicuri oleh beberapa klub Serie A Italia. Setidaknya masih ada empat tim yang bertarung memperebutkan tiket Liga Champions musim depan.

Aleksandar Kolarov (kiri) dan Lorenzo Pellegrini (kanan) bersiap melakukan tendangan bebas di pertandingan Sampdoria vs Roma, Minggu (070419). Paolo Rattini/Getty Images

Empat klub tersebut adalah Atalanta (peringkat ke-3), Inter Milan (ke-4), AC Milan (ke-5), dan AS Roma (ke-6). Meski Atalanta dan Inter sudah berada di zona Liga Champions sejak beberapa pekan lalu, namun posisi mereka masih bisa tergusur.

Saat ini, Atalanta dan Inter sama-sama mengantongi 66 poin hingga pekan ke-37. Keduanya wajib menorehkan poin sempurna di giornata terakhir agar tidak tergeser dari AC Milan, yang telah mengoleksi 65 poin.

Baca Juga

Meski Roma hanya mengoleksi 63 poin, namun mereka masih berpeluang mendapatkan satu tempat di zona Liga Champions. Oleh karena itu, INDOSPORT mencoba untuk mengulas skenario yang bisa membuat Roma lolos ke Liga Champions 2019/20.


1. Skenario AS Roma Lolos ke Liga Champions

Pemain AS Roma, Daniele De Rossi usai mencetak gol ke gawang Porto di Liga Champions. Foto: Octavio Passos/Getty Images

Roma sendiri telah membuang peluang untuk menyamai poin AC Milan setelah hanya bermain imbang 0-0 dengan Sassuolo pada pekan lalu. Alhasil, Roma harus terpaut dua angka dari rival terdekatnya.

Situasi ini membuat posisi Roma terbilang sulit. Meski peluangnya terbilang sedikit dan hampir mustahil, namun Roma masih memiliki peluang untuk mendapatkan tiker Liga Champions pada musim depan.

Tim yang mendapatkan julukan Serigala Ibu Kota tersebut wajib tentunya harus meraih kemenangan saat menghadapi Parma di pekan terakhir nanti. Selain itu, mereka juga harus berharap agar Atalanta, Inter, dan AC Milan tak meraih poin.

Baca Juga

Terbilang sulit jika mengharapkan tiga tim tersebut meraih hasil buruk di pekan terakhir. Namun setidaknya, Roma berharap agar Inter dan AC Milan menelan kekalahan.

Karena jika demikian, Roma masih bisa menggeser posisi Inter di peringkat empat klasemen Serie A Italia. Jika Roma menang, maka poin mereka sama dengan Inter.

AS Roma berhasil meraih kemenangan atas Cagliari.

Kompetisi Serie A Italia sendiri menggunakan perhitungan awal head-to-head untuk menentukan posisi teratas apabila dua tim memiliki poin yang sama. Namun jika pertemuan keduanya masih imbang, maka jumlah gol yang akan menentukan posisi mereka.

Baca Juga

Dalam kasus ini, head-to-head Roma dan Inter imbang. Karena keduanya bermain imbang 2-2 di putaran pertama, dan 1-1 di akhir April 2019 lalu. Dengan begitu, jumlah gol kedua tim ini nantinya yang akan mempengaruhi posisi mereka.

Roma pun memiliki jumlah gol yang lebih banyak, dengan 64 angka ketimbang Inter, yang hanya mampu mencetak 55 gol sepanjang musim ini. Artinya, jika Inter dan AC Milan kalah di pekan terakhir, Roma dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan.

Serie A ItaliaLiga ChampionsAC MilanInter MilanAS RomaLiga ItaliaFeatureSepak Bola

Berita Terkini