x

Top Skor Sepanjang Masa Piala Afrika dari Luar Benua Hitam, Ada Eks Madura United

Kamis, 27 Januari 2022 11:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Logo Piala Afrika.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan penyerang yang lahir di luar kawasan Afrika, tetapi masuk dalam daftar top skor sepanjang masa Piala Afrika.

Biasanya, pemain yang masuk daftar top skor suatu turnamen wilayah berasal dari kawasan wilayah itu sendiri. Namun hal ini tak berlaku bagi Piala Afrika yang nyatanya beberapa pencetak gol terbanyak sepanjang masanya malah lahir di luar kawasan Afrika.

Sebagai contoh, di Piala AFF sendiri yang mempertemukan negara-negara Asia Tenggara, pemain yang berada dalam daftar pencetak gol terbanyaknya pasti pemain yang lahir dari ASEAN.

Baca Juga
Baca Juga

Ada nama Teerasil Dangda (Thailand) dan Noh Alam Shah (Singapura) yang lahir di Asia Tenggara dan merajai Piala AFF sendiri.

Atau contoh lain ada Cristiano Ronaldo yang lahir dan tumbuh di Portugal di kawasan Eropa yang mampu menjadi top skor Euro atau kompetisi terakbar antar negara di benua biru itu.

Hanya saja, untuk Piala Afrika beberapa nama yang masuk daftar top skor sepanjang masanya malahan lahir dan besar di luar Afrika.

Baca Juga
Baca Juga

Memang saat ini status top skor sepanjang masa Piala Afrika dipegang oleh Samuel Eto’o yang lahir dan tumbuh di benua hitam tersebut.

Namun, beberapa nama di bawahnya malah diisi oleh beberapa pemain yang justru lahir dan bahkan tumbuh di luar benua Afrika.

Lantas, siapa saja pemain yang lahir di luar Afrika namun berhasil masuk dalam daftar jajaran top skor sepanjang masa Piala Afrika?


1. Lahir di Luar Afrika

Marquee player Madura United, Peter Odemwingie.

1. Francileudo Santos (Brasil)

Francileudo Santos berhasil masuk dalam daftar top skor sepanjang masa Piala Afrika berkat torehan 10 gol dari 12 penampilan di ajang dua tahunan tersebut.

Dari namanya saja sudah jelas bahwa Santos merupakan orang Brasil. Namun mengapa dirinya bisa tampil di Piala Afrika yang merupakan turnamen kawasan yang tak identik dengan namanya?

Usut punya usut, Santos merupakan hasil produk naturalisasi Tunisia. Ia dinaturalisasi pada 2003, atau sebelum Piala Afrika 2004 digelar.

Program naturalisasi inipun berjalan mulus. Sebab, ia mampu membawa Tunisia keluar sebagai juara Piala Afrika 2004 dan menjadi top skor pada edisi tersebut.

2. Andre Ayew (Prancis)

Andre Ayew dikenal sebagai salah satu winger terbaik di Piala Afrika. Pemain berkebangsaan Ghana ini mampu mencetak 10 gol dari 34 penampilan di ajang dua tahunan itu.

Namun, Andre Ayew sendiri tak lahir di Afrika. Ia malah lahir di daerah Seclin, Prancis. Saat itu, ia lahir di negara tersebut karena sang ayah, Abedi Pele tengah bermain di Lille.

Meski bisa membela Prancis, Andre Ayew memilih mengabdi ke Ghana dan membela negara tersebut, sama seperti sang ayah.

Bersama Ghana, Andre Ayew menorehkan tinta manis dengan mencatatkan 100 penampilan lebih dan juga tampil di ajang Piala Afrika sebanyak tujuh kali dengan sekali menjadi top skor turnamen itu.

3. Frederick Kanoute (Prancis)

Sama seperti Andre Ayew, Frederick Kanoute juga lahir di Prancis, tepatnya di Sainte-Foy-les-Lyon pada 2 September 1977 silam.

Lahir dan tumbuh di Prancis, Kanoute sempat membela tim U-21 Prancis. Hanya saja, ia tak mendapat panggilan ke tim nasional senior.

Karena adanya aturan FIFA yang memperbolehkan pemain membela negara asal sang ibu atau ayah, Kanoute pun lantas memilih Mali.

Di Mali, eks bomber Sevilla ini mampu menorehan tinta emas dengan menjadi top skor di Piala Afrika 2004. Selain itu, ia juga mampu masuk daftar top skor sepanjang masa dengan torehan  7 gol dari 11 laga.

4. Pierre-Emerick Aubameyang (Prancis)

Sama seperti dua daftar sebelumnya, Pierre-Emerick Aubameyang yang berkebangsaan Gabon, lahir di Prancis, tepatnya di kota bernama Laval.

Selain numpang lahir, Aubameyang juga pernah dipanggil tim U-21 Prancis. Ia pun juga sempat dipanggil tim U-19 Italia dan juga bisa saja bermain untuk timnas Spanyol.

Hanya saja, Aubameyang memilih membela Gabon yang merupakan negara yang dibela dan dikapteni sang ayah semasa bermain.

Bersama Gabon, Aubameyang telah tampil sebanyak 71 laga dengan catatan 29 gol. Adapun 6 gol di antaranya ia buat di Piala Afrika dari 13 penampilan.

5. Peter Odemwingie (Uzbekistan)

Mantan pemain yang pernah berkiprah di Liga 1 bersama Madura United ini juga masuk dalam daftar top skor sepanjang masa Piala Afrika dengan torehan 5 gol dari 16 penampilan.

Namun jika ditilik lebih jauh, Peter Odemwingie sendiri lahir di luar Afrika. Ia malah lahir Uzbekistan yang saat itu masih dalam bagian USSR atau Uni Soviet.

Ia lahir di Uzbekistan dari ayah orang Nigeria dan ibu orang Rusia. Pada usia 2 tahun, Odemwingie dibawa kedua orang tuanya ke Nigeria.

Di Nigeria lah Odemwingie menimba ilmu sepak bola sebelum akhirnya mendarat di Eropa dan tampil di Piala Afrika bagi timnas berjuluk Super Eagles tersebut.

NigeriaGhanaPiala AfrikaAndre AyewTunisiaPierre-Emerick AubameyangGabonFrederic KanouteBola InternasionalMaliPeter OdemwingieSepak Bola

Berita Terkini