x

Liga 1: Kerap Uring-Uringan di Pinggir Lapangan, Pelatih Arema FC Kena 'Anxiety'?

Senin, 7 Maret 2022 15:45 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Arema FC, Eduardo Felipe Arroja Almeida.

INDOSPORT.COM - Pelatih Eduardo Almeida membeberkan alasan dia kerap uring-uringan ketika mendampingi Arema FC di tepi lapangan dalam dua pekan terakhir Liga 1 2021-2022.

Pemandangan itu tersaji ketika Arema FC berduel kontra Barito Putera, Sabtu (5/3/22). Almeida nyaris tak bisa tenang sepanjang paruh kedua permainan dengan terus berdiri di depan bench.

"Saya akui, permainan Arema di babak kedua tidak lebih bagus di babak pertama. Barito Putera mampu mengambil alih permainan," ujar Eduardo Almeida.

Tensi Almeida semakin naik ketika menyaksikan Adilson Maringa yang kerap melakukan delay bola, dan sekalinya menendang bola jauh, tapi tidak tepat sasaran. 

Baca Juga
Baca Juga

Respons serupa juga terlihat ketika aliran bola justru hilang akibat salah arah. Dia uring-uringan berbicara Bahasa Portugis yang sekilas ditujukan kepada Maringa, Sergio Silva, maupun Carlos Fortes.

"Seharusnya kami bisa mempertahankan apa yang sudah dicapai (unggul dua gol). Tetapi Barito Putera memang tim yang cukup bagus dan kuat," cetus pelatih berkebangsaan Portugal itu.


1. Inkonsisitensi Permainan

Duel penyerang Arema FC, M Rafli dengan winger Barito Putera, Ambrizal Umanailo. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

Skema permainan Arema FC memang berjalan baik sesuai rencana taktikal Eduardo Almeida. Namun, jika lebih jeli, permainan Jayus Hariono dkk. masih inkonsisten begitu memasuki babak kedua.

Faktor itu tampak jelas ketika Barito Putera mampu menipiskan skor pada 10 menit akhir. Situasi serupa juga tampak dari sepasang kekalahan 0-1 yang dialami Arema FC sewaktu melawan Persebaya Surabaya (23 Februari) dan Persik Kediri (27 Februari).

"Di babak kedua, kami selalu tampil tidak sebagus babak pertama. Lawan memaksimalkan dengan permainan lebih keras," tandas Eduardo Almeida.

Baca Juga
Baca Juga

Hal itulah yang wajib dihindari Arema FC menjelang bertemu Persib Bandung, Rabu (9/3/22). Laga itu menjadi penentuan seberapa besar peluang mereka menjuarai Liga 1 2021-2022.


2. Arema FC Tatap Persib Bandung

Pelatih Arema FC, Eduardo Almeida didampingi pemainnya saat konferensi pers usai lawan Persebaya di Liga 1.

Arema FC kembali harus bersiap melanjutkan perjuangan dalam persaingan di jalur juara kompetisi dalam laga pekan ke-30 Liga 1 2021-2022, Rabu (9/3/22).

Kali ini, Persib Bandung menjadi lawan terdekat. Sehingga, euforia kemenangan 2-1 atas Barito Putera, Sabtu (5/3/22), sudah harus segera dilupakan oleh Dendi Santoso dkk.

"Kami sudah harus kembali fokus untuk laga-laga selanjutnya, yaitu Persib Bandung. Segera lupakan hasil yang lalu, saatnya menatap ke depan," ujar pelatih Eduardo Almeida.

Kemenangan atas Barito Putera mengembalikan harapan Arema FC untuk bersaing di jalur juara. Mereka memperkuat posisinya di tiga besar klasemen dengan 58 poin saat ini.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara puncak klasemen masih dikuasai Bali United dengan 63 poin, disusul Persib Bandung (60 poin). Jarak dua angka itulah yang mesti dilewati oleh Arema FC pada pekan ke-30 nanti.

"Hasil bagus atas Barito Putera membuat posisi kami lebih kuat di papan atas. Tapi fokus kami adalah selalu tiga poin sebagai target," tambah Eduardo Almeida.

Persib BandungBarito PuteraLiga IndonesiaArema FCLiga 1Bola IndonesiaEduardo AlmeidaBerita Liga 1BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini