x

Pemerintah Inggris Resmi Jatuhkan Sanksi Pada Abramovich, Ini Efek Mengerikan Bagi Chelsea

Kamis, 10 Maret 2022 18:39 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Isman Fadil
Pemerintah Inggris resmi menjatuhkan sanksi pada Roman Abramovich buntut keterlibatannya dengan Vladimir Putin dan Perang Rusia. Hukuman yang dijatuhkan Inggris ternyata berdampak mengerikan pada Chelsea.

INDOSPORT.COM - Pemerintah Inggris resmi menjatuhkan sanksi pada Roman Abramovich buntut keterlibatannya dengan Vladimir Putin dan Perang Rusia. Hukuman yang dijatuhkan Inggris ternyata berdampak mengerikan pada Chelsea.

Dalam sebuah pernyataan, Inggris resmi membekukan semua aset Roman Abramovich. Dengan demikian, taipan asal Rusia tersebut tak diperbolehkan menjual Chelsea seperti yang sudah ia niatkan beberapa waktu lalu.

Nantinya, Inggris akan mengeluarkan lisensi khusus pada semua aktivitas The Blues, Mulai dari memainkan pertandingan serta membayar gaji pemain hingga pelatih.

Baca Juga
Baca Juga

"Klub sepak bola adalah aset budaya dan fondasi komunitas kami," kata Menteri Olahraga Inggris Nadine Dorries di akun twitternya.

"Saya tahu ini membawa ketidakpastian, tetapi pemerintah akan bekerja dengan liga dan klub untuk menjaga sepak bola tetap dimainkan sambil memastikan sanksi mengenai yang dimaksudkan.

Baca Juga
Baca Juga

"Prioritas kami adalah meminta pertanggungjawaban mereka yang telah memungkinkan rezim Putin untuk bertanggung jawab."

Sanksi tersebut akan mulai berlaku pada hari ini 10 Maret dan akan berakhir pada 31 Mei 2022. Melansir dari The Mirror sanksi tersebut bakal mempengaruhi aktifitas Chelsea di bursa transfer musim panas nanti.


1. Pengaruhi Chelsea

Roman Abramovich.

Pasalnya, para pengurus The Blues dilarang melakukan tindakan apapun termasuk menggaet pemain hingga akhir Mei 2022 nanti. Padahal bursa transfer musim panas sudah mulai berlaku pada Juni 2022.

Dengan demikian, Chelsea kemungkinan besar akan sulit menemukan pengganti Andreas Christensen yang dirumorkan sudah mencapai perjanjian pra-kontrak dengan Barcelona.

Di samping itu, lantaran dilarang memperpanjang kontrak nasib dua penggawa The Blues yang kontraknya berakhir akhir musim ini yakni Cesar Azpilicueta dan Antonio Rudiger juga di ambang ketidakpastian.

Sementara pemain Chelsea lainnya yang kontraknya rampung 2023 mendatang seperti N'Golo Kante, Jorginho, Ross Barkley, Thiago Silva, Marcos Alonso dan Kenedy juga ikut kena getahnya.

Selain mempengaruhi aktifitas bursa transfer, sanksi tersebut juga berdampak pada sisi pendapatan tiket. Kemungkinan besar, Chelsea sekarang harus memainkan pertandingan kandang mereka dengan jumlah penonton yang berkurang karena klub tidak akan diizinkan untuk menjual tiket lagi.


2. Bawa Pengaruh Positif

Roman Abramovich bersama mantan istrinya, Irina Malandina.

Sejak mengambil alih The Blues dari Ken Bates pada 2003, salah satu orang terkaya di Rusia ini memberikan perubahan besar.

Setidaknya, Abramovich mampu memberikan dua gelar Liga Champions, yakni pada 2011/2012 dan 2020/2021, serta lima juara Liga Inggris mulai musim 2004/2005, 2005/2005, 2009/2010. 2014/2015, dan 2016/2017

 

InggrisChelseaRoman AbramovichLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini