x

Gagal Promosi ke Liga 2, Persikota Tangerang: Kami Dirampok dan Dirusak Wasit

Minggu, 13 Maret 2022 19:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pemain Belitong FC kawal terus pergerakan pemain Persikota. FOTO: Persikota

INDOSPORT.COM - Persikota Tangerang gagal mewujutkan target promosi ke Liga 2 musim depan, setelah jadi penghuni dasar klasemen Grup CC babak 16 besar Liga 3 2021.

Tim Bayi Ajaib tak mendapat satu pun poin dari tiga laga yang dilakoni. Pada laga pertama babak 16 besar Liga 3, Persikota dinyatakan kalah 0-3 (walk out) saat lawan Farmel FC.

Baca Juga

Hal itu terjadi sebab tim Kuning Biru memutuskan tidak melanjutkan pertandingan setelah merasa dirugikan wasit. 

Baca Juga

Karena walk out, Persikota juga dihukum pengurangan tiga poin yang artinya jadi minus tiga (untuk laga pertama). Selain itu ada beberapa pemain, manajer dan pelatih turut dikenakan sanksi dan denda. 

Baca Juga

Kemudian di laga kedua, Persikota kalah 1-3 dari Putra Delta Sidoarjo dan pertandingan terakhir menang 3-2 kontra Persipa Pati. 

Baca Juga

Dengan situasi tersebut tim asal Kota Tangerang tidak mendapat satu poin pun di klasemen, meski raih tiga poin di laga pamungkas. 


1. Dirugikan Wasit Liga 3

Persikota vs Perseman Manokwari

Menanggapi kegagalan Persikota Tangerang, pelatih Sahala Saragih kemudian membeberkan penyebab utama. '

Dia menilai tim Bayi Ajaib dirugikan keputusan wasit, terutama saat laga melawan Farmel FC. 

"Yang jelas kegagalan Persikota adalah karena kami dirampok wasit, dirusak oleh wasit,"ujar Sahala.

"Ada keputusan-keputusan wasit yang buat kami terpuruk, sehingga terjadi adanya perlawanan dan protes berlebihan dan ini dipakai perangkat untuk jatuhkan sanksi dan terbukti kami kena pengurangan tiga poin dan itu sudah membunuh langkah Persikota,"  imbuhnya.

Persikota Tangerang sebenarnya sudah melakukan protes soal wasit dengan mengirimkan surat ke PSSI terkait laga lawan Farmel FC. Namun, Komdis PSSI memutuskan tindakan walk out atau tidak melanjutkan pertandingan dinyatakan melanggar regulasi. 
 


2. Jadi Sorotan

Laga antara NZR Sumbersari vs Farmel FC di akhir laga. Foto: NZR Sumbersari

Laga Farmel FC vs Persikota memang jadi sorotan penggemar sepak bola nasional. Dari rekaman laga, beberapa keputusan wasit tidak tepat dan hal itu membuat PSSI mencoret dan menjatuhkan hukuman ke para pengadil lapangan. 

Sementara itu, Farmel FC pun gagal promosi ke Liga 2 musim depan karena hanya tempati peringkat ketiga Grup CC babak 16 besar. Dua tim yang berhak naik kasta adalah Putra Deltra Sidoarjo dan Persipa Pati. 
 

Persikota TangerangLiga IndonesiaLiga 2Liga 3Berita Liga 2Farmel FC

Berita Terkini