x

5 Pemain Naturalisasi yang Tampil Mengesankan di Liga 1 2021-2022: Spaso Teratas

Sabtu, 26 Maret 2022 01:45 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi Ilija Spasojevic.di Laga Madura United vs Bali United (Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Berikut lima pemain naturalisasi yang tampil mengesankan di kompetisi Liga 1 musim 2021-2022, termasuk bomber Bali United yakni Ilija Spasojevic alias Spaso.

Seperti diketahui, total ada 16 pemain naturalisasi yang tampil di Liga 1 musim ini. Persib Bandung menempati urutan pertama dengan menggunakan empat pemain.

Baca Juga

Kemudian Barito Putera dan Madura United di posisi kedua karena sama-sama menggunakan jasa tiga pemain naturalisasi untuk bersaing di putaran kedua Liga 1.

Adanya sosok pemain naturalisasi memang membuat klub di Liga Indonesia menerima sejumlah keuntungan salah satunya mengakali terbatasnya kuota pemain asing.

Baca Juga

Selain itu, beberapa dari mereka memang memiliki kualitas di atas rata-rata pemain asli Indonesia sehingga bisa membantu klub meraih prestasi musim ini.

Berikut INDOSPORT telah merangkum lima pemain naturalisasi dengan penampilan mengesankan di Liga 1 2021-2022:

1. Ilija Spasojevic

Ilija Spasojevic atau yang akrab disapa Spaso menempati posisi pertama setelah penampilan impresif bersama Bali United musim ini.

Spaso menjadi kandidat kuat peraih gelar top skor Liga 1 setelah menempati urutan pertama dengan torehan 22 gol dalam 33 pertandingan.

Baca Juga

Ia mengalahkan bomber asing Tira-Persikabo, Ciro Alves dan striker Arema FC, Carlos Fortes serta Youssef Ezzejjari (Persik Kediri).

Tidak hanya itu, Spaso juga baru saja membawa Bali United mengunci gelar juara Liga 1 yang masih menyisakan satu pertandingan lagi pada pekan ke-34 mendatang.

Namun sayang, penampilan menawan Spaso di Liga 1 sempat diremehkan oleh Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu menganggap Spaso cepat kelelahan saat menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia.


1. 2. Marc Klok

Duel Marc Klok dan Braif Fatari di laga Persib vs Persija.

Marc Klok berhak menjadi pemain naturalisasi dengan penampilan terbaik kedua. Sejauh ini, ia sudah tampil sebanyak 27 pertandingan di Liga  dengan koleksi tiga gol.

Berkat adanya Marc Klok, Persib Bandung nyaris saja meraih gelar juara Liga 1 musim ini. Namun akhirnya Maung Bandung harus puas finis di posisi kedua setelah meraih hasil imbang dalam dua laga terakhir.

Baca Juga

Meski begitu, Marc Klok yang menjadi WNI pada November 2020 lalu baru saja mendapatkan kesempatan membela Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2021 pada Mei 2022 mendatang.

Ia dipercaya oleh Shin Tae-yong mengisi tiga slot pemain senior di ajang olahraga tersebesar se-Asia Tenggara tersebut.

Baca Juga

3. Alberto Goncalves

Sempat membawa Persis Solo meraih juara Liga 2 dan promosi ke Liga 1 musim depan, Alberto Goncalves langsung kembali direkrut oleh mantan klubnya, Madura United jelang putaran kedua lalu.

Baca Juga

Meski baru bergabung di paruh kedua Liga 1 2021-2022, pemain yang akrab disapa Beto ini tampil subur dengan mencetak tujuh gol dalam 14 pertandingan.

Berkat penampilan Beto, Madura United yang sempat terpuruk di papan bawah akhirnya perlahan mulai bangkit. Kini tim berjulukan Laskar Sape Kerrab bertengger di urutan kesembilan klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 41 poin dari 33 laga.


2. 4. Diego Michiels

Stefano Lilipaly dalam sesi latihan di Lapangan Trisakti, Legian, Kuta, Badung, Minggu (16/6/2019).

Diego Michiels resmi berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI) pada tanggal 7 April 2011 silam. Sempat setia kepada Borneo FC, musim ini ia memutuskan hengkang ke Arema FC.

Meski usianya sudah menginjak 31 tahun, ia tetap memiliki peran penting di Singo Edan musim ini. Diego Michiels tercatat sudah tampil sebanyak 18 penampilan dan sempat membuat Arema FC mencetak rekor tak terkalahkan dalam 10 laga secara beruntun.

5. Stefano Lilipaly

Laki-laki berdarah campuran Belanda dan Indonesia tini resmi dinaturalisasi pada Oktober 2011 silam dan melakukan debut internasionalnya bersama timnas Indonesia pada Agustus 2013.

Stefano Lilipaly merupakan andalan Bali United musim ini dengan mencatatkan 29 penampilan dengan raihan lima gol. Berkat dirinya, Bali United mampu mempertahankan gelar juara Liga 1 yang sempat didapat di edisi 2019 lalu.

Baca Juga
Persib BandungPersija JakartaDiego MichielsAlberto GoncalvesIlija SpasojevicNaturalisasiOctavio DutraBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1Marc Klok

Berita Terkini