x

Mesir Batal ke Piala Dunia 2022, Mohamed Salah Lempar Kode Pensiun

Sabtu, 2 April 2022 15:51 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Kegagalannya membawa Mesir ke putaran final Piala Dunia 2022 membuat Mohamed Salah berpikir untuk menyudahi kariernya di dunia internasional. Foto: REUTERS/Amr Abdallah Dalsh.

INDOSPORT.COM - Usianya memang baru 29 tahun namun sepertinya Mohamed Salah sudah mulai mempertimbangkan untuk pensiun dari sepak bola internasional.

Hal ini terungkap setelah Mesir gagal ia antar menuju putaran final Piala Dunia 2022 akibat kalah dari Senegal dalam adu penalti di kualifikasi putaran ketiga zona CAF.

Baca Juga

Mesir pun tak sanggup mengulangi sukses di edisi 2018 lalu kala mereka bisa meraih tiket ke Rusia meski pada akhirnya gugur di fase grup.

Dalam sebuah video yang menangkap momen ruang ganti Mesir usai pertandingan kontra Senegal pada 30 Maret lalu, Salah sebagai kapten berpidato untuk menghibur rekan-rekannya

Sang bintang Liverpool menyatakan jika ia bangga bermain bersama rekan-rekannya di Mesir saat ini dan sedikit membocorkan jika ada keraguan apakah masih ada waktu untuknya membela The Pharaoh nantinya.

Baca Juga

"Aku pernah bermain bersama generasi Mesir sebelumnya yakni Warl Gomaa, Mohamed Abu Trika, dan juga Abdullah Al-Saeed namun aku bahagia dengan pemain-pemain yang sekarang," ujar Salah.

"Pada semua pemain di sini aku merasa bangga. Tidak ada yang bisa mengecilkan capaian kita hanya karena kalah penalti untuk kali kedua,"

"Sebuah kehormatan bisa bermain dengan kalian semua meski jika nanti aku tidak akan membersamai tim nasional lagi," pungkas eks Chelsea dan AS Roma itu yang kemudian langsung dipotong oleh salah satu staf dengan jawaban "Kau pasti bertahan."

Baca Juga

Salah berpikir untuk tak lagi mengenakan seragam Mesir mungkin karena ia merasa tidak bisa mengemban ekspektasi publik.

Dalam tempo kurang lebih dua bulan, sang winger kidal dua kali mengecewakan para penggemar Mesir karena gagal memenangkan adu penalti melawan Senegal.


1. Ditunggu Rekor Jika Batal Pensiun

Mohamed Salah. FOTO: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany

Yang pertama jelas final Piala Afrika 2021 pada awal Februari lalu saat Mesir kalah 4-2 dari Senegal dalam adu tendangan 12 pas.

Mohamed Salah tidak sempat menendang karena sebelum gilirannya datang, The Pharaoh sudah dipastikan tak bisa lagi menang.

Baca Juga

Maka dari itu Salah memutuskan untuk maju paling pertama pada adu penalti kedua. Hanya saja eksekusinya melambung tinggi dan pada akhirnya timnya keok 3-1.

Salah sebenarnya bisa beralasan jika tendangannya meleset akibat intimidasi berlebihan dari suporter Senegal yang datang ke stadion.

Pendukung Lions of Teranga menggunakan senter laser untuk menganggu fokus dan penglihatan Salah. Hanya saja insiden ini tidak membuat wasit menghentikan pertandingan atau sekedar mengintervensi.

Baca Juga

Terlepas dari semua kontroversi yang berujung pada kegagalan Mesir mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2022 di Qatar, Salah sepertinya tidak perlu sampai pensiun.

Pasalnya ia adalah tulang punggung Mesir. Tidak seperti negara Afrika lainnya, belum banyak pemain bintang mereka yang bisa menembus liga top Eropa.

Di skuat Mesir arahan Carlos Queiroz saat ini hanya ada empat pemain saja selain Salah yang juga dipanggil dari klub benua biru yakni Mohamed Elneny (Arsenal), Trezeguet (Istanbul Basaksehir), Mostafa Mohamed (Galatasaray), dan Omar Marmoush (VfB Stuttgart).

Baca Juga

Jika Salah sampai gantung sepatu, maka Mesir akan kehilangan sosok kapten sekaligus bintang terbesar. Lagipula masih ada berbagai rekor yang bisa ia pecahkan.

Salah masih berjarak 21 gol dari titel pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Mesir yang dipegang oleh Hossam Hassan.

Salah bahkan belum masuk sepuluh besar pemain dengan jumlah caps terbanyak negaranya meski sudah bermain 82 kali. Untuk bisa menjadi pemain nomor satu, maka ia harus bermain sebanyak 102 kali lagi demi menggusur Ahmed Hassan.


2. Deretan Pemain Kelas Dunia yang Gagal ke Piala Dunia 2022

Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma

Piala Dunia 2022 dipastikan tidak akan dimeriahkan oleh sejumlah pemain bintang ini, lantaran mereka gagal membawa negaranya lolos menuju Qatar.

Pesta sepak bola terakbar, Piala Dunia 2022, kurang dari beberapa bulan lagi akan segera dimulai. Qatar ditunjuk menjadi tuan rumahnya yang akan digelar pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Edisi kali ini akan terasa berbeda dari Piala Dunia sebelumnya, karena digelar untuk pertama kalinya di musim dingin.

Sempat ditentang sejumlah klub Eropa karena bertepatan di tengah kompetisi, namun akhirnya FIFA tetap memutuskan Piala Dunia 2022 ini digelar akhir tahun.

Dari total 32 negara yang akan berpartisipasi, sejauh ini sudah ada 27 peserta yang memastikan diri akan tampil di Piala Dunia 2022 mendatang.

Baca selengkapnya: Starting XI Pemain Bintang yang Gagal ke Piala Dunia 2022 di Qatar

LiverpoolMohamed SalahMesirPiala Dunia 2022SenegalBola InternasionalKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini