x

Bukan Mesut Ozil, Pelatih Anyar Persija Jadi Orang Jerman ke-5 di Sepak Bola Indonesia

Sabtu, 23 April 2022 19:24 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih anyar Persija Jakarta, Thomas Doll, resmi jadi orang Jerman ke-5 yang berkarier di dunia sepak bola Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pelatih anyar Persija Jakarta, Thomas Doll, resmi jadi orang Jerman ke-5 yang berkarier di dunia sepak bola Indonesia.

Sebelumnya mantan pemain Arsenal, Mesut Ozil sempat dikabarkan bakal berkarier di Indonesia bersama RANS Cilegon FC. Meski demikian, hingga saat ini kabar tersebut hanya belum bisa terealisasi dengan nyata.

Baca Juga

Disinggung soal potensi mendatangkan Mesut Ozil, Raffi Ahmad selaku bos RANS Cilegon FC mengaku masih menjalin komunikasi, meskipun sebatas obrolan yang belum secara eksplisit menjurus ke perekrutan.

"Untuk Ozil kami masih berkomunikasi. Kalau Ronaldinho kemarin kan sudah 99 persen pasti datang ke Indonesia. Kalau Ozil masih sebatas obrolan," ujar Raffi Ahmad di Jakarta, Senin (11/04/22) lalu.

Baca Juga

Bila Rans Cilegon FC sukses mendaratkan Mesut Ozil, maka pemain berusia 33 tahun tersebut akan jadi pemain Jerman kelima yang berkarier di sepak bola Indonesia.

Meski demikian, Ozil ternyata justru 'disalip' oleh Thomas Doll. Pasalnya Doll sudah dipastikan akan berkarier di Indonesia bersama tim Persija Jakarta Jakarta.

Pelatih asal Jerman itu telah sepakat bekerja sama selama tiga musim ke depan. Nantinya, Thomas Doll tak hanya sebagai pelatih saja.

Baca Juga

Juru taktik kelahiran Malchin, 9 April 1966 itu juga akan berperan sebagai manajer. Karier sebagai pemain dan pelatih terbilang mentereng sehingga diharapkan mampu menjaga kejayaan Persija Jakarta.

Selain Thomas Doll berikut empat orang Jerman yang sudah lebih dahulu berkarier di Indonesia.


1. Bernd Fischer

PSG Pati mendatangkan dua pelatih senior yakni Subangkit dan Bernhard Schumm

Bernd Fischer merupakan pelatih asal Jerman yang pernah ditunjuk menjadi juru taktik kepala Timnas Indonesia era 1980 hingga 1981 silam.

Baca Juga

Bernhard Schumm

Bernhard Schumm merupakan pelatih asal Jerman kedua yang menjadi juru taktik Timnas Indonesia. Sebelum menjadi pelatih, ia sempat ditugaskan menjadi Direktur Teknik PSSI pada Desember 1996 silam.

Kemudian Schumm baru ditunjuk untuk menjadi nakhoda Timnas Indonesia pada 1999 silam. Pada saat itu, ia diberi jabatan ganda yakni di PSSI serta melatih Garuda untuk ajang Kualifikasi Olimpiade 2000 Sidney serta SEA Games 1999.

Baca Juga

Timo Scheunemann

Meski kedua orang tuanya orang Jerman, pria kelahiran 29 November 1973 silam itu lahir di Kediri, Jawa Timur. Hal itu membuatnya memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) saat usia dewasa.

Patrick Ghigani

Patrick Ghigani pernah merasakan kerasnya kompetisi di Liga Indonesia. Dia menjadi Marquee Player di Cendrawasih United dan Persiraja Banda Aceh ketika ada kompetisi bernama Liga Primer Indonesia (LPI).

Setelah pensiun, ayah dari lima anak tersebut merupakan pelatih kepala dan kepala perekrutan Nike Football Academy. Dia juga diketahui melatih teknik untuk sejumlah pemain yang ikut berkompetisi di Bundesliga Jerman.


2. Persija Langsung Jadi Sorotan Media Transfer Jerman

Resmi, Persija Jakarta Datangkan eks Pelatih Dortmund, Thomas Doll

Thomas Doll telah resmi menjadi pelatih baru Persija untuk Liga 1 musim depan. Berita ini disampaikan langsung oleh Presiden Persija, Mohamad Prapanca, pada Sabtu (23/04/22).

Hadirnya pelatih berkebangsaan Jerman ini menarik perhatian berbagai media Indonesia. Tapi, tak hanya media Indonesia, media transfer kenamaan Jerman juga menyoroti masuknya Thomas Doll sebagai pelatih Persija.

Media transfer Jerman, Transfermarkt, mengunggah berita di akun Twitter resmi mereka terkait berita pekerjaan baru Thomas Doll di Indonesia.

Thomas Doll sendiri merupakan pelatih dengan banyak prestasi di pentas Eropa, baik sebagai pemain atau sebagai pelatih.

Sebagai pemain sepak bola, pelatih Persija Jakarta di Liga 1, Thomas Doll, pertama kali meraih prestasi di musim 1986/1987 bersama dengan klub asal Jerman Timur yakni Berliner FC Dynamo.

Baca Selengkapnya: Kontrak Thomas Doll, Persija Langsung Jadi Sorotan Media Transfer Jerman

JermanMesut OzilPersija JakartaRans Nusantara FCLiga IndonesiaThomas Doll

Berita Terkini