x

Ada Penonton di Sesi Latihan, Media Vietnam: Sambutan Istimewa buat Timnas Indonesia

Jumat, 6 Mei 2022 12:25 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Indra Citra Sena
Timnas U-23 Mendapat fasilitas latihan buruk di ajang SEA Games ke-31 Hanoi, Vietnam.

INDOSPORT.COM - Pemandangan tak biasa terjadi ketika Indonesia U-23 melakukan sesi latihan terakhir. Media Vietnam menganggap hal itu sebagai ucapan selamat datang istimewa.

Saat itu penggawa timnas Indonesia U-23 tengah menjalani sesi latihan terakhir menjelang laga pembuka cabang olahraga sepak bola SEA Games kontra tuan rumah, Vietnam.

Baca Juga

Dipimpin langsung oleh  pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, timnas U-23 menjalani kegiatan latihan di Lapangan latihan Huyen Tam Nong, Vietnam.

Ketika jalannya sesi latihan timnas, mereka sempat dikejutkan dengan penonton yang membludak di luar pagar stadion. Pasalnya, hal ini bukan dilakukan oleh suporter timnas Indonesia.

Melainkan penonton lokal dari Vietnam yang sepertinya juga penasaran dengan Shin Tae-yong dan penggawa Indonesia U-23 yang juga dikenal di Negeri Naga Biru.

Baca Juga

Hal itu terlihat dari foto-foto yang dibagikan media berbasis di Vietnam, Soha.vn dalam artikel mereka, media Vietnam itu bahkan menyebutkan bahwa hal ini merupakan sambutan selamat datang dengan cara istimewa.

Sesi latihan timnas Indonesia U-23 berlangsung pada Kamis (5/5/22). Kedatangan rombongan Garuda ternyata menyedot animo yang sangat luar biasa.

Pada gambar yang dibagikan terlihat ada banyak orang yang rela memanjat tembok Lapangan Huyen Tam Nong, Vietnam agar dapat melihat sesi latihan timnas Indonesia dengan leluasa.

Baca Juga

Di luar pagar bahkan terlihat anak-anak, perempuan dewasa hingga laki-laki berjejer rapi lengkap dengan topi dan sesekali mengabadikan momen latihan penggawa Garuda. Hal ini bahkan tak dirasakan Thailand.

Sambutan yang begitu meriah dari tuan rumah tak bisa menutup fakta bahwa keadaan lapangan latihan timnas di ajang SEA Games 2021 ini memang tak layak. Apakah hal ini merupakan balas dendam Vietnam di ajang Asian Games 2018?


1. Balas Dendam Asian Games 2018

Pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong

Sorotan datang dari keputusan tuan rumah SEA Games ke-31 tahun 2021 Vietnam. Mereka dengan sengaja membuat persiapan timnas Indonesia jelang laga pembuka menjadi tak maksimal.

Hal pertama yang dikeluhkan ialah jarak lapangan latihan yang terletak di Distrik Tam Nong, Phu Tho, Vietnam yang terletak cukup jauh dari pusat kota Hanoi. Kira-kira jaraknya sekitar 18 kilometer.

Baca Juga

Kemudian ada beberapa keluhan datang dari pelatih, staff kepelatihan hingga pemain timnas Indonesia U-23. Mereka sama-sama menggambarkan betapa buruknya keadaan lapangan latihan timnas.

Fasilitas Lapangan latihan Bai Bang, Phu Tho sendiri dianggap tak layak, sebagai salah satu tempat latihan resmi dalam ajang SEA Games ke-31 tahun 2021 di Vietnam.

Di tempat latihan perdana timnas Indonesia ini terdapat banyak kekurangan yang dirasakan langsung oleh tim Indonesia. Misal, kondisi lapangan yang berlubang, berpasir hingga permukaan lapangan tak rata.

Baca Juga

Bahkan ketika timnas Indonesia berpindah lapangan latihan jelang H-1 pertandingan pada Kamis (05/05/22) kemarin, kondisi lapangan ini juga tak jauh berbeda dengan lapangan Bai Bang, Phu Tho.

Lapangan kedua tempat latihan terakhir timnas Indonesia ini berpindah ke lapangan Huyen Tam Nong, Keputusan ini merupakan imbas kebijakan tuan rumah yang meniadakan official training di Viet Tri Stadium.

Kebobrokan sarana latihan itu terlihat dalam unggahan video jurnalis asal Indonesia, Alvino Hanafi. Dapat dilihat bahwa lebar lapangan sangat kecil menyerupai lapangan fun football yang tak berstandar FIFA.

Baca Juga

Keadaan ini disinyalir merupakan balas dendam Vietnam setelah mendapatkan perlakukan serupa dari Indonesia ketika mereka ikut berpartisipasi dalam ajang Asian Games tahun 2018 lalu.

Pada saat itu, media Vietnam bahkan menyebut lapangan latihan yang terletak di pabrik Samsung Group Indonesia di kawasan Cikarang, Jawa Barat menyerupai sawah yang memang tak layak digunakan di level Asian Games.


2. PSSI Minta Timnas Bantai Vietnam di Laga Pembuka

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat membuka Putaran Nasional Piala Pertiwi 2021-2022 di Lapangan Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Jumat (18/03/22). Arif Rahman/INDOSPORT

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan pada laga perdana SEA Games 2021. Skuat Garuda Muda akan melawan tuan rumah Vietnam di Stadion Viet Tri, Jumat (6/5/22).

Iwan Bule, sapaan akrabnya, optimistis timnas indonesia U-23 bisa raih poin penuh karena semua pemain dalam kondisi terbaik.

Apalagi, beberapa pemain dari luar negeri seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman dan Saddil Ramdani telah bergabung dan siap dimainkan.

"Kami optimistis Garuda Muda mampu mengalahkan Vietnam. Apalagi saat ini tim dalam kondisi bagus dan permainan terus meningkat setelah menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan," kata Iriawan.

Meski ada dua pemain yang belum bergabung yakni Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott, hal itu tak mengurangi kekuatan pasukan Shin Tae-yong.

Baca selengkapnya: Iwan Bule Minta Timnas Indonesia U-23 Hajar Vietnam di Laga Perdana SEA Games 2021

SEA GamesVietnamTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini