x

SEA Games 2021: Ketum PSSI Berharap Asnawi Bawa Aura Positif Bagi Timnas Indonesia U-23

Minggu, 8 Mei 2022 16:08 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap kedatangan bek kanan Asnawi Mangkualam Bahar, memberikan kontribusi positif untuk Timnas Indonesia U-23 di SEA Games

INDOSPORT.COM – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap kedatangan bek kanan Asnawi Mangkualam Bahar, memberikan kontribusi positif untuk Timnas Indonesia U-23 yang tengah berjuang di SEA Games 2022.

Pada akun pribadi Instagram, Sabtu (07/05/22) malam WIB, pria yang akrab disapa dengan Iwan Bule ini mengunggah foto ketika Asnawi Mangkualam baru saja tiba  di Bandara Internasional Noi Bai, Hanoi, Vietnam.

Baca Juga

Pemain berusia 22 tahun itu akan bergabung dengan rekan-rekan setimnya di Timnas Indonesia U-23 yang sudah lebih dulu berjuang di SEA Games 2021.

Iwan Bule mengucap syukur karena Asnawi akhirnya bisa bertolak ke Vietnam, setelah sebelumnya sempat mengalami cedera saat tampil membela Ansan Greeners di turnamen K League 2.

Ketua Umum PSSI ini meyakini bahwa bek berusia 22 tahun ini bisa menjadi bala bantuan bagi Timnas Indonesia U-23 yang menargetkan meraih medali emas di multievent dua tahunan tersebut.

Baca Juga

“Alhamdulilah, Asnawi @asnawi_bhr sudah sampai di Vietnam untuk bergabung dengan kawan-kawannya,” tulis Iwan Bule.

“Saya berharap dengan hadirnya Asnawi dapat memberikan kontribusi yang positif untuk TimNas U-23,” lanjutnya.

Harapan Iwan Bule tersebut juga digemakan oleh netizen seluruh Indonesia yang mendukung perjuangan pasukan Shin Tae-yong di Korea Selatan.

@whojilaw: “Alhamdulillah ya allahhh, bismillah captainn!!.”

@tyomangkubumi: “Semangat emas masih terjaga.”

Baca Juga

@dhy_mhuz: “Totalitas dan jiwa patriot mengalir di darah nawi.”

@bahasa_putih: “Pemain Timnas punya Skill bagus tapi ngk bisa memainkan ritme..? Napsu mencatat gol secara individu besar ..?”

@alifkartikosyhptr_: “Goodluck bang @asnawi_bhr semoga bisa bawa piala/emas dan membawa nama Indonesia.”

@papanbunga_dedeflorist: “Alhamdulillah Kapten kita @asnawi_bhr sudah tiba di Vietnam. Semangat kembali full.”


1. Asnawi Sempat Alami Cedera Horor

Asnawi Mangkualam di TC Timnas U-23

Tentu saja kedatangan Asnawi bak sebuah angin segar. Tenaga Asnawi dibutuhkan oleh timnas Indonesia U-23 yang tengah tertatih-tatih di fase grup cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021

Tim Garuda Muda baru saja menelan pil pahit berupa kekalahan mencolok 3-0 atas Vietnam.  Linh Nguyen Tien, Dung do Hung, dan Do le Van menjadi mimpi buruk Timnas Indonesia.

Baca Juga

Dengan hasil ini, pasukan Shin Tae-yong harus puas menempati urutan terbawah dengan koleksi 0 poin hasil dari 1 pertandingan.

Asnawi pun diharapkan bisa segera memperkuat Timnas Garuda Muda yang akan menjalani matchday kedua fase grup melawan Timor Leste yang akan berlangsung di Viet Tri Stadium, Selasa (10/08/22) mendatang. 

Lebih dari itu, kepastian Asnawi datang ke Vietnam memupus kekhawatiran para pendukung Timnas Indonesia U-23 terkait cedera yang dialami pemain serba bisa tersebut.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, beberapa jam sebelum Asnawi bertolak ke Vietnam dirinya masih harus bermain untuk Ansan Greeners pada lanjutan kompetisi K League 2 pada Sabtu (07/05/22).

Kejadian ini terjadi di babak kedua, tepatnya pada menit ke-59, seperti terlihat dalam video, Asnawi tampak melakukan duel dengan pemain klub K League 2, Anyang FC.

Namun, Asnawi mengalami nasib nahas, usai sempat gagal mendarat dengan sempurna. Dalam video yang beredar, eks pemain PSM Makassar ini tampak tak sempurna, bahkan seperti mengalami patah kaki.

Baca Juga

Selepas insiden horor ini, Asnawi tampak mengerang kesakitan dan petugas medis pun langsung bertindak sigap untuk melakukan pertolongan.

Asnawi sendiri kemudian dipapah keluar lapangan dan digantikan oleh rekannya pada menit ke-63.

Namun demikian, dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @asnawi_bhr, sang pemain memberikan tanda bahwa dirinya baik-baik saja.
 


2. Asnawi Mangkualam Incar Emas di SEA Games 2021

Asnawi Mangkualam tampak lebih kencang larinya dari pemain Singapura untuk merebut bola

Bek kanan Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam Bahar bertekad raih medali emas di SEA Games 2021. Dia termasuk pemain adalan di skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong. 

Asnawi mengatakan akan memberikan penampilan terbaik bersama Timnas di SEA Games 2021 di Vietnam, Mei nanti. Dia masih penasaran, karena sejauh ini belum kalungi medali emas. 

Pemain Asnan Greeners itu sebelumnya sudah ikut dua edisi SEA Games pada 2017 dan 2019. Tapi, raihannya baru medali perunggu dan perak. 

"Harapannya dapat medali emas. Ini SEA Games ketiga saya. Pertama, saya dapat perunggu (Malaysia 2017), lalu perak tahun 2019 kemarin (Filipina), dan semoga kali ini emas," harap Asnawi.

Baca selengkapnya: Belum Puas dengan 2 Medali, Asnawi Mangkualam Incar Emas di SEA Games 2021

PSSITimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini