x

Timnas Indonesia Dibantai Vietnam, Coach Justin Kritik Pedas Kambuaya dan Klok

Minggu, 8 Mei 2022 15:42 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pertandingan Indonesia vs Vietnam di SEA Games, Jumat (06/05/22). Foto: PSSI.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 dibantai Vietnam dalam laga perdana Grup A SEA Games 2021 cabor sepak bola, Jumat (6/5/22). Begini komentar dari Coach Justin.

Timnas Indonesia sempat bermain imbang 0-0 di babak pertama, tapi Vietnam on fire di babak kedua, hingga menang telak 3-0.

Baca Juga

Menurut komentator dan pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana alias Coach Justin, Timnas Indonesia U-23 sangat jauh berbeda dengan penampialnnya di Piala AFF 2020.

"Ini bukan Timnas yang gue kenal. Kalau kita bicara skor 3-0, itu sedikit keberuntungan. Harusnya 6-0, 7-0, begitu banyak yang didapatkan," blak-blakan Coach Justin.

Perlu diketahui, skuat yang diturunkan untuk SEA Games 2022 ini memang beberapa diantaranya berpengalaman di Piala AFF lalu, dan ada sedikit penambahan pemain.

Baca Juga

Menurut Coach Justin, pemain kunci di Piala AFF lalu, seperti Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, Fachruddin Aryanto, dan juga Rachmat Irianto tampil tak sesuai harapan.

"Yang gue tahu cuma Marc Klok, Kambuaya, Egy, terus Fachruddin, Saddil, Irianto. Ini kan sebagian besar skuatnya AFF," ucap Coach Justin di kanal Youtube Jebreeet Media TV.

Sementara pemain tambahan Timnas Indonesia yang langsung diturunkan sebagai fullback, Firza Andika dan Rio Fahmi, banyak melakukan kesalahan.

Baca Juga

"Tapi bek kanannya, sorry to say, itu nggak banget. Bek kirinya, jelek juga. Tengahnya, nggak bisa pegang bola, mengontrol bola."

"Pemain-pemain yang kita kenal, nggak mencapai level terbaiknya. Kambuaya jelek banget, Egy juga so so, Marc Klok bahkan nggak kelihatan," kritik Coach Justin lagi.


1. Coach Justin: Marc Klok Harus jadi Pembeda

Justinus Lhaksana alias Coach Justin

Walau banyak kritik yang dilontarkan Coach Justin, tapi mantan pelatih Timnas Futsal Indonesia itu juga memberikan beberapa masukan yang berguna untuk Garuda Muda.

Menurut Coach Justin, peluang Timnas Indonesia untuk melaju ke semifinal SEA Games 2022 masih terbuka cukup lebar.

Baca Juga

Namun, dengan catatan, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong harus berbenah, tidak lagi mengandalkan long pass, jarak antar pemain lebih dekat, dan komunikasi.

"Yang gue harapkan, next match peluang masih terbuka. Kalau kita bisa sapu bersih sisanya, kita tetap jadi runner up, asumsi Vietnam sapu bersih sisanya," ucapnya.

Baca Juga

"Gue harap juga berubah, terutama dari fighting spirit. Crossing semuanya hancur, umpan-umpannya hancur, kipernya juga amburadul," blak-blakan Coach Justin.

Untuk itu, Coach Justin berharap Marc Klok mengambil lebih banyak peran sebagai pemain senior dan berada di posisi tengah.

"Marc Klok harus organize di tengah, dia harus lebih vokal lagi, teriak-teriak untuk mengatur," ungkap Coach Justin lagi.

Baca Juga

"Biar dia (Marc Klok) yang bertanggung jawab atas serangan, tapi juga bertahan, dia juga yang distributor bolanya, dan itu setengahnya kelihatan kemarin," ujarnya.

"Tapi gue nggak bisa menyalahkan Klok juga, karena hampir semuanya bermain jelek," tuntas komentator berkacamata itu.


2. Jadwal Timnas Indonesia di SEA Games 2022

Logo Sea Games Vietnam.

Penyisihan Grup A

6 Mei 2022: Vietnam vs Indonesia

10 Mei 2022: Indonesia vs Timor Leste

13 Mei 2022: Filipina vs Indonesia

15 Mei 2022: Indonesia vs Myanmar

Semifinal: Kamis, 19 Mei 2022

Final: Minggu, 22 Mei 2022

SEA GamesVietnamTimnas Indonesia U-23Justinus LhaksanaTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamSepak BolaBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021Coach JustinRicky Kambuaya

Berita Terkini