x

Syarat Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur Finis 4 Besar di Akhir Musim Liga Inggris

Jumat, 13 Mei 2022 11:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut ini syarat yang harus dilakukan Chelsea, Arsenal dan Tottenham Hotspur agar bisa finis di empat besar Liga Inggris 2021/22.

INDOSPORT.COM – Berikut syarat yang harus dilakukan Chelsea, Arsenal dan Tottenham Hotspur agar bisa finis di empat besar Liga Inggris 2021/22.

Persaingan tiga tim London memperebutkan dua slot tersisa di empat besar makin memanas seiring kemenangan yang didapatkan Tottenham Hotspur atas Arsenal, Jumat (13/05/22).

Baca Juga

Dalam Derby London Utara itu, Tottenham secara perkasa mampu menggasak Arsenal dengan tiga gol tanpa balas.

Pesta gol The Lilywhites ini dimulai pada menit ke-22 usai Harry Kane mencetak gol melalui titik putih, pasca Son Heung-min dilanggar Cedric Soares.

Arsenal mendapat petaka di menit ke-33 setelah Rob Holding mendapat kartu kuning kedua dan diusir dari lapangan. Hal ini membuat Tottenham kian bertaji.

Baca Juga

Empat menit berselang, Harry Kane menggandakan keunggulan timnya dengan memanfaatkan assist dari Rodrigo Bentancur yang menutup babak pertama.

Di awal babak kedua, Tottenham kembali menggebrak usai Son Heung-min mencetak gol di menit ke-47, yang sekaligus menjadi gol terakhir di laga ini.

Berkat hasil ini, Tottenham pun memangkas jarak poinnya dengan Arsenal menjadi satu poin saja sekaligus memangkas jarak poin dengan Chelsea di peringkat ketiga menjadi lima poin.

Baca Juga

Dengan dua pertandingan tersisa, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham masih bisa saling sikut untuk menyelesaikan musim di empat besar.

Lantas, apa syarat yang harus dilakukan Chelsea, Arsenal, dan Tottenham agar bisa mendapat satu dari dua slot tersisa di empat besar klasemen Liga Inggris 2021/22? Berikut ulasannya.


1. Chelsea

Christian Pulisic merayakan golnya di laga Chelsea vs West Ham (24/04/22). (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

Chelsea bisa dikatakan menjadi tim yang paling dekat untuk bisa mengunci posisi empat besar Liga Inggris musim 2021/22 ini.

Saat ini, The Blues duduk di peringkat ke-3 dengan perolehan 70 poin, unggul empat poin atas Arsenal, dan lima poin atas Tottenham.

Baca Juga

Di dua pertandingan tersisa, Chelsea akan menghadapi Leicester City (20/05/22) dan melawan Watford (22/05/22) di Stamford Bridge.

Melihat poin dan jumlah laga tersisa, Chelsea hanya membutuhkan satu hasil imbang saja dalam dua laga tersebut untuk mengunci posisi di empat besar.

Baca Juga

Meskipun Tottenham menang dalam dua laga tersisanya dan akan menyamai poin Chelsea, tetap saja The Lilywhites kalah selisih gol dari The Blues.

Dengan kata lain, Chelsea hanya perlu terhindar dari kekalahan di dua laga lanjutan melawan Leicester City dan Watford agar bisa mengunci posisi empat besar dan lolos ke Liga Champions musim depan.


2. Arsenal

Ekspresi kekecewaan pemain Arsenal usai Harry Kane mencetak gol kedua untuk Tottenham Hotspur (13/05/22). (Foto: REUTERS/David Klein)

Arsenal saat ini duduk di peringkat keempat Liga Inggris dengan 66 poin, tertinggal empat poin dari Chelsea, dan unggul satu poin dari Tottenham.

Posisi Arsenal ini belum sepenuhnya aman karena di dua pertandingan tersisa, The Gunners masih bisa disalip oleh Tottenham.

Baca Juga

Sejatinya, Arsenal bisa saja memastikan diri finis empat besar andai meraih kemenangan atas Tottenham. Sayang di laga tersebut, The Gunners malah tumbang.

Sehingga, hal ini membuat Arsenal harus mengerahkan segala kekuatannya untuk menang di dua laga tersisa Liga Inggris yakni melawan Newcastle United (17/05/22) dan Everton (22/05/22).

Baca Juga

Kemenangan menjadi harga mati bagi Arsenal di dua laga tersebut jika tak ingin posisinya digusur oleh Tottenham sewaktu-waktu.

Arsenal bisa saja memastikan empat besar lebih cepat, andai di laga selanjutnya The Gunners bisa menang atas Newcastle, dan Tottenham tumbang dari Burnley.


3. Tottenham Hotspur

Selebrasi Son Heung-ming pasca mencetak gol di laga Tottenham Hotspur vs Arsenal (13/05/22). (Foto: REUTERS/David Klein)

Kemenangan atas Arsenal (13/05/22) memberikan asa bagi Tottenham Hotspur untuk bisa finis di posisi empat besar pada akhir musim.

Berkat kemenangan itu, Tottenham kini hanya berjarak satu poin saja dari Arsenal di peringkat keempat, dan berjarak lima poin dari Chelsea di peringkat ketiga.

Baca Juga

Secara matematis, di dua laga tersisa Tottenham masih bisa menyalip dua rivalnya dari London itu, dengan catatan Spurs harus menang dan dua rivalnya kalah di laga tersisa.

Namun jika berkaca pada poin yang ada dan lawan yang dihadapi, Tottenham hanya bisa menyalip Arsenal saja, dan bukan Chelsea yang hanya butuh satu hasil seri saja. Hal ini dikarenakan selisih gol yang ketiga tim ini miliki.

Baca Juga

Dengan kata lain, jika ingin menyalip Arsenal maka Tottenham wajib menang di dua pertandingan tersisa, dan berharap rival sekotanya itu terpeleset baik itu menelan satu kekalahan atau satu hasil imbang di dua laga selanjutnya.

Kemungkinan Tottenham lolos pun cukup besar, mengingat Spurs hanya akan melawan tim papan bawah seperti Burnley (15/05/22) dan Norwich City (22/05/22).

ChelseaArsenalTottenham HotspurIn Depth SportsLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini