x

Liga 2: Bukan Persipura, Legenda Edu Ivakdalam Latih Klub Papua Ini Musim Depan

Minggu, 15 Mei 2022 23:26 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Yosef Bayu Anangga
Eduard Ivakdalam akhirnya mengampu klub Papua musim depan. Usut punya usut klub yang dibesut pria berusia 47 tahun tersebut bukanlah Persipura Jayapura.

INDOSPORT.COM - Eduard Ivakdalam akhirnya mengampu klub Papua musim depan. Usut punya usut klub yang dibesut pria berusia 47 tahun tersebut bukanlah Persipura Jayapura.

Sudah bukan rahasia lagi jika Eduard Ivakdalam tengah santer diisukan bakal mengampu Mutiara Hitam. Isu tersebut sejurus dengan Persipura Jayapura yang harus mengakhiri kompetisi di zona degradasi alias harus turun kasta ke Liga 2.

Baca Juga

Angel Alfredo Vera dan empat pemain asingnya pun harus angkat kaki dari klub menyusul terbentur regulasi Liga 2.

Praktis, posisi pelatih Persipura Jayapura pun lowong. Kabar tersebut lantas memunculkan pertanyaan siapa sosok yang akan menggantikan posisi Alfredo Vera, menukangi tim berjulukan Mutiara Hitam itu di Liga 2.

Saran pun muncul dari pecinta Persipura yang mendorong agar manajemen menunjuk salah satu legenda mereka, Eduard Ivakdalam sebagai pelatih baru.

Baca Juga

Mantan kapten dan gelandang nomor 10 Persipura itu pun memiliki kriteria yang layak untuk menjadi suksesor Alfredo Vera. Pasalnya, saat ini legenda yang akrab disapa Edu itu telah mengantongi lisensi A AFC.

Bak gayung yang bersambut, Eduard Ivakdalam sudah memberikan lampu hijau dan menyatakan siap jika dirinya diberikan kepercayaan untuk melatih Persipura.

"Semua itu kembali kepada manajemen, jika ditunjuk saya akan berusaha dan membagikan pengalaman saya seperti waktu menjadi pemain dulu," kata legenda yang akrab disapa Edu itu.

Baca Juga

"Bagi saya, yang penting pelatih itu bisa memahami karakter dan budaya di sini dan dia betul-betul datang ke sini untuk mengangkat sepak bola kembali ke prestasi yang terbaik. Karena ini menjadi sorotan masyarakat," tambahnya.

Sayangnya, rumor tersebut dipastikan gagal terealisasikan. Bagaimana tidak, kini Eduard Ivakdalam resmi membesut klub asal Papua. Tim yang dimaksud bukan Persipura melainkan Persewar Waroepen.


1. Resmi Latih Persewar

Legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam.

Kabar Eduard Ivakdalam mengampu Persewar Waroepen resmi diumumkan langsung melalui instagram resmi klub @persewarofficial pada Minggu (15/05/22).

Persewar Waroepen berharap dengan penunjukan Eduard Ivakdalam sebagai pelatih, Mutiara Bakau  mendulang hasil positif.

Baca Juga

Di saat bersamaan, Mutiara Bakau memberi salah perpisahan pada Elie Aiboy yang resmi diperhentikan dari klub.

"Selamat Datang Kembali Coach Eduard Ivakdalam," bunyi pernyataan resmi Persewar Waroepen.

"Coach Edu resmi melatih Persewar Waropen pada kompetisi Liga 2 Tahun 2022-2023. Persewar Waropen menjadi salah satu dari tiga tim asal Papua yang berlaga di Kompetisi Kasta Kedua Liga Indonesia ini, setelah PSBS Biak dan Persipura Jayapura,"

Baca Juga

"Coach Edu sebelumnya juga pernah melatih Persewar Waropen saat Tim Mutiara Bakau masih merintis di Kompetisi Liga 3,"


"Tak lupa kami jajaran Management Tim dan Ofisial Persewar Waropen juga turut menyampaikan terimakasih kepada Coach Elie Aiboy, atas dedikasi dan karyanya bagi klub kebanggaan kita bersama. Selamat Datang Kembali Coach Edu,"

Jika ditilik lebih lanjut, Eduard Ivakdalam bukanlah sosok kacangan. Terutama kala membesut tim sepak bola di Papua.

Baca Juga

Di bawah tangan dinginnya, Edu sebelumnya sukses mempersembahkan medali emas bagi tim sepak bola Papua pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX lalu.

Dia juga mengorbitkan bintang-bintang baru seperti Ricky Cawor dan Alphons Migau. Edu punya kedekatan yang kuat dengan karakter Persipura Jayapura dan kultur sepak bola Papua. 

 

2. Tanggapan Managemen Persipura

Caption

Manajemen Persipura Jayapura belum memutuskan siapa sosok pelatih anyar yang akan direkrut untuk menukangi skuad berjulukan Mutiara Hitam di kompetisi Liga 2.

Walaupun, salah satu legenda mereka, Eduard Ivakdalam sudah menyatakan siap jika diberikan kepercayaan.

Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano mengungkapkan, pihaknya masih mempertimbangkan siapa yang akan ditunjuk menjadi pelatih menggantikan posisi Angel Alfredo Vera.

Ia mengatakan, penunjukkan pelatih baru menjadi wewenang manajer Yan Permenas Mandenas.

"Soal pelatih, sampai sekarang belum, masih kita lihat dan pertimbangkan dulu, nanti yang menentukan itu manajer siapa yang akan ditunjuk jadi pelatih," kata Tomi Mano kepada wartawan, baru-baru ini.

Baca Juga
Persipura JayapuraEduard IvakdalamLiga IndonesiaLiga 2Persewar WaropenBerita Liga 2One Football

Berita Terkini