x

Arsenal dan Barcelona Saling Sikut Rebutan 'Striker Darurat' Manchester City

Rabu, 18 Mei 2022 12:45 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi gol Ilkay Gundogan di laga Manchester City vs Tottenham Hotspur.

INDOSPORT.COM - Arsenal dan Barcelona dikabarkan bersaing untuk memperebutkan tanda tangan salah satu bintang Manchester City, Ilkay Gundogan di bursa transfer musim panas.

Menurut Daily Mail, Ilkay Gundogan siap meninggalkan Etihad Stadium di jendela transfer mendatang, setelah Manchester City mempersilakannya untuk mencari klub baru.

Baca Juga

Ilkay Gundogan tiba di Manchester City pada musim panas 2016 lalu dari Borussia Dortmund, dan menjadi rekrutan pertama di era Pep Guardiola.

Gelandang yang kerap diplot sebagai ‘striker darurat’ bagi The Citizens tersebut sempat mengalami masa-masa sulit di awal karirnya di Inggris, karena berulang kali dihantam masalah cedera.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, gelandang asal Jerman itu mampu menunjukkan kualitas permainannya dan tumbuh menjadi andalan di lini tengah Citizens.

Baca Juga

Bersama bimbingan Pep Guardiola, Gundogan terus menjaga level permainannya dengan mencatatkan 252 penampilan serta  mencetak 47 gol dan 33 assist di lintas kompetisi.

Namun, Gundogan semakin mendekati akhir masa baktinya di Etihad Stadium, selepas musim 2021-2022 berakhir. Sempat ada pembicaraan tentang perpanjangan kontrak untuk Gundogan.

Tetapi sesuai laporan Daily Mail, Manchester City telah mengatakan kepada sang pemain bahwa ia tidak masuk dalam rencana Pep musim depan.

Baca Juga

Meskipun Gundogan telah tampil menonjol, tapi musim ini ia telah kalah bersaing dengan deretan gelandang tengah jempolan yang dimiliki City, seperti Kevin De Bruyne, Bernardo Silva dan Rodri.

Di sisi lain, Manchester City juga berencana untuk meremajakan skuat mereka dengan mengontrak gelandang tengah muda di musim panas mendatang.


1. Alasan Arsenal dan Barcelona Tertarik Boyong Gundogan

Ilkay Gundogan merayakan gol di laga Piala FA Manchester City vs Fulham (05/02/22). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

Arsenal dan Barcelona dilaporkan tengah memantau situasi Ilkay Gundogan, yang bisa meninggalkan Manchester City di musim panas nanti.

Menurut jurnalis beken, Fabrizio Romano, Barcelona dan Arsenal telah sama-sama menunjukkan ketertarikan tertarik pada gelandang Timnas Jerman itu.

Baca Juga

Sebelumnya Manchester City sudah melihat Frenkie de Jong sebagai pengganti yang mungkin, dan Barcelona berpeluang untuk melepas pemain Belanda tersebut.

De Jong dilaporkan lebih memilih Manchester City daripada tetangga mereka Manchester United, meskipun harga yang dimintanya mungkin menjadi masalah.

Kini, dengan ketertarikan Barcelona pada Gundogan, hal itu dapat mendorong kedua klub berdiskusi untuk menemukan kesepakatan dalam opsi pertukaran pemain.

Baca Juga

Sementara itu, Arsenal juga memiliki peluang yang terbuka untuk mengontrak Gundogan di musim panas. The Gunners dilaporkan negebet untuk mengontrak Gundogan, karena Mikel Arteta sedang mengincar tambahan kualitas untuk lini tengahnya.

Arteta sendiri telah mengenal sosok Gundogan sejak ia masih menjadi asisten Pep Guardiola di  Manchester City. Juru taktik asal Spanyol itu yakin sang gelandang memiliki kualitas untuk mengisi celah di skuad Tim Meriam London.

Ilkay Gundogan memenuhi semua atribut sebagai gelandang tengah idaman dalam sepakbola modern. Ia memiliki kreativitas, keuletan, dan kemampuan mencetak banyak gol.

Baca Juga

Di usianya yang telah menginjak kepala tiga, konsistensi permainan Gundogan masih berada di level terbaiknya. Tak ayal tim-tim elite Eropa seperti Arsenal dan Barcelona masih tertarik untuk menggunakan jasanya.


2. Arsenal Siap Datangkan Talenta Brasil

Selebrasi gol Gabriel Jesus di laga Burnely vs Manchester City.

Santer diberitakan sedang melakukan pembicaraan serius dengan Gabriel Jesus, kini Arsenal justru dikabarkan akan mendatangkan talenta Brasil lainnya.

The Gunners dilaporkan tengah memimpin perburuan untuk menggaet bintang muda Brasil milik tim Sao Paulo, Marquinhos.

Menurut jurnalis Brasil Jorge Nicola, Arsenal tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan Marquinhos, yang baru berusia 19 tahun.

Selain Arsenal, Wolves juga dikabarkan mengincar penyerang serba bisa itu, meski tampaknya The Gunners yang sejauh ini berada di posisi terdepan.

Setelah mendatangkan enam pemain berusia di bawah usia 23 tahun, The Gunners telah menurunkan skuad termuda di Liga Premier musim ini, lebih banyak daripada tim mana pun.

Baca selengkapnya:Bukan Gabriel Jesus, Arsenal Segera Rampungkan Transfer Bintang Serba Bisa Brasil

Bursa TransferArsenalManchester CityBarcelonaIlkay GundoganFrenkie de JongBerita TransferBerita Bursa TransferTransfer Pemain

Berita Terkini