x

Timnas Indonesia U-23 Gagal ke Final SEA Games, Marc Klok Tebar Psywar Jelang Kontra Malaysia

Jumat, 20 Mei 2022 15:09 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Gelandang naturalisasi, Marc Klok, bertekad membawa pulang medali perunggu usai Timnas Indonesia U-23 gagal melaju ke final SEA Games Vietnam 2021. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM – Gelandang naturalisasi, Marc Klok, bertekad membawa pulang medali perunggu usai Timnas Indonesia U-23 gagal melaju ke final SEA Games Vietnam 2021.

Timnas Indonesia U-23 dipastikan gagal merebut medali emas di ajang SEA Games 2021 usai disingkirkan Thailand di babak semifinal, Kamis (19/05/22).

Baca Juga

Dalam laga tersebut, anak asuh Shin Tae-yong harus merasakan pahitnya disingkirkan lewat satu gol pada babak Extra Time atau babak tambahan waktu.

Baik Indonesia maupun Thailand sebenarnya gagal cetak gol selama waktu normal atau 90 menit. Kedua tim bermain imbang 0-0 sehingga dilanjutkan ke babak tambahan.

Sayangnya, pada babak perpanjangan waktu, gawang Timnas Indonesia U-23 yang dijaga Ernando Ari harus kebobolan oleh Weerathep Pomphun menit ke-95. Skor itu bertahan hingga menit ke-120.

Baca Juga

Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia U-23 kembali gagal memecahkan rekor buruk yang tak pernah meraih medali emas SEA Games 2021 selama 31 tahun.

Sedangkan bagi Thailand, kemenangan ini membuka kans Gajah Perang untuk menambah koleki 16 medali emas yang telah mereka dapatkan di cabang olahraga sepak bola.

Marc Klok, sebagai salah satu penggawa Garuda Muda, tentunya sangat kecewa dengan hasil yang diraih timnya tersebut. Pasalnya, mereka datang ke Vietnam untuk berburu medali emas.

Baca Juga

Kekecewaaan tersebut diungkapkan gelandang kelahiran Belanda ini melalui unggahannya di akun Instagram pada Jumat (20/05/22).

“Sangat, sangat kecewa. Seperti kita semua. Kami datang ke sini untuk final, untuk emas, tidak ada yang lain,” tulis Marc Klok.


1. Marc Klok Ingin Rebut Medali Perunggu SEA Games 2021

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Marc Klok bersama teman-teman di laga SEA Games 2021. Foto: PSSI

“Kami semua merasa itu akan terjadi. Indonesia, kalian semua pantas mendapatkannya. Tapi Tuhan punya rencana lain,” lanjutnya.

Meski sangat kecewa, tetapi Marc Klok tak mau mengakhiri kunjungan mereka ke Vietnam tanpa membawa pulang medali. Klok pun bertekad akan merebut medali perunggu.

Baca Juga

Hal ini akan mereka perebutan saat menghadapi rival tetangga, Malaysia, di partai perebutan medali perunggu yang akan berlangsung Minggu (22/05/22) besok.

“Ayo selesaikan dengan kuat dengan kepala tegak, dan pulang dengan medali tempat ke-3. Terima kasih atas dukungan tanpa syarat Anda,” tegas Klok.

Unggahan penggawa Persib Bandung ini pun langsung menuai komentar dukungan dari rekan-rekannya dan juga netizen di tanah air.

Baca Juga

@velizar_popov: “Not always the better team wins @marcklok Good luck for the bronze medal match.”

@aaronevans__: “1 more to go @marcklok.”

@oranje_indonesia: “Tetap semangat!”

@_nbilasyfirah: “KEEP STRONG MARC KLOK.”

@aples.id: “Against Malaysia must win ! Aing kawal.”

@attalahmarcell: “Semangat walaupun next time memperebutkan perunggu.”

@wsnhdrspt.__: “Terimakasih perjuangannya.”

@xxardigolman: “Kalem klok PERSIB jauh lebih penting dari timnas.”

@krdto__: “Tetap semangat, next banyak banyakin passing pendek klok.”

Marc Klok sendiri sejatinya punya peluang untuk mencetak gol pada babak pertama, tapi tendangan bebasnya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Thailand.

Sementara itu, organisasi permainan Timnas Indonesia U-23 juga sangat baik, sehingga Thailand sulit mengembangkan permainan.

Baca Juga

Meski terus mendapat tekanan, Thailand bukannya tanpa peluang. Pasukan Alexander Polking tersebut juga beberapa kali merepotkan pertahanan Timnas Indonesia U-23.

Jelang berakhirnya paruh pertama, Timnas Indonesia U-23 hampir saja unggul lagi-lagi lewat Klok. Namun, tendangan Klok mengenai mistar gawang sehingga skor tanpa gol tetap tidak berubah hingga turun minum.


2. Marc Klok Jadi Sorotan Media Malaysia

Pemain Timnas Indonesia Marc Klok. Foto: PSSI

Sebagi satu-satunya pemain naturalisasi yang membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021, sosok Marc Klok mencuri perhatian publik Malaysia.

Marc Klok merupakan salah satu dari tiga pemain di atas usia U-23 yang dibawa oleh Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia U-23 pada kompetisi sepak bola putra SEA Games 2021.

Selain Klok yang berusia 29 tahun, pemain senior lainnya yang dibawa yakni kapten sekaligus bek Fachruddin Aryanto yang berusia 33 tahun dan sesama Ricky Kambuaya yang berusia 26 tahun.

Berperan di sektor gelandang, Klok mampu membawa kestabilan di lini tengah Garuda Muda. Ketiga pemain senior ini bahkan membantu Indonesia mencapai semifinal SEA Games 2021.

Timnas Indonesia U-23 selanjutnya akan menghadapi pemenang medali emas 16 kali Thailand di Stadion Thien Truong di Nam Dinh pada hari Kamis (19/05/22) pukul 16.00 WIB.

Jelang laga tersebut, The Star, menyoroti lebih dalam peran Marc Klok sebagai satu-satunya pemain naturalisasi yang membela Timnas Indonesia U-23 di pesta olahraga se-Asia Tenggara ini.

Baca Selengkapnya: Moncer Bareng Timnas Indonesia U-23 di SEA Games, Marc Klok Jadi Sorotan Malaysia

Timnas Indonesia U-23NaturalisasiMalaysia U-23Thailand U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalMarc KlokBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini