x

Hadapi Liverpool, Real Madrid 'Gemetar' Mengingat Tragedi Kelam 1981 di Prancis

Sabtu, 28 Mei 2022 23:29 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Liverpool berniat 'ulangi' sejarah juara Europan Cup (Liga Champions) pada tahun 1981 di Prancis.

INDOSPORT.COM - Laga final Liga Champions musim ini akan mempertemukan Liverpool kontra Real Madrid yang akan berlangsung di kandang timnasional Prancis, Stade de France.

Namun ada satu hal berbeda pada pertemuan kedua tim di partai puncak Liga Champions musim 2021-2022 dini hari nanti. Sebab, pertandingan ini sarat dengan sejarah kedua tim.

Baca Juga

Sebab, laga ini merupakan ulangan pertandingan final Liga Champions pada tahun 1981 atau lebih dari 41 tahun silam. Kedua pertandingan ini sama-sama berlangsung di Prancis.

Ketika itu, kompetisi antar klub di Eropa ini masih menggunakan format lama dan bernama Europan Cup yang saat ini dikenal luas sebagai UEFA Champions League.

Melihat ke belakang, saat itu keduanya memang pantas melaju hingga babak puncak. Pasalnya, Liverpool dan Madrid sama-sama berhasil mengkandasakan beberapa tim kuat.

Baca Juga

Manajer The Kopites, Bob Paisley saat itu berhasil mengatasi perlawan tim kuat asal Jerman, Bayern Munchen. Hingga mengkandaskan pasukan Sir Alex Ferguson, Aberdeen.

Sementara di kubu Los Blancos, mereka juga dengan mudah menuju ke babak final usai menang melawan Spartak Moscow dan Inter Milan di babak semifinal.

Pencapaian Liverpool pada saat itu merupakan capaian ketiga klub setelah mereka sukses memenangkan Europan Cup edisi 1977 dan 1978 silam.

Baca Juga

Berbanding terbalik dengan Real Madrid, final musim 1981 itu merupakan pertandingan puncak kesembilan El Real di kancah sepak bola Eropa.

Kendati demikian, Liverpool berhasil keluar sebagai juara melalui gol semata wayang Alan Kennedy pada menit ke-81. Skor ini berakhir hingga peluat panjang wasit asal Hungaria.


1. Bayang-bayang Kekalahan di Prancis Kembali Datang

Kegembiraan ditunjukan oleh para pemain Liverpool keluar sebagai juara Liga Champions musim ini. TF-Images/Getty Images

Meski tak bisa dijadikan patokan, namun pertandingan final dini hari nanti tentu telah dinanti kedua belah pihak. Partai ini merupakan laga ulangan final Liga Champions tahun 2018.

Kendati demikian, El Real sepertinya tidak diuntungkan dengan beberapa fakta sejarah yang ikut kembali mencuat ke permukaan menjelang pertandingan kontra Liverpool.

Baca Juga

Lantaran pertandingan ini merupakan ulangan final Europan Cup edisi tahun 1981 yang telah lama 'dilupakan' sang penguasa sepak bola Eropa asal Spanyol itu.

Beberapa fakta mengejutkan berhasil ditemukan tim INDOSPORT, pertama kekalahan terakhir Real Madrid di final Liga Champions League didapat dari Liverpool.

Kedua, kekalah ini juga tak disangka-sangka juga terjadi ketika partai puncak Europa Cup berlangsung di Prancis. Pertandingan kedua tim berlangsung di Parc des Princes.

Baca Juga

Selain itu, terdapat fakta lain yang menyeret juru kemudi Real Madrid saat ini. Kekalahan terakhir Carlo Ancelotti di babak final Liga Champions juga didapatkan ketika bersua Liverpool.

Kekalahan dramatis AC Milan di babak final Liga Champions musim 2005 tentu akan selalu membekas. Praktis Ancelotti dini hari nanti juga mendapat 'sedikit' tekanan sejarah.

Bayang-bayang kekalahan final Liga Champions di Prancis tentu menjadi beban tersendiri bagi Real Madrid, meski mereka merupakan tim dengan DNA unggul di kompetisi ini.

Baca Juga

Patut dinantikan, malam nanti dua pelatih berbeda zaman akan kembali bertemu. Di sisi The Reds, ada Jurgen Klopp. Sementara Real Madrid mendapuk pelatih kawakan asal Italia, Carlo Ancelotti.

Jika tak ingin mengulang sejarah di Prancis, Mohamed Salah tentu harus bermain lepas sejak awal. Begitupun bagi Madrid, mereka tentu tak ingin mengulang kekalahan 41 tahun silam.


2. Media Inggris: Liverpool Wajib Waspada ke Wasit Partai Final

Danny Makkelie, wasit asal Belanda.

Media kenamaan asal Inggris, Mail Online menyebut bahwa partai Final Liga Champions antara Real Madrid kontra Liverpool akan menyuguhkan drama penuh kejutan.

Dalam laporanya, mereka terang-terangan menyoroti pemilihan wasit yang dianggap akan menguntungkan Real Madrid. Sebab, El Real dikatakan sangat piawai melakukan sandiwara.

Hal seperti ini tentu hal biasa, mengingat media massa asal Inggris selama ini memang dikenal sering cari gara-gara. Namun, mengenai wasit, Real Madrid memang kerap diuntungkan.

Sudah banyak contoh rill yang memang menujukan tim asal Kota Madrid itu berulang kali mendapat 'sokongan' dari wasit-wasit yang memimpin pertandingan Los Blancos.

Di kompetisi Liga Champions, tentu ingat betapa kesalnya pihak Atalanta yang harus tersingkir di babak 16 besar usai Real Madrid mendapat keuntungan dari pengadil lapangan.

Baca selengkapnya: Media Inggris Sebut UEFA Tunjuk Wasit Tak Dikenal, Skenario Menangkan Real Madrid?

Real MadridLiverpoolLiga ChampionsBayern MunchenInter MilanBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini