x

Jadi Bintang Final Liga Champions, Kiper Real Madrid Ingin Buat Media Inggris Malu Setengah Mati

Minggu, 29 Mei 2022 20:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Thibaut Courtois tidak ingin lagi kemampuanya diragukan media usai antar Real Madrid juarai Liga Champions 2021/2022 berkat penampilan gemilang di bawah mistar. FOTO: REUTERS/Susana Vera

INDOSPORT.COM - Thibaut Courtois menjadi protagonis kemenangan 1-0 Real Madrid atas Liverpool pada final Liga Champions 2022 yang digelar pada Minggu (29/05/22) dini hari WIB.

Kiper berpaspor Belgia tersebut sukses menjaga kesucian gawang Los Blancos dari serangan bertubi-tubi The Reds sepanjang 90 menit dan itu bukan perkara mudah.

Baca Juga

Selama 90 menit, Liverpool mampu melepas 24 tembakan dengan sembilan diantaranya tepat sasaran namun dapat dimentahkan Courtois.

Sejak 2003/2004, belum pernah ada penjaga gawang yang bisa membuat menyelamatan sebanyak itu di partai puncak Liga Champions.

Rekor sebelumnya adalah delapan save yang sama-sama dipegang oleh Edwin van der Sar (2011) dan Alisson Becker (2019) namun kini Thibaut Courtois adalah raja baru di bawah mistar gawang.

Baca Juga

Catatan apik Courtois menjadi semakin manis mengingat ini adalah trofi Liga Champions perdana sepanjang karier stopper 30 tahun itu.

Kini ia sudah bisa disandingkan dengan nama-nama kiper top dunia lainnya. Sejak dahulu bahkan kala masih membela Chelsea, skill Courtois memang sudah diakui namun media kerap kali mengkerdilkan kontribusinya dan ini adalah momen 'balas dendam' yang pas.

“Saya membutuhkan kemenangan di final demi karier saya, agar orang-orang menhgormati nama saya," beber Thibaut Courtois pada BT Sport pasca laga di Stade de France.

Baca Juga

“Saya sangat senang dan bangga atas performa dari tim ini. Kami berhasil mengalahkan beberapa tim terbaik di dunia,"

“(Manchester) City dan Liverpool sangat luar biasa musim ini, Liverpool telah memainkan pertandingan yang hebat, namun kami punya satu peluang dan bisa memaksimalkannya,” tambah eks Genk dan Atletico Madrid tersebut.


1. Dipuji Lawan

Penyelamatan gemilang Thibaut Courtois di final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid (29/05/22). (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Penampilan sempurna Thibaut Courtois kemudian membuat UEFA memberikannya gelar pemain terbaik alias Man of the Match final Liga Champions 2022.

Ia dianggap lebih berkontribusi ketimbang Vinicius Junior yang mencetak gol tunggal Real Madrid dan Fede Valverde selaku penyedia assist sekaligus dinamo lini depan El Real.

Baca Juga

Tapi hal itu memang sudah tepat dan bahkan Jurgen Klopp, manajer Liverpool, juga tidak ragu melontarkan pujian.

Klopp tidak senang dengan sukses Courtois tapinya mengingat predikat pemain terbaik untuk kiper menjadi pertanda bahwa kubu lawan tampil lembek di sepertiga akhir lapangan.

"Ketika penjaga gawang jadi Man of the Match maka ada yang salah dengan tim lain, jadi saya pikir, kami memiliki tiga peluang yang sangat besar di mana Courtois melakukan penyelamatan yang luar biasa," ujar Klopp.

Baca Juga

"Di sepertiga akhir kami seharusnya bisa melakukan tugas dengan lebih baik seperti umpan pendek, umpan silang, terutama menjelang peluit panjang, namun Courtois memang tidak masuk akal."

"Masalahnya adalah ketika Anda bermain melawan Real Madrid dan mereka bertahan sedalam itu, ancaman serangan balik terlalu beresiko untuk diabaikan,"

"Sejujurnya, saya melihat kami melakukan banyak hal positif, tetapi itu tidak cukup dan kami menerima kekalahan ini," pungkas juru taktik asal Jerman tersebut.

Baca Juga

Trofi pertama di ajang Liga Champions tentunya membuat Real madrid berharap agar ke depannya Thibaut Courtois akan semakin lapar.

Jika konsisten lagi di musim depan, maka bukan tidak mungkin ia bisa melaju jauh di nominasi Ballon d'Or meski Karim Benzema lebih mungkin untuk keluar sebagai pemenang.


2. Liverpool Ompong di FInal Liga Champions, Mo Salah jadi Meme Dimana-mana

Mohamed Salah Foto: REUTERS/Amr Abdallah Dalsh.

Liverpool memang kalah secara kolektif di final Liga Champions melawan Real Madrid namun tidak ada pemain mereka yang lebih menderita ketimbang Mohamed Salah.

Pasalnya ia adalah penggawa The Reds yang paling berambisi untuk menghadapi Los Blancos demi membalaskan dendam final 2018.

Empat tahun lalu Liverpool keok dengan skor 3-1 dari Real Madrid usai Salah harus ditarik keluar sejak babak pertama akibat cedera dislokasi bahu.

Begitu fase semifinal berakhir pada Mei 2022 lalu dan Liverpool dipastikan bakal berjumpa lagi dengan Real Madrid di partai puncak, Salah langsung semringah.

"Aku sangat senang. Sejak sebelum final aku sudah berkata jika Liverpool harus berjumpa dengan Real Madrid," beber Mohamed Salah.

Baca selengkapnya: Bikin Ngakak! Deretan Meme Kocak Usai Mohamed Salah Gagal Balas Dendam di Liga Champions

Real MadridLiverpoolLiga ChampionsThibaut CourtoisJurgen KloppBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini