x

Los Blancos Raja Eropa! Deretan Rekor Impresif Real Madrid Usai Juara Liga Champions 21/22

Minggu, 29 Mei 2022 10:17 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Intip sederet rekor dan catatan impresif yang ditorehkan Real Madrid usai mengalahkan Liverpool dalam partai final Liga Champions 21/22. FOTO: REUTERS/Susana Vera

INDOSPORT.COM – Melihat sederet rekor serta catatan impresif yang ditorehkan Real Madrid usai mengalahkan Liverpool dalam partai final Liga Champions 21/22. Los Blancos raja Eropa!

Dalam pertandingan final Liga Champions 21/22 yang berlangsung pada Minggu (29/05/22) dini hari WIB, Real Madrid berhasil keluar sebagai juara setelah menang tipis 0-1 atas Liverpool.

Baca Juga

Bertanding di Stade de France pada Minggu (29/05/22) dini hari WIB, Liverpool yang mengandalkan trio Salah, Mane, Diaz sebagai ujung tombak, langsung menekan pertahanan Real Madrid selepas kick off.

Di menit-menit awal, blunder nyaris terjadi ketika kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, terus ditekan oleh lini depan Liverpool. Sayang, gol belum berpihak kepada The Reds.

Terus mendapat tekanan di awal babak pertama, Real Madrid akhirnya bisa leluasa memainkan bola dan raih peluang pertama di menit ke-20’ lewat aksi Vinicius Junior.

Baca Juga

Akan tetapi, upaya sang pemain yang coba melepas umpan masih bisa ditangkap oleh kiper Liverpool, Alisson Becker pada menit ke-24.

Di babak kedua, Liverpool lagi-lagi mampu mendominasi pertandingan dan menciptakan sejumlah peluang berbahaya. Namun tangguhnya lini pertahanan Real Madrid, membuat skor kacamata tetap bertahan.

Apes bagi Liverpool, meski menguasai permainan namun mereka malah kebobolan di menit ke-59’ melalui aksi Vinicius Junior yang sukses memanfaatkan umpan Valverde menjadi gol.

Baca Juga

Usai tertinggal, Liverpool kian gencar lakukan serangan namun buruknya penyelesaian akhir lini depan The Reds, ditambah tangguhnya Thibaut Courtois di bawah mistar gawang membuat skor 0-1 bertahan hingga laga usai.

Setelah memastikan kemenangan atas Liverpool serta jadi kampiun Liga Champions musim 21/22, sederet rekor impresif berhasil ditorehkan Real Madrid.

Lantas apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Gelar Terbanyak

Selebrasi para pemain Real Madrid usai Vinicius Jr mencetak gol ke gawang Liverpool (29/05/22). (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

Prestasi pertama tentu dari torehan gelar juara yang dimiliki Real Madrid. Selepas menjuarai Liga Champions musim ini, maka total El Real sudah mengumpulkan 14 trofi Telinga Besar sepanjang sejarah.

Jumlah tersebut terbilang sangat banyak, bahkan hampir dua kali lipat dari milik pesaing terdekat Real Madrid yakni AC Milan.

Baca Juga

Tercatat, klub asal Liga Italia tersebut baru mengoleksi 7 gelar Liga Champions sejauh ini, dengan trofi terakhir berhasil mereka dapatkan pada musim 2006/07 silam.

Ancelotti "Mr.Champions League"
Berikutnya ada rekor impresif sang pelatih, Carlo Ancelotti. Usai membawa Rea Madrid juara, maka pelatih asal Italia tersebut jadi manajer pertama yang memenangkan empat gelar Liga Champions.

Sebelum musim 21/22, Carlo Ancelotti juga sukses meraih gelar serupa pada tahun 2003, 2007 serta 2014.

Baca Juga

Carlo Ancelotti kini mengalahkan rekor Bob Paisley dan Zinedine Zidane, yang sejauh ini baru meraih tiga gelar Liga Champions sepanjang sejarah.

Thibaut Courtois Si Tangan Besi
Salah satu kunci keberhasilan Real Madrid dalam menjuarai Liga Champions musim ini adalah berkat ketenangan serta ketangguhan Thibaut Courtois di bawah mistar gawang.

Tak tanggung-tanggung, pemain asal Belgia tersebut mampu melakukan sembilan penyelamatan dan membuat gawang Real Madrid tetap aman dari gempuran Liverpool.

Baca Juga

Melansir dari laman Opta, sembilan penyelamatan Thibaut Courtois melawan Liverpool adalah yang terbanyak dalam catatan final Liga Champions.

Berkaca dari statistik tersebut, tak heran jika dirinya mendapat penghargaan man of the match alias pemain terbaik di laga Liverpool vs Real Madrid semalam.


2. Samai Rekor Oliver Kahn

Selebrasi para pemain Real Madrid saat mengangkat gelar Liga Champions 2021/22. REUTERS/Lee Smith)(Foto:

Menyabet gelar man of the match final Liga Champions 21/22, membuat Thibaut Courtois masuk dalam daftar tiga kiper fenomenal di kompetisi antar benua Eropa.

Seperti diketahui, sangat jarak ada penjaga gawang yang bisa mendapatkan gelar pemain terbaik di partai final Liga Champions.

Baca Juga

Sejauh ini, baru ada dua kiper yang bisa mendapatkannya yakni Oliver Kahn saat membawa Bayern Munchen juara pada 2001 serta Edwin van der Sar bersama Manchester United pada 2008 silam.

Benzema Layak Ballon D’or
Terakhir ada rekor yang dibuat pemain Real Madrid, Karim Benzema. Meski sepanjang partai final dirinya gagal mencetak gol maupun memberi assists, namun performanya sejak babak penyisihan grup hingga fase knock out jadi kunci keberhasilan El Real merengkuh gelar juara.

Karim Benzema mencetak 10 gol selama fase knock out Liga Champions musim 2021/22 ini, jumlah tersebut merupakan yang terbanyak sekaligus menyamai catatan Cristiano Ronaldo yang juga mampu cetak 10 gol dalam satu musim fase knock out Liga Champions 2016/17.

Usai catatkan statistik impresif tersebut, Cristiano Ronaldo yang sukses membawa Real Madrid juara Liga Champions 2016/17, berhasil menyabet gelar Ballon d'Or.

Berkaca dari kasus Cristiano Ronaldo, tampaknya Karim Benzema dengan gelontoran gol serta gelar juara Liga Champions bersama Real Madrid musim ini, sangat layak mendapat trofi Ballon d'Or perdana dalam kariernya.

Real MadridLiverpoolLiga ChampionsTRIVIABerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini