x

Hati-hati Rudiger! 3 Bek Timnas Jerman Ini Malah Gagal Bersinar Setelah Hengkang ke Liga Spanyol

Jumat, 3 Juni 2022 17:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Tiga pemain Timnas Jerman yang gagal buktikan kualitas saat hengkang ke Liga Spanyol. Alarm bahaya buat Antonio Rudiger yang baru saja gabung Real Madrid.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain Timnas Jerman yang gagal buktikan kualitas saat hengkang ke Liga Spanyol. Alarm bahaya buat Antonio Rudiger yang baru saja gabung Real Madrid.

Jelang bergulirnya musim kompetisi 22/23, sang juara bertahan Liga Spanyol, Real Madrid, sudah kedatangan satu pemain baru untuk memperkuat lini pertahanan mereka.

Baca Juga

Adalah Antonio Rudiger, pemain asal Jerman tersebut dipastikan akan segera berseragam Real Madrid musim depan dengan status bebas transfer terhitung pada 1 Juli mendatang.

Antonio Rudiger bergabung dengan Real Madrid secara gratis usai tak menemui kesepakatan soal negosiasi perpanjangan kontrak bersama Chelsea.

Kontrak Rudiger bersama Chelsea sendiri akan habis pada Juni 2022 nanti. Sejak Desember tahun lalu, The Blues telah berusaha keras memperpanjang kontraknya.

Baca Juga

Namun karena adanya sanksi dari pemerintah Inggris pun membuat nasibnya masih terombang-ambing.

Lama tak ada kejelasan, akhirnya Antonio Rudiger memilih hengkang dari Chelsea dan tak lama langsung diumumkan sebagai penggawa anyar Real Madrid pada Kamis (02/06/22).

Los Blancos mengumumkan bahwa mereka telah mengikat Rudiger dengan kontrak berdurasi empat tahun atau hingga tahun 2026 mendatang.

Baca Juga

Berbekal pengalaman lima musim di Liga Inggris, kehadiran Antonio Rudiger diprediksi bakal memperkokoh pertahanan Real Madrid tahun depan.

Meski begitu, Antonio Rudiger tetap harus waspada terhadap ketat dan kerasnya persaingan di Liga Spanyol terutama buat para bek asal Jerman.

Pasalnya, ada beberapa eks Timnas Jerman yang malah tampil melempem dan gagal bersinar saat memutuskan hengkang ke LaLiga.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Christoph Metzelder

Cristoph Metzelder, Real Madrid.

Nama pertama adalah Christoph Metzelder. Mantan pemain Borussia Dortmund ini sempat rasakan persaingan Liga Spanyol pada musim 2007/08 hingga 2009/10 silam dengan memperkuat Real Madrid.

Dengan pengalaman 7 musim di Bundesliga plus 40 caps bersama timnas Jerman, jelas kedatangan Christoph Metzelder sempat jadi angin segar buat Real Madrid yang sedang mencari pelapis Fabio Cannavaro.

Baca Juga

Akan tetapi, ekspektasi tinggi tersebut gagal dibayar lunas oleh Christoph Metzelder. Meski didatangkan secara gratis, namun faktor cedera membuat Christoph Metzelder minim dapatkan menit bermain.

Di musim pertamanya, Christoph Metzelder hanya bisa bermain dalam 13 pertandingan di semua kompetisi buat Real Madrid.

Bahkan selama tiga musim di Santiago Bernabeu, Christoph Metzelder juga cuma bisa bermain dalam 31 pertandingan tanpa mencetak satu gol pun.

Baca Juga

Terus-terusan dihantam cedera dan kesulitan beradaptasi dengan iklim sepak bola Spanyol, akhirnya Christoph Metzelder dilepas Real Madrid pada musim 2010/11 secara gratis ke Schalke 04.

Heiko Westermann
Berikutnya ada Heiko Westermann, bek kelahiran Alzenau ini merupakan penerus Christoph Metzelder sebagai pemain Timnas Jerman yang hengkang ke Liga Spanyol.

Heiko Westermann yang memiliki 27 caps bersama Timnas Jerman tersebut, bergabung dengan Real Betis pada musim 2015/16.

Baca Juga

Sama seperti Christoph Metzelder, sosok Heiko Westermann juga merupakan salah satu bek tangguh milik Jerman dan sempat membantu Der Panzer meraih gelar runner up Piala Eropa tahun 2008 silam.

Dengan catatan tersebut, Heiko Westermann diharapkan bisa membantu Real Betis yang berstatus tim promosi LaLiga, bertahan di kasta teratas Liga Spanyol musim depan.


2. Faktor Cedera

Aksi Shkodran Mustafi dan Runar Runarsson di laga Arsenal vs Manchester City.

Di paruh pertama, Heiko Westermann sukses jadi tumpuan Real Betis dengan selalu starter dan membawa tim bertengger di urutan ke-11.

Akan tetapi, cedera di pekan ke-17 membuat karier Heiko Westermann perlahan usai bersama Real Betis. Akibat cedera tersebut, Heiko Westermann absen hingga 6 pekan.

Baca Juga

Sempat comeback saat hadapi Dep. La Coruna, namun Heiko Westermann kembali masuk ruang perawatan hingga pekan ke-28.

Puncaknya, Heiko Westermann hanya bisa bertahan selama semusim di Real Betis sebelum akhirnya dilepas klub secara gratis ke Ajax Amsterdam.

Shkodran Mustafi
Terakhir adalah Shkodran Mustafi. Berusia 30 tahun ini merupakan gerbong Timnas Jerman teranyar yang merapat ke Liga Spanyol.

Mantan bek Arsenal tersebut bergabung ke tim papan tengah LaLiga, Levante, pada musim 2021–22 ini dengan status bebas transfer.

Berbekal pengalaman tampil di Liga Premier Inggris serta turut membantu Timnas Jerman menjuarai FIFA World Cup tahun 2014 serta FIFA Confederations Cup, jelas kehadiran Shkodran Mustafi diharapkan bakal jadi tumpuan Levante untuk terhindar dari zona degradasi.

Akan tetapi, penampilan Shkodran Mustafi di Levante sangat jauh dari kata memuaskan. Total dari 6 pertandingan awalnya di LaLiga, Shkodran Mustafi tak pernah membawa timnya menang.

Parahnya lagi, di pekan ke-18 Shkodran Mustafi malah alami cedera yang membuatnya absen selama 10 pertandingan.

Meski memiliki kontrak hingga tahun 2023, namun Shkodran Mustafi gagal membantu Levante bertahan di LaLiga lantaran finish di urutan ke-19 klasemen akhir.

Real MadridChelseaLaLiga SpanyolLiga SpanyolAntonio RudigerTRIVIABerita Liga Spanyol

Berita Terkini