x

4 Bintang Timnas Jerman yang Sukses di Real Madrid, Antonio Rudiger Bisa Ketiban Tuahnya

Jumat, 3 Juni 2022 10:53 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Antonio Rudiger (tengah) saat bersama Timnas Jerman. Foto: REUTERS/Heiko Becker.

INDOSPORT.COM - Mantan bek Chelsea, Antonio Rudiger, bisa mengekor jejak para bintang Timnas Jerman yang sukses besar di Real Madrid.

Sebagai salah satu klub raksasa yang punya sejarah panjang di dunia sepak bola, tidak ayal Real Madrid pernah menjadi rumah bagi banyak pemain dari penjuru dunia.

Baca Juga

Tidak terkecuali Jerman, yang sudah bergenerasi-generasi lamanya mengekspor banyak talenta muda maupun veteran berbakat ke klub-klub top Eropa.

Berdasarkan data yang dihimpun redaksi berita olahraga INDOSPORT.com, Real Madrid pernah dihuni setidaknya 10  orang Jerman sebelum kedatangan Antonio Rudiger pada tahun 2022.

Tentu saja, tidak semuanya punya karier cemerlang bersama juara 14 kali Liga Champions ini. Namun tidak sedikit pula yang mengecap kesuksesan selama bernaung di sana.

Baca Juga

Nah, berikut tiga di antaranya yang mungkin bisa menginspirasi Antonio Rudiger untuk ikut-ikutan sukses di Real Madrid.

Mesut Ozil

Meski tidak terlalu wah, karier Mesut Ozil di Real Madrid sempat menjadi buah bibir publik sepak bola dunia.

Berkat penampilan impresifnya di Piala Dunia 2010, gelandang kelahiran Gelsenkirchen ini pun jadi rebutan banyak klub papan atas termasuk Real Madrid, Barcelona, dan Arsenal.

Baca Juga

Namun akhirnya, Real Madrid-lah yang memenangkan perburuan Mesut Ozil, yang mereka bawa dari Werder Bremen dengan banderol 15 juta euro.

Pengeluarann Los Blancos yang tidak seberapa itu pun membuahkan hasil yang lumayan karena sang pemain berhasil menunjukkan taring lumayan tajam sejak musim debutnya.


1. Mesut Ozil dan Bodo Illgner

Mesut Ozil (kiri) saat bersama Timnas Jerman. Foto: Getty Images.

Pasalnya, pada 2010-2011, Mesut Ozil tercatat sebagai pemain berpredikat top assist di kompetisi liga-liga besar Eropa.

Oleh sebab itu, tentu tidak ayal ia digadang-gadang sebagai raja assist dan salah satu pemain paling kreatif yang pernah ada di Benua Biru.

Baca Juga

Setelah sukses sebagai ‘anak bawang’ di Real Madrid, Mesut Ozil langsung mencicipi kesuksesan besar dengan menggondol gelar LaLiga pada 2011-2012.

Di sisi lain, sembari memenangkan Copa del Rey dan Piala Super Spanyol, ia juga mempertahankan predikat raja assist di level liga sampai akhir kariernya di Real Madrid pada 2013.

Namun sayangnya, kisah pemain yang satu ini dengan Timnas Jerman sempat diwarnai kejadian yang kurang menyenangkan.

Baca Juga

Foto-foto dirinya bersama pemimpin Turki, Recep Tayyip Erdogan, yang beredar luas di publik malah jadi petaka bagi kariernya bersama timnas.

Buntutnya, ia pun memutuskan mundur usai berseteru dengan federasi sepak bola Jerman pada 2018 lalu.

Bodo Illgner

Menjadi bagian Timnas Jerman selama periode 1987-1994 dan juga kampiun Piala Dunia 1990. Di level klub pun, sosok yang dulu berposisi sebagai kiper ini juga mengenyam kesuksesan yang lumayan masif.

Baca Juga

Datang pada 1996, ia langsung tancap gas dengan berpartisipasi di 40 pertandingan LaLiga saat itu, dan membantu tim finis sebagai pemuncak klasemen dengan raihan 92 poin.

Selain itu, dua gelar lainnya yang membuat karier Bodo Illgner terasa mentereng di Real Madrid ialah trofi Liga Champions edisi 1997-1998 dan 1999-2000. 

 

2. Toni Kroos dan Sami Khedira

Toni Kroos saat merayakan golnya bersama para pemain Real Madrid. Foto: REUTERS/Gleb Garanich.

Toni Kroos

Sempat akan merapat ke Manchester United setelah dipinang David Moyes pada 2014, pria kelahiran  Greifswald ini merapat ke ibu kota Spanyol setelah mendapat panggilan dari Carlo Ancelotti.

Keputusan yang diambilnya pada waktu itu pun benar. Di Real Madrid, ia menjelma sebagai pemain veteran dengan banyak gelar yang menghiasi CV-nya.

Baca Juga

Bagaimana tidak? Selama berseragam Los Blancos, ia telah merasakan manisnya trofi LaLiga, Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, Piala Dunia Antarklub, dan Liga Champions.

Lalu bersama Timnas, Toni Kroos sudah pernah menggondol predikat Pemain Terbaik Jerman, lalu memenangkan Piala Dunia 2014 dan tampil impresif di Euro 2016.

Sami Khedira

Tidak kalahdari Toni Kroos, pemain yang satu ini juga pernah menyentuh secara langsung trofi LaLiga, Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, Piala Dunia Antarklub, dan Liga Champions dengan tangannya sendiri.

Baca Juga

Selain itu ia pun turut memenangkan kompetisi Copa del Rey 2010-2011 dan 2013-2014 bersama Los Blancos karena datang ke klub terlebih dulu ketimbang rekan sekompatriotnya tersebut.

Sukses bersama Toni Kroos, ia pun berhasil membawa nama besar Jerman ke sepak bola Spanyol, yang saat ini menjadi tugas Antonio Rudiger selanjutnya.

Menurut informasi resmi dari pihak klub, sang pemain yang diikat kontrak berdurasi empat tahun ini akan diperkenalkan secara resmi ke khalayak pada 20 Juni mendatang.

Baca Juga

Mampukah Antonio Rudiger mengikuti jejak para pendahulunya asal Jerman yang sukses di Real Madrid?

Biarlah waktu yang menjawabnya.

Real MadridJermanMesut OzilLaLiga SpanyolToni KroosSami KhediraLiga SpanyolAntonio RudigerBerita Liga SpanyolOne Football

Berita Terkini