x

Toulon Tournament: Asisten Shin Tae-yong Ungkap Biang Kekalahan Timnas U-19 dari Meksiko

Selasa, 7 Juni 2022 01:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
Laga antara Timnas U-19 vs Kyungil University. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 kalah 0-2 dari Meksiko di laga ketiga Grup B Toulon Tournament 2022, Minggu (05/06/22). Kekalahan kemarin sekaligus memutus langkah skuad Garuda Nusantara ke semifinal. 

Pada laga kemarin, gawang Timnas U-19 kebobolan lewat gol Santiago Munez pada menit ke-39' melalui titik penalti. Satu gol tambahan Meksiko dilesakkan Jorge Ruvalcaba menit ke-90+1'.

Baca Juga

Asisten pelatih Timnas U-19, Dzenan Radoncic mengatakan kekalahan dari Meksiko disebabkan blunder yang dibuat pemain Timnas U-19.

Selain itu, hilangnya konsentrasi di lini pertahanan berujung gawang tim Merah Putih kebobolan. 

"Kami kebobolan karena kesalahan individual pemain, padahal kami tetap kompak sepanjang laga," kata Dezenan. 

Baca Juga

"Di babak pertama, kami tidak banyak memberikan lawan ruang untuk menciptakan peluang,"

"Tapi pemain kehilangan konsentrasi, para pemain kelelahan karena sudah menjalani tiga laga dan kesulitan beradaptasi dengan cuaca," jelasnya. 

Dzenan mengakui Meksiko layak  menang karena bermain lebih bagus. Tapi, Timnas U-19 mendapat pengalaman dan pelajaran berharap terkait bagaimana pendekatan untuk menghadapi tim kuat.

Baca Juga

"Mereka tim bagus dan salah satu tim terbaik di dunia," tutur Dzenan. 

"Meski begitu, kami sempat pressing mereka beberapa menit. Kami melakukan pendekatan yang berbeda di laga ini, saya ingin memotivasi pemain untuk membuat sejarah, sebab ada perbedaan kualitas disana," sambungnya. 


1. Pujian Dzenan Radoncic

Tiga asisten pelatih yakni Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic sudah bergabung di Thailand bersama timnas Indonesia mulai Senin (4/5)

Meski kalah, namun Dzenan Radoncic tetap memuji penampilan anak asuhnya selama tampil di Toulon Tournament 2022. Baginya, ini merupakan pengalaman berharga buat Timnas Indonesia U-19 jelang mengikuti kompetisi resmi.

"Kami melakukan pertandingan yang bagus, ini merupakan pengalaman yang bagus bagi pemain, juga di turnamen ini," sebut pelatih asal Montenegro itu. 

Baca Juga

Pada Toulon Tournament 2022, Indonesia berada di posisi ketiga Grup B dengan meraih tiga poin. Satu-satunya kemenangan diraih atas Ghana dengan skor 1-0. 

Sementara itu, dua kali kekalahan Timnas U-19 diterima dari Venezuela (0-1) dan Meksiko (0-2). 

Timnas U-19 membawa 22 pemain ke Toulon Tournament 2022. Turnamen ini jadi salah satu persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023 yang akan dihelat di Indonesia. 

Baca Juga

Ini kali kedua Indonesia tampil di Toulon Tournament. Sebelumnya, skuad Garuda pernah berpartisipasi pada edisi 2017. 

Sebelum ke Prancis, Timnas U-19 telah melakukan dua laga uji coba melawan klub Liga 1. Mereka kalah 1-3 dari Tira Persikabo dan imbang 1-1 kontra Persita Tangerang. 


2. Bintang Timnas U-19 Banjir Tawaran Klub Liga 2

Pemain Diklat Persib, Robi Darwis saat game internal bersama Persib di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (28/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Pemain Diklat Persib, Robi Darwis, saat ini sedang menjalani seleksi di tim Persib Bandung untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang rencananya akan bergulir akhir Juli mendatang.

Robi Darwis turut dibawa ke Batam oleh pelatih Persib, Robert Rene Alberts, saat skuat Maung Bandung menggelar pemusatan latihan atau Training Center (TC) sebagai persiapan tampil di Liga 1 musim depan.

Baca Juga

Saat jalani pemusatan latihan di Batam, kualitas pemain yang berposisi sebagai gelandang ini akan terus dipantau oleh tim pelatih.

Menurut Robi Darwis, sebelum mengikuti seleksi di skuat Maung Bandung ada beberapa tawaran dari beberapa klub yang tertarik untuk merekrutnya terutama dari Liga 2.

Hanya saja, Robi Darwis lebih memprioritaskan Persib untuk dibelanya pada musim 2022-2023, sehingga saat ada kesempatan untuk seleksi dia langsung mengikutinya dan berusaha menampilkan permainan terbaiknya.

Baca selengkapnya: Banjir Tawaran, Bintang Timnas U-19 Sudah Dilirik Klub Liga 2 Sebelum Seleksi di Persib

Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaToulon Tournament

Berita Terkini