x

Ronaldo Kwateh: Wonderkid Timnas yang Jadi Sorotan Media Asing dari Asia hingga Eropa

Minggu, 5 Juni 2022 16:34 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi Ronaldo Kwateh usai mencetak gol pertamanya antara Indonesia vs Malaysia di Stadion Viet Tri - Viet Tri, Vietnam 2022. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa

INDOSPORT.COM – Masa depan Timnas Indonesia diprediksi bakal bersinar setelah para pemain muda skuat Garuda tampil impresif dalam beberapa laga uji coba, termasuk Ronaldo Kwateh yang kerap dapat sorotan media asing.

Nama Ronaldo Kwateh memang tengah menjadi sorotan sepanjang tahun 2022 ini. Pasalnya, pemain berusia 17 tahun tersebut sukses mencuri perhatian berkat penampilannya bersama Timnas Indonesia di level U-19, U-20 hingga U-23.

Baca Juga

Teranyar, Ronaldo Kwateh turut membantu Timnas Indonesia meraih medali perunggu dalam ajang SEA Games 2021.

Dalam perebutan tempat ketiga SEA Games 2021 pada bulan Mei lalu, Ronaldo Kwateh berhasil cetak satu gol ke gawang Malaysia.

Selain itu, Ronaldo Kwateh juga jadi tumpuan Timnas Indonesia U-19 saat tampil di Toulon Tournament 2022 yang berlangsung di Prancis pada 29 Mei hingga 12 Juni 2022 mendatang.

Baca Juga

Meski belum cetak gol di event ini, namun pergerakan Ronaldo Kwateh saat membawa bola mampu menyulitkan pertahanan lawan dan kerap hasilkan peluang buat Timnas Indonesia.

Menjadi tumpuan di lini depan, Ronaldo Kwateh juga berkontribusi dalam kemenangan perdana Timnas Indonesia di ajang Toulon Tournament saat menghadap Ghana.

Sebelum mentas di bersama Timnas U-19 di Toulon Tournament serta Timnas U-23 pada ajang SEA Games 2021, sosok Ronaldo Kwateh sudah lebih dulu curi perhatian saat mengikuti pemusatan latihan di Turki tahun 2021 lalu.

Baca Juga

Sepanjang pemusatan latihan tersebut, pemain kelahiran Yogyakarta tersebut mampu mencetak lima gol saat hadapi tim-tim lokal seperti Antalyaspor U-18 dan MMK Football Club.

Berkat statistik gemilang dalam training center di Turki serta performa impresifnya di ajang Toulon Tournament 2022, membuat nama Ronaldo Kwateh jadi sorotan sejumlah media termasuk dari luar negeri.


1. Disorot Vietnam Jelang SEA Games 2021

Timnas U-19 vs Yeungnam University. Foto: PSSI

Nama Ronaldo Kwateh pertama kali jadi sorotan media luar negeri usai penampilan gemilangnya bersama Timnas Indonesia U-23 dalam sebuah laga persahabatan kontra klub Korea Selatan, Andong Science College.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Haemaji Football Field, Korea Selatan pada Kamis (21/04/22) silam tersebut, Ronaldo Kwateh cetak satu gol dalam kemenangan 4-2 skuat Garuda.

Baca Juga

Selepas pertandingan, salah satu media ternama Vietnam, Soha.vn, merasa takjub dengan keganasan Ronaldo Kwateh.

Meski menjadi cadangan dan baru masuk di babak kedua, namun Ronaldo Kwateh sukses mencetak gol pada menit ke-88’.

Berkat catatan tersebut, laman Soha.vn menganggap kalau Ronaldo Kwateh bisa jadi salah satu pemain yang bakal bersinar di SEA Games 2021.

Baca Juga

"Ronaldo bantu Timnas Indonesia U-23 kalahkan pelajar Korea, ia akan jadi tantangan untuk Vietnam U-23," tulis Soha.vn

Selain Soha.vn, ada juga media thethao247 yang merasa kagum dengan potensi Ronaldo Kwateh lantaran berhasil menembus skuat senior Timnas Indonesia pada usia 17 tahun.

Sebagai informasi, Ronaldo Kwateh menjalani debut bersama Timnas Indonesia senior saat menang telak 4-1 atas Timor Leste dalam laga uji coba bertajuk FIFA Matchday, Kamis (27/01/22) lalu.

Baca Juga

"Ronaldo Indonesia membuat panas dengan CV yang mengerikan saat tiba di Vietnam (SEA Games 2021)," tulis thethao247.

"Lahir pada tahun 2004, Ronaldo Joybera Junior Kwateh adalah pemain termuda Timnas Indonesia U-23. Tak hanya itu, striker ini juga menjadi pemain termuda yang pernah bermain di Kejuaraan Nasional Indonesia pada usia 16 tahun, 10 bulan dan 15 hari," tambah laman tersebut.

Tak hanya dari kawasan Asia, potensi Ronaldo Kwateh ternyata mampu menarik perhatian media Eropa, terutama dari Prancis yang jadi tuan rumah Toulon Tournament 2022.


2. Jadi Perhatian Wartawan Prancis

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Toulon Cup 2022 di Stadion Madya Senayan, Jakarta. Foto: PSSI

Setelah pertandingan menghadapi Ghana di babak penyisihan Grup B Toulon Tournament 2022 kemarin, salah satu wartawan asal Prancis meminta sang pelatih Timnas Indonesia U-19 berikan pendapat terkait penampilan Ronaldo Kwateh.

"Dapatkah kamu bicara tentang Ronaldo Kwateh, karena dia adalah bintang besar di Indonesia," sebut salah satu wartawan.

Baca Juga

Namun, pelatih yang mendampingi Timnas Indonesia U-19 di Toulon Tournament 2022, Dzenan Radoncic langsung membantah.

"Saya tidak ingin memanggilnya bintang besar. Dia masih muda, saya tidak ingin dia terbang tinggi," sahut Radoncic, pelatih berkebangsaan Montenegro.

Selain mendapat sorotan langsung dari wartawan Prancis, aksi Ronaldo Kwateh yang mampu melakukan nutmeg kontra Venezuela juga berhasil menarik perhatian akun resmi Toulon Tournament 2022.

“Nutmeg dari penyerang Indonesia Ronaldo Kwateh. (Timnas) Indonesia akan kembali berlaga hari ini melawan Ghana,” bunyi pernyataan pada akun @TournoiMRevello, Kamis (2/6/2022).

Lantas dengan sejumlah sorotan dari beberapa media asing tersebut, mampukah Ronaldo Kwateh melanjutkan performa gemilangnya dan jadi tumpuan Timnas Indonesia di level senior? Menarik dinantikan.

Timnas IndonesiaBola InternasionalBakat Muda IndonesiaTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20Ronaldo KwatehToulon Tournament

Berita Terkini