x

2 Nama Pernah Bantai Timnas Indonesia, 3 Pemain Yordania yang Jadi Ancaman di Kualifikasi Piala Asia

Jumat, 10 Juni 2022 12:54 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Termasuk 2 nama yang ikut bantai Timnas Indonesia 3 tahun lalu, berikut 3 pemain Yordania yang wajib diwaspadai skuat Garuda di Kualifikasi Piala Asia 2023.

INDOSPORT.COM – Termasuk 2 nama yang ikut bantai Timnas Indonesia 3 tahun lalu, berikut 3 pemain Yordania yang wajib diwaspadai skuat Garuda di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sepak bola Asia kini tengah diramaikan oleh gelaran babak Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia sendiri turut berlaga di ajang ini, dengan tergabung di Grup A bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Baca Juga

Digelar dengan sistem home tournament, Kuwait menjadi tuan rumah di Grup A ini dengan masing-masing tim akan berjumpa satu kali.

Juara grup akan lolos otomatis ke Piala Asia, sedangkan runner up akan bersaing dengan runner up grup B-F dalam mengisi slot 5 runner up terbaik.

Indonesia sendiri mengawali langkah di Kualifikasi Piala Asia 2023 ini dengan menghadapi tuan rumah Kuwait, Rabu (08/06/22) malam WIB.

Baca Juga

Skuat garuda diadang rekor buruk dengan hanya meraih 1 kemenangan dalam 6 pertemuan sebelumnya, dengan kemenangan itu terjadi 42 tahun silam.

Meski demikian, pasukan Shin Tae-yong justru mampu merebut kemenangan penting 2-1 atas tuan rumah Kuwait. Meski tertinggal lebih dulu oleh gol Yousef Nasser di menit ke-40, Garuda berbalik menang lewat gol Marc Klok (44’) dan Rachmat Irianto (47’).

Kemenangan ini pun menjadi modal penting Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2022. Pasalnya, hasil itu membawa mereka ke peringkat 2 klasemen Grup A. Indonesia punya poin yang sama dengan Yordania yang ada di puncak, dan hanya kalah produktivitas gol.

Baca Juga

Meski demikian, Timnas Indonesia tak boleh berpuas diri. Pasalnya, mereka sudah ditunggu laga kedua yang akan digelar Minggu (12/06/22) pukul 02.15 dini hari WIB.

Lawan yang akan dihadapi pun terbilang sulit yakni Yordania sang pemuncak klasemen. Sebagai informasi, Yordania pada matchday pertama sukses mengalahkan Nepal dengan skor 2-0.


1. Darah Muda

Sesi latihan Timnas Indonesia jelang lawan Yordania pada 2019.

Di luar posisi klasemen, Yordania sendiri bisa dibilang merupakan tim terkuat di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka menempati posisi 91 di peringkat FIFA, terbaik di antara penghuni Grup A.

Di sisi lain, Yordania juga tengah dalam tren apik dengan merebut 3 kemenangan dan hanya menelan 1 kekalahan dari 4 pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Baca Juga

Pertemuan terakhir Timnas Indonesia dengan Yordania sendiri terjadi pada 2019. Ketika itu, skuat Garuda yang diasuh Simon McMenemy kalah telak 1-4. Bahkan, Indonesia tercatat selalu kalah dalam 4 pertemuan antara kedua tim.

Dengan situasi ini, Indonesia wajib berhati-hati saat menghadapi Yordania di matchday kedua fase grup Kualifikasi Piala Asia 2023.

Apalagi, ada setidaknya 3 pemain Yordania yang bisa memberikan ancaman kekalahan bagi skuat Shin Tae-yong. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

Baca Juga

Ali Olwan

Meski baru berusia 22 tahun, Ali Olwan kini menjadi pilihan utama untuk mengisi pos penyerang tengah di skuat Yordania dan bahkan selalu jadi starter di 7 pertandingan terakhir.

Ia pun membayar kepercayaan itu dengan torehan 6 gol dan 17 penampilan, sejak debutnya pada November 2020 ketika menghadapi Irak.

Dengan usia yang masih muda, Olwan memiliki fisik yang baik dan stamina kuat. Naluri mencetak gol yang tinggi pun semakin membuat ia menjadi ancaman.

Baca Juga

Ali Olwan bahkan sudah mencetak 1 gol di Kualifikasi Piala Asia 2022, saat Yordania mengalahkan Nepal beberapa hari lalu. Olwan juga punya catatan apik saat bertemu tim asal Asia Tenggara di mana ia mencetak hattrick ke gawang Malaysia di laga ujicoba setahun yang lalu.

Kinerjanya di level klub pun juga cukup baik dengan mencetak 2 gol dan 3 assist dari 10 laga di Liga Qatar bersama klubnya, Al-Shamal SC.

 

2. Duo Veteran

Skuat timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

Hamza Al-Dardour

Jika Ali Olwan adalah perwakilan darah muda Yordania, maka Hamza Al-Dardour sebaliknya. Ia merupakan salah satu bintang Veteran dari tim asal Asia Barat itu.

Berusia 31 tahun, Hamza Al-Dardour merupakan salah satu sosok legenda hidup di timnas Yordania, seiring statusnya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk negaranya.

Baca Juga

Ketajamannya pun sudah terbukti di Kualifikasi Piala Asia 2023 ketika ia ikut mencetak gol saat mengalahkan Nepal 2-0.

Hamza Al-Dardour sendiri sejatinya tidak menjadi starter di laga itu. Ia baru masuk di menit ke-74 sebagai pemain pengganti, tapi sukses mencetak gol lewat penalti hanya 8 menit kemudian.

Tak hanya itu, Hamza Al-Dardour juga pernah menjebol gawang Indonesia yang terjadi pada pertemuan terakhir di 2019 lalu ketika Indonesia kalah 1-4, dengan ia mencetak gol keempat Yordania di laga itu.

Baca Juga

Ahmed Sameer

Ahmed Sameer menjadi satu lagi pemain di lini serang Yordania yang patut diwaspadai oleh timnas Indonesia.

Berposisi sebagai gelandang serang, Sameer turun menjadi starter di matchday pertama dan ikut membantu Yordania mengalahkan Nepal 2-0.

Berusia 31 tahun, Ahmed Sameer merupakan salah satu sosok senior di skuat Yordania saat ini dengan catatan 43 caps.

Baca Juga

Dari jumlah itu, ia sudah berhasil mencetak 4 gol dan 5 assist. Menariknya, Timnas Indonesia bahkan pernah merasakan sendiri kehebatan Sameer. Pada pertemuan terakhir kedua tim di 2019 di mana Yordania menang telak 4-1, meski tak mencetak gol Ahmed Sameer sukses mencetak 2 assist sekaligus.

Dalam duel pada Minggu dini hari nanti, Elkan Baggott dkk wajib mematikan Sameer untuk mencegah aliran bola ke lini depan Yordania.

YordaniaTimnas IndonesiaTRIVIABerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023One Football

Berita Terkini