x

Sadio Mane ke Bayern Munchen, 3 Bintang Ini Bakal Menyusul Tinggalkan Liverpool

Rabu, 22 Juni 2022 15:20 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Sadio Mane tinggal selangkah lagi bergabung dengan Bayern Muchen. Berikut 3 pemain Liverpool yang berpotensi menyusul pergi dari Anfield di musim panas ini. (REUTERS/Craig Brough )

INDOSPORT.COM Sadio Mane tinggal selangkah lagi bergabung dengan Bayern Muchen. Berikut 3 pemain Liverpool yang berpotensi menyusul pergi dari Anfield di musim panas ini.

Gagal meraih quadruple musim lalu setelah hanya mampu membawa pulang trofi Piala FA dan Piala Liga Inggris membuat Liverpool berbenah serius.

Baca Juga

Sejauh ini, di bursa transfer musim panas mereka sudah berhasil mendatangkan 3 pemain baru sekaligus yakni Fabio Carvalho, Darwin Nunez, dan Calvin Ramsay. Dari ketiganya, Nunez menjadi sorotan berkat penampilan tajamnya bersama Benfica musim lalu ketika ia mencetak 34 gol dari 41 laga.

Meski demikian, di balik kedatangan 3 pemain baru itu, Liverpool kini di ambang kehilangan salah satu pemain andalannya. Sosok yang dimaksud adalah bintang asal Senegal, Sadio Mane, yang merapat ke Bayern Munchen.

Kedua klub telah menyepakati kepindahan sang winger dengan biaya 41 juta euro, yang terdiri dari 32 biaya transfer ditambah sejumlah bonus, dengan ia akan diikat kontrak berdurasi 3 tahun.

Baca Juga

Mane pun telah tiba di Jerman untuk menjalani tes medis, dan diyakini akan segera diperkenalkan secara resmi pada Rabu (22/06/22) waktu setempat.

Sadio Mane sendiri telah menjadi pemain kunci bagi Liverpool, sejak diboyong dari Southampton pada bursa transfer musim panas 2016.

Ia kemudian membentuk trio mematikan bersama Roberto Firmino dan Mohamed Salah, serta menghadirkan sejumlah gelar bagi Liverpool yakni masing-masing 1 gelar Piala FA, Piala Liga Inggris, Liga Champions, Liga Inggris, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga

Mane pun menorehkan catatan 120 gol dan 48 assist dari 269 penampilan di semua kompetisi, selama 6 musim membela The Reds.

Liverpool sendiri sejatinya telah berupaya menawarkan kontrak baru untuk Mane seiring kontrak lamanya yang tersisa satu tahun. Namun, kesepakatan tak tercapai sehingga sang winger pun akhirnya diizinkan pergi ke Bayern Munchen.


1. Winger Lain Ikut Menyusul

Selebrasi gol Takumi Minamino di laga Norwich City vs Liverpool.

Liverpool sendiri sejatinya sudah bersiap kehilangan Mane, dengan mendatangkan Luis Diaz sejak bursa transfer musim panas lalu. Pada paruh kedua musim lalu, Diaz sudah kerap ditempatkan di pos winger kiri, yang sebelumnya menjadi milik Mane.

Di sisi lain, hengkangnya Sadio Mane diyakini tidak akan menjadi satu-satunya kepergian yang dialami Liverpool di bursa transfer musim panas ini.

Baca Juga

Pasalnya, masih ada sejumlah pemain lain yang santer disebut bakal menyusul meninggalkan Anfield, seiring minimnya kesempatan bermain bersama The Reds.

Manajemen klub pun diyakini takkan keberatan melepas mereka, asalkan mendapatkan tawaran yang sesuai dari para klub peminat.

Lantas, siapa saja pemain Liverpool yang berpotensi menyusul Sadio Mane meninggalkan Anfield di bursa transfer musim panas ini? Berikut ulasannya:

Baca Juga

Takumi Minamino

Takumi Minamino menjadi pemain yang terdekat dengan pintu keluar Anfield menyusul Sadio Mane di bursa transfer musim panas ini.

Sempat dikaitkan dengan sejumlah klub Inggris seperti Wolverhampton Wanderers, bintan Jepang itu kini di ambang kepindahan ke klub Liga Prancis, AS Monaco. Sky Sports bahkan menyebut kedua klub sudah menyepakati biaya kepindahan senilai 18 juta euro.

Takumi Minamino sendiri didatangkan Liverpool pada bursa transfer musim panas 2019, usai tampil gemilang bersama RB Leipzig.

Baca Juga

Namun, selama 3 musim berseragam The Reds, ia lebih banyak berperan sebagai pemain pelapis dan bahkan sempat dipinjamkan ke Southampton pada bursa transfer Januari 2021.

Musim lalu, ia mencatatkan 22 penampilan dengan hanya 9 kali menjadi starter. Meski demikian, kinerjanya sejatinya cukup baik dengan torehan 10 gol. Namun, dengan padatnya lini depan Liverpool meski Sadio Mane, manajemen klub pun memutuskan untuk menguangkan pemain Jepang ini.

 

2. Dua Bek Berpeluang Hengkang

Neco Williams, bek Liverpool.

Neco Williams

Nama lain dari Liverpool yang juga menarik minat klub-klub lain di bursa transfer musim panas ini adalah Neco Williams.

Sang bek kanan menjadi incaran Fulham yang musim lalu meminjamnya dari The Reds. Laporan Daily Mail menyebut The Cottagers bersiap mengajukan tawaran 10 juta pounds untuk memboyongnya.

Baca Juga

Neco Williams sendiri sejatinya merupakan alumni akademi Liverpool. Ia kemudian mendapatkan debut saat menghadapi Arsenal di Piala Liga pada Oktober 2019, sebelum kemudian menjalani debut di Liga Inggris pada Juni 2020.

Berposisi bek kanan, Williams tak banyak kesempatan bermain karena keberadaan Trent Alexander-Arnold yang tak tergantikan. Untuk sekadar menjadi pelapis Alexander-Arnold pun ia kerap kalah bersaing dengan nama lain seperti James Milner.

Kedatangan Calvin Ramsay yang juga berposisi bek kanan pada bursa transfer musim panas ini pun seolah menutup pintu bagi Neco Williams untuk bermain bersama tim utama Liverpool, yang membuatnya makin dekat pindah permanen ke Fulham.

Baca Juga

Nathaniel Phillips

Hanya bermain 1 kali untuk Liverpool pada musim 2019/2020 yang juga menjadi laga debutnya, menit bermain Nathaniel Phillips meningkat pesat pada musim 2020/2021.

Badai cedera di sektor bek tengah yang menimpa Virgil van Dijk, Joe Gomez, dan Joel Matip membuat Nathaniel Phillips menjadi andalan baru Jurgen Klopp dan berhasil mencatatkan 20 penampilan.

Namun, pada musim 2021/2022, ia kembali ditepikan seiring pulihnya ketiga nama di atas dan kedatangan Ibrahima Konate, sehingga hanya tampil 3 kali di paruh pertama musim itu sebelum dipinjamkan ke Bournemouth pada Januari 2022.

Baca Juga

Bersama Bournemouth, ia berhasil menjadi pilihan utama dan tampil 18 kali, serta membawa tim berjuluk The Cherries itu promosi ke kasta tertinggi. Namun, padatnya sektor bek tengah Liverpool membuat ia diyakini akan kembali tak mendapat tempat.

Situasi ini membuat Liverpool tak keberatan melepasnya dan memasang harga 15 juta pounds, dengan Bournemouth menjadi peminat kuat seiring penampilan apik Nathaniel Phillips bersama mereka musim lalu.

LiverpoolBayern MunchenSadio ManeTRIVIATakumi MinaminoNathaniel PhillipsNeco WilliamsOne Football

Berita Terkini