x

Hasil Sidang Komdis PSSI Buntut Tragedi Maut: Persib Tak Bisa Lagi Gunakan Stadion GBLA

Senin, 27 Juni 2022 06:47 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Juni Adi
Pemain Persib dan Bali United berdoa menjelang laga perdana babak penyisihan Grup C Piala Presiden 2022 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Minggu (12-06-22)

INDOSPORT.COM - Persib Bandung dipastikan tidak dapat menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, pada pertandingan turnamen pra musim Piala Presiden 2022.

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, tim kebanggaan Bobotoh tidak dapat bermain di Stadion GBLA, lantaran mendapat sanksi. 

Baca Juga

Keputusan tersebut, tertuang dalam surat komisi disiplin Piala Presiden 2022, buntut dari meninggalnya dua orang Bobotoh pada pertandingan Grup C antara Persebaya Surabaya vs Persib di Stadion GBLA, Jumat (17/06/22).

Teddy menuturkan, awalnya Persib ingin menggunakan kembali Stadion GBLA, untuk persiapan menghadapi babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 yang akan digelar pada akhir pekan depan.

Namun, dengan adanya keputusan dari komisi disiplin Piala Presiden 2022, maka tim kebanggaan Bobotoh tidak bisa menggunakan Stadion GBLA pada pertandingan selanjutnya di Piala Presiden 2022.

Baca Juga

"Kami ingin dapat bermain di stadion GBLA sebagai venue sisa pertandingan Piala Presiden 2022, karena Stadion berstandar internasional tersebut merupakan stadion kebanggaan warga kota Bandung.

"Di mana Persib bisa bermain kembali di kandang sendiri, mengingat Persib merupakan klub sepakbola kebanggaan kota Bandung," kata Teddy Tjahjono, Minggu (26/06/22).

Teddy menambahkan, Stadion GBLA juga disiapkan oleh skuat Maung Bandung untuk dijadikan home base pada saat mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023. 

Baca Juga

Apalagi, tim kebanggaan Bobotoh menurut Teddy sudah sering menggunakan Stadion berkapasitas 38 ribu penonton tersebut sebagai tempat latihan. Sehingga, pemain sudah terbiasa bermain di Stadion GBLA.

"Selain itu, Persib juga merencanakan stadion GBLA sebagai home base untuk pelaksanaan seluruh pertandingan kompetisi Liga 1 tahun 2022/2023 mendatang dan seterusnya," ungkap Teddy.

"Karena Persib secara rutin sudah menggunakan Stadion GBLA tersebut untuk pemusatan latihan sehingga tim sudah sangat mengenal kondisi lapangan dan nyaman untuk bermain di stadion GBLA," ujarnya.


1. Pindah Stadion

Persiapan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, untuk Piala Dunia U-20 2021 sudah 60 persen.

Dengan tidak dapat digunakannya Stadion GBLA, maka untuk persiapan menghadapi babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, manajemen Persib akan mengajukan untuk menggunakan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung sebagai opsi.

Teddy menuturkan, jika Persib mendapatkan izin untuk menggunakan Stadion Si Jalak Harupat, maka laga tersebut dipastikan tidak akan disaksikan langsung oleh supporter.

Baca Juga

Hal itu, sesuai dengan keputusan dari komisi disiplin Piala Presiden 2022.

"Dan kita usulkan di Stadion Si Jalak Harupat, tanpa penonton sesuai dengan sanksi dari Komdis," jelas Teddy.

Sebelumnya, Persib sudah menggunakan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada pertandingan ketiga Grup C Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, Selasa (21/06/21).

Baca Juga

Pada laga ketiga Grup C tersebut, skuat Maung Bandung berhadapan dengan Bhayangkara FC. Selain laga Persib, pertandingan Bali United dan Persebaya Surabaya juga digelar di Stadion Si Jalak Harupat, tanpa penonton.

Sementara itu, pada babak penyisihan Grup C, skuat Maung Bandung berhasil mengoleksi tujuh poin hasil dari dua kemenangan atas Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC serta satu kali imbang dari Bali United.

Baca Juga

Hasil tersebut, membuat tim kebanggaan Bobotoh keluar sebagai juara Grup C dan bakal berhadapan dengan runner-up Grup A pada akhir pekan depan.

Sedangkan runner-up Grup C, ditempati oleh Bhayangkara FC yang dipertandingan terakhirnya harus mengakui keunggulan Persib Bandung dengan skor 1-0.

Meski gagal mengamankan poin pada pertandingan pamungkas Grup C, namun Bhayangkara FC tetap lolos ke babak 8 besar dengan predikat runner-up dan mengoleksi 4 empat poin.


2. Berharap Bisa Hadiri Penonton Lagi

Bobotoh menyaksikan laga perdana Persib di Piala Presiden 2022 menghadapi Bali United, di Stadion GBLA, Kota Bandung, Minggu (12-06-22)

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, berharap timnya bisa kembali bermain di Bandung pada babak 8 besar turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

Pasalnya, sesuai regulasi Piala Presiden 2022, juara grup bakal menjadi tuan rumah babak 8 besar yang akan menggunakan format single match.

Persib diketahui berstatus juara Grup C berbekal koleksi tujuh poin, hasil dari dua kemenangan atas Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC serta sekali imbang dengan Bali United.

Namun, Persib masih menunggu keputusan terkait venue pertandingan babak 8 besar sebagai imbas meninggalnya dua orang Bobotoh di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (17/06/22), saat hendak menyaksikan laga kontra Persebaya. 

Baca selengkapnya: Sedang Diusahakan Petinggi Persib, Bobotoh Bisa Nonton di Stadion Lagi?

Persib BandungBobotohPiala PresidenStadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)Liga IndonesiaKomdis PSSIPiala Presiden 2022

Berita Terkini