x

Piala AFF U-19: Shin Tae-yong Dapat Dukungan Suporter Timnas Indonesia, Iwan Bule Diabaikan

Sabtu, 2 Juli 2022 21:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF, Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mendapat sambutan hangat dari suporter sesaat sebelum masuk ke Stadion Patriot, Bekasi untuk pertandingan perdana Grup A Piala AFF U-19 2022, Sabtu (02/07/22). 

Nama Shin Tae-yong dieluk-elukan suporter saat bus Timnas Indonesia U-19 hendak masuk stadion. Hal ini disinyalir sebagai dukungan ke pelatih 52 tahun itu untuk tetap menangani semua level Timnas Indonesia. 

Baca Juga

Pasalnya, di tangan Shin Tae-yong, catatan skuad Garuda mulai membaik, baik dari ranking FIFA hingga lolos Piala Asia 2023 untuk tim senior. 

Akan tetapi, ada pemandangan berbeda di luar Stadion Patriot, sesaat setelah bus Timnas U-19 masuk. Suporter memberikan sambutan kurang akrab saat Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berjalan masuk di antara kerumunan massa. 

Suporter memberikan siulan dan sambutan bernada sumbang. Imbauan Ketum PSSI melalui toa untuk tetap tenang sebelum masuk stadion pun diabaikan. 

Baca Juga

Akhirnya, Iwan Bule (sapaan Ketum PSSI) pun tidak banyak berbicara dan memilih segera masuk ke stadion. Saat ini, pertandingan Timnas U-19 vs Vietnam tengah berlangsung di babak pertama. Skor pun masih kacamata atau 0-0. 

Para suporter pun mulai memenuhi Stadion Patriot, sesuai kapasitas yang diberikan yakni 75 persen. Hanya tribun barat daya yang dikosongkan. 

Untuk tampil di Piala AFF U-19 2022, Shin Tae-yong memanggil 28 pemain. Hanya dua nama yang dicoret dari 30 pemain yang ikut pemusatan latihan. 

Baca Juga

Baik Shin Tae-yong maupun PSSI menargetkan juara pada Piala AFF U-19 tahun ini. Pasalnya, tim Merah Putih tampil sebagai tuan rumah. 

Ajang Piala AFF U-19 2022 sekaligus pemanasan bagi Timnas U-19 sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. 


1. Suporter Padati Stadion Patriot, Timnas Indonesia U-19 Disambut Nyala Flare

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

Timnas Indonesia U-19 sudah tiba di Stadion Patriot, Bekasi untuk pertandingan Grup A Piala AFF U-19 2022 lawan Vietnam, Sabtu (02/07/22). Kedatangan skuad Garuda Nusantara disambut Ultras Garuda dengan nyala flare. 

Ribuan suporter sudah memadati area sekitar stadion dan sebagian sudah masuk ke dalam. Mereka antusias untuk menyaksikan aksi anak asuh Shin Tae-yong di Piala AFF U-19. 

Baca Juga

Ini adalah pertandingan pertama Timnas yang dimainkan di area Jabodetabek, sehingga para suporter sangat antusias. Ini juga kesempatan perdana kembali ke stadion setelah dua tahun absen karena pandemi.

"Enggak sabar nih lihat Timnas main. Walaupun U-19 tapi ini kan disiapkan untuk Piala Dunia U-20 jadi kita wajib dukung langsung," ujar Ricky salah satu suporter yang sambut bus Timnas Indonesia U-19. 

Timnas Indonesia U-19 saat ini sedang lakukan pemanasan dan suasana stadion mulai meriah dengan nyanyian dan tabuhan drum dari suporter.

Baca Juga

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong langsung menurunkan pemain terbaiknya seperti Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, Subhan Fajri dan lainnya. 

Pada ajang Piala AFF U-19, Indonesia berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Sedangkan Grup B diisi Malaysia, Laos, Timor Leste, Kamboja dan Singapura. 

"Tim sudah siap dan saya antusias. Di laga pertama semoga bisa tiga poin. Memang kekurangan pasti ada, tapi kami perbaiki dan semoga laga pertama kami main dengan baik dan target kami pasti juara," ujar pemain Timnas U-19, Razzaa Fachrezi. 

Baca Juga

Sebelum turun di Piala AFF U-19 2022, Timnas U-19 telah jalani dua kali uji coba. Ronaldo Kwateh dkk, bermain imbang 0-0 kontra tim muda Persija Jakarta dan kalah 0-1 dari Bhayangkara FC. 

Ajang Piala AFF U-19 2022 sekaligus pemanasan bagi Timnas U-19 sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. 


2. Target Besar Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, memiliki target besar selain menjadi juara Piala AFF U-19 untuk Timnas Indonesia U-19, Sabtu (02/07/22).

Shin Tae-yong memang membidik gelar juara untuk Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022.
Namun bagi Shin Tae-yong sejatinya ada target besar lainnya yang ia harapkan dari Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19. Terlebih perhelatan Piala AFF U-19 2022 merupakan turnamen perdana Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia U-19.

Sehingga dia sejatinya ingin mengetahui kemampuan para pemainnya jelang Piala Dunia U-20 2023 mendatang. "Karena ini turnamen U-19 pertama untuk saya, saya ingin melihat level Timnas U-19 seperti apa," ucap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menegaskan sejatinya target besar dia bersama Timnas Indonesia U-19 bukanlah di turnamen ASEAN, melainkan level Piala Dunia nantinya.

Baca Selengkapnya: Bukan Cuma Piala AFF U-19, Terungkap Target Besar Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia U-19

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Piala AFF U-19 2019Berita Timnas Indonesia

Berita Terkini