x

Tampil di Piala AFF U-19, Anak Didik Legenda Chelsea Incar Piala Dunia U-20

Senin, 4 Juli 2022 13:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Muhammad Faiz Maulana, pemain Garuda Select 4. Foto: Instagram@muhammad_faiiss

INDOSPORT.COM - Muhammad Faiz Maulana adalah satu dari 28 nama yang terpilih ikut Piala AFF U-19 2022. Dia merupakan pemain serbabisa dan mumpuni dimainkan sebagai striker, gelandang, maupun winger. 

Faiz menjadikan Piala AFF U-19 tahun ini sebagai batu loncatan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023. Dia ingin menunjukan ke dunia bahwa dirinya mampu membuat bangga negara dan keluarga. 

Baca Juga

"Saya mau tunjukan ke dunia bahwa bisa bawa Indonesia buat persiapan Piala Dunia U-20. Saya akan tunjukkan, bisa ada di sana," ujar Faiz, Minggu (3/7/22). 

Meski belum dimainkan di laga perdana Piala AFF U-19, pemain berusia 18 tahun itu tetap percaya diri. Faiz menyimpan modal besar karena pernah menjajal klub-klub Liga Inggris seperti Arsenal, Manchester City, dan lainnya. 

Baca Juga

Faiz Maulana adalah jebolan Garuda Select 3 dan 4 yang dibawa berlatih di Inggris. Dia ditangani legenda Chelsea, Dennus Wise, dan eks timnas Inggris, Des Walker.

"Pengalaman dan ilmu bagi saya itu guru terbaik. Di Inggris itu melawan Arsenal, Southampton dan lainnya. Banyak pelajaran buat persiapan ke Piala Dunia U-20 nanti," tutur Faiz. 

Baca Juga

"Di Inggris tempo bermainnya sangat cepat, tinggi, agresif dan keras dengan bola, tapi teratur," kenang pemain timnas Indonesia U-19 ini soal pengalaman menimba ilmu di Inggris. 

Di Garuda Select, Faiz Maulana mampu menunjukkan potensi dan kualitas dengan mencetak 17 gol melawan akademi klub-klub Liga Inggris. 


1. Kisah Pilu Faiz Maulana

Pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Sebelum menembus timnas Indonesia U-19, Faiz mengaku punya kisah pilu. Karena bukan berasal dari keluarga mampu, dia harus bekerja sebagai pembersih kuburan selama bulan puasa. 

"Saya dulu dari ekonomi susah. Saya nyapu kuburan saat kelas 4 atau 5 SD.  Bersihin terus kumpulin duit selama sebulan itu. Alhamdulillah dapat Rp700.000," kenangnya. 

Baca Juga

Kini, kesempatan Faiz Maulana untuk bersinar bareng timnas Indonesia U-19 terbuka lebar. Dia bisa mulai bermimpi untuk mentas di Piala Dunia U-20 karena usianya sangat memungkinkan. 

Baca Juga

Selain itu, Piala AFF U-19 2022 juga peluang untuk menarik minat klub-klub Liga Indonesia ataupun luar. Pasalnya, jebolan SSB Bina Taruna itu belum punya klub profesional. 


2. Brunei Calon Korban Empuk Timnas Indonesia

Timnas Brunei Darussalam U-16 berlatih di ATG Sentul, Senin (27/6/22).

Brunei Darussalam bakal menjadi lawan selanjutnya timnas Indonesia dalam lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Senin (4/7/22).

Hanya saja, sepak terjang mereka saat awal berlangsungnya turnamen sepak bola kelompok usia level Asia Tenggara ini tidak terlalu cemerlang.

Pasalnya, Brunei Darussalam jadi salah satu kontestan di Grup A yang paling merana setelah jadwal matchday pertama selesai digelar.

Baca Juga

Bagaimana tidak? Mereka dihajar habis-habisan oleh Myanmar dengan skor horor 7-0 tanpa diberi satu pun kesempatan mencetak gol.

Hasil ini pula yang pada akhirnya melejitkan Myanmar ke puncak klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan 3 poin.

Baca Selengkapnya

InggrisBrunei DarussalamPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Garuda SelectBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaMuhammad Faiz MaulanaOne FootballPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini