x

Timnas Indonesia U-19 Gugur, Shin Tae-yong: Regulasi AFF Jadul, Thailand dan Vietnam Tidak Fairplay

Senin, 11 Juli 2022 05:58 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong memberikan kritikan pedas kepada AFF dan laga Thailand vs Vietnam.

INDOSPORT.COM - Shin Tae-yong kecewa berat atas tidak lolosnya Timnas Indonesia U-19 dari fase Grup A Piala AFF U-19 2022, meski menang besar atas Myanmar dengan skor 5-1.

Terlebih, Shin Tae-yong kecewa atas laga Thailand dan Vietnam yang tidak fair play pada Minggu (10/07/22) malam WIB. Timnas Indonesia U-19 memang meraih kemenangan di laga terakhir grup A Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Ronaldo Kwateh dkk mampu menang 5-1 atas Myanmar. Sayang kemenangan tersebut tidak bisa membawa Timnas Indonesia U-19 lolos ke babak semifinal.

Sebab di laga lainnya, Thailand bermain imbang 1-1 aras Vietnam. Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-19 kalah head to head dengan Thailand dan Vietnam karena sempat bermain tanpa gol saat bersua kedua tim tersebut.

Baca Juga

Menanggapi hasil ini Shin Tae-yong tetap mengapresiasi perjuangan anak asuhnya. Yang dimana mereka berhasil menang 5-1 atas Myanmar.

Baca Juga

"Saya ingin ucapkan terima kasih banyak kepada para pemain yang sudah bekerja keras dan maksimal dan jadikan laga ini tidak disesali hasilnya," ucap Shin Tae-yong selepas laga.

"Jadi, saya ingin ucapkan terima kasih sekali lagi untuk para pemain saya," tambah Shin Tae-yong.


1. Shin Tae-yong Sebut Regulasi AFF Jadul

Para pemain Timnas Indonesia U-19 usai pertandingan melawan Myanmar U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22).

Namun Shin Tae-yong sangat kecewa dengan regulasi yang diterapkan AFF di perhelatan Piala AFF U-19 2022.

Di mana Timnas Indonesia U-19 kalah head to head meski menang produktifitas dol dibandingkan dengan Thailand dan Vietnam.

Baca Juga

Baginya regulasi AFF sangat jadul (jaman dulu) dan sudah tidak digunakan oleh AFC dan FIFA.

"Memang head to head seperti situasi sekarang ini memang sudah hilang kalau regulasi FIFA atau AFC, tetapi sedikit aneh memang masih ada di AFF regulasi ini," keluh Shin Tae-yong.

Baca Juga

Terlebih Shin Tae-yonh juga menyoroti permainan Thailand dan Vietnam jauh dari kata fair play.

Baca Juga

"Memang sebenarnya kita tidak lolos ini tidak masuk akal, dan memang harusnya dari lawan dan pesaing kami juga lakukan laga yang fairplay. Tetapi nyatanya tidak seperti itu," pungkas Shin Tae-yong.


2. Netizen Ngamuk Tuntut PSSI Keluar dari AFF

Suporter Ultras di tribun saat menyalakan flare pada pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 di Piala AFF U-19, Minggu (10/07/22).

Kegagalan Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 seusai membantai Myanmar di laga terakhir Grup A membuat netizen ngamuk.

Mereka bahkan menuntut PSSI agar Timnas Indonesia segera keluar dari AFF.

"@ramadhan_hasibuan19: OUT DARI AFF,"

"@dede_riadi: NEXT GA USAH IKUT AGENDA AFF APALAH ITU. UDAH SERJNG BEGINI.. MENDING IKUT YG RESMI AJA KAYA AGENDA AFC ATAU FIFA,"

"@estu_eko_official: Juara group tapi tidak lolos, karena sistem aturan, kasihan sama semuanya, waktu, uang, perjuangan, dikalahkan dengan sistem aneh aff,"

"@hjgt.867: @mochamadiriawan84 stop ikut AFF," tulis beberapa netizen di kolom komentar Instagram resmi PSSI.

Baca Juga
VietnamThailandMyanmarBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini