x

Nonton Langsung Laga Ansan Greeners, Shin Tae-yong Titip Pesan ke Asnawi Mangkualam

Minggu, 24 Juli 2022 14:21 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menitip pesan kepada Asnawi Mangkualam Bahar, yang baru saja mencetak gol perdana di Ansan Greeners.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menitip pesan kepada Asnawi Mangkualam Bahar, yang baru saja mencetak gol perdana di Ansan Greeners.

Ansan Greeners yang diperkuat Asnawi baru saja meraih kemenangan 3-1 atas Gimpo Citizen pada lanjutan pekan ke-28 K-League 2 atau kasta kedua Liga Korea Selatan, Sabtu (23/07/22).

Baca Juga

Laga ini disaksikan langsung Shin Tae-yong. Shin Tae-yong kebetulan sedang pulang di Korea Selatan setelah mengajukan cuti sebulan dari tugasnya di Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong diketahui menyaksikan laga Ansan Greeners vs Gimpo Citizens ditemani salah satu putranya, Shin Jae-hyuk.

Kedatangan pelatih berusia 51 tahun ini tidak sia-sia. Sebab, dia bisa menyaksikan murid kesayangan mencetak gol bersejarah untuk Ansan Greeners.

Baca Juga

Penggawa Timnas Indonesia itu mencetak gol ketiga buat Ansan. Sebelumnya, Ansan sudah unggul 2-1 berkat dua gol dari Song Jin-kyu dan Geon Joo Choi.

Usai pertandingan tersebut, Shin Tae-yong menemui Asnawi Mangkualaman di balik layar. Tak hanya memberi selamat, STY juga memberi suntikan semangat untuk anak didiknya di Timnas Garuda.

“Pertandingan Ansan vs Gimpo kemarin adalah harinya Ansan dan ditetapkan sebagai harinya Indonesia (Asnawi mencetak gol),” tulis Shin Tae-yong dalam unggahannya di Instagram, Minggu (24/07/22).

Baca Juga

“Pemain (Indonesia) Asnawi sedang terbang tinggi. Kamu sudah bekerja keras Asnawi,” lanjut Shin Tae-yong mengapresiasi kerja keras Asnawi.


1. Gol Perdana Asnawi di Ansan Greeners

Pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam Bersama Ansan Greeners

Menghadapi Gimpo FC yang bertengger di urutan ketujuh serta sempat kalahkan Jeonnam Dragons pekan lalu, pelatih Ansan Greeners memainkan Asnawi Mangkualam sebagai starter.

Bermain dalam formasi 4-3-3, Asnawi Mangkualam akhirnya berada di posisi terbaiknya yakni sebagai wingback sebelah kanan dan bertandem dengan Jun-Hee Lee di sebelah kiri.

Baca Juga

Gol tersebut tercipta selepas Asnawi menerima umpan dari Kim Kyung Jun pada menit ke-88. Dia menyambut bola dan melakukan dribel pendek di sisi kanan sebelum melepas tembakan kaki kiri.

Asnawi sempat dijegal pemain lawan saat menenang bola, namun pada akhirnya bola tetap mampu bersarang di gawang Gimpo Citizens yang dikawal oleh Lee Sang-wok.

Ini merupakan gol perdana Asnawi untuk Ansan Greeners setelah melalui 31 penampilan sejak membela tim asal Korea selatan tersebut sejak Februari 2021 lalu.

Baca Juga

Pada musim ini, Asnawi sudah mencatatkan 15 penampilan di liga bersama klubnya. Asnawi sendiri merupakan satu-satunya bintang bola sepak Indonesia yang melebarkan sayap di Korea Selatan.

Kemenangan atas Gimpo Citizens ini juga mengantarkan Ansan Greeners duduk di tangga ke-9 liga dari 12 tim yang bertanding di kompetisi K-2 League.


2. Asnawi Cetak Sejarah di Korea Selatan

Pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam Bersama Ansan Greeners

Gol untuk Ansan Greeners kemarin membuat Asnawi menorehkan catatan luar biasa yakni menjadi pemain Indonesia pertama yang mampu cetak gol di kompetisi profesional Korea Selatan dan Jepang untuk kasta berapapun.

Legenda timnas Indonesia, Ricky Yacobi, adalah pemain pertama yang bisa dikirim bangsa ini ke elite Asia dengan memperkuat Matsushita di 1988.

Ricky memang bisa bikin satu gol dari enam penampilannya namun kala itu liga Jepang statusnya baru semi-pro. Label profesional baru bisa dipamerkan J.League pada 1992 silam.

Kemudian ada juga Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly yang masih sama-sama aktif merumput hingga kini.

Keduanya pernah berbaju Consadole Sapporo, khusus Irfan ditambah Ventforet Kofu, dan mendapat menit bermain juga namun gol gagal disarangkan.

Baca selengkapnya: Rekor Asnawi Mangkualam Lewat Gol Debut di Ansan Greeners, Ungguli Legenda Timnas Indonesia!

Korea SelatanTimnas IndonesiaBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharBakat Muda IndonesiaPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongAnsan Greeners

Berita Terkini