x

Jelang Man United vs Liverpool, Ten Hag Sindir Kepemimpinan Cristiano Ronaldo

Senin, 22 Agustus 2022 16:00 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Erik ten Hag mengkritik kepemimpinan Cristiano Ronaldo jelang big match Liga Inggris (Premier League) antara Manchester United vs Liverpool. Foto: REUTERS/Stian Lysberg Solum

INDOSPORT.COM – Erik ten Hag mengkritik kepemimpinan Cristiano Ronaldo jelang big match Liga Inggris (Premier League) antara Manchester United vs Liverpool.

Seperti yang diketahui kedua raksasa Liga Inggris tersebut tengah terseok-seok pada awal musim baru 2022/2023 kali ini.

Baca Juga

Manchester United mengawali musim dengan begitu buruk. Pertama, yaitu Setan Merah dipermalukan Brighton & Hove Albion di hadapan pendukung sendiri dengan skor tipis 1-2.

Terbaru, Manchester United secara mengejutkan dibabat Brentford dengan skor 4-0. Hanya saja dua gol Brentford tidak lepas dari blunder fatal David De Gea.

Kini, Bruno Fernandes cs berpeluang menelan pil pahit kekalahan lagi pada laga kontra Liverpool yang bakal dilaksanakan Selasa diri hari nanti.

Baca Juga

Di sisi lain, Liverpool juga tak kalah pesakitannya. Bagaimana tidak? Dalam dua laga pertama, The Reds meraih hasil imbang.

Kendati tidak kalah dalam dua laga tersebut, seandainya skuad asuhan Erik ten Hag menumbangkan Liverpool, Setan Merah secara otomatis bakal berada di atas The Reds.

Apalagi Liverpool saat ini juga diterpa badai cedera. Sebut saja Joel Matip, Ibrahima Konate, Thiago Alcantara, Alex Oxlade Chamberlain, dan Diogo Jota.

Baca Juga

Tak hanya itu saja, Liverpool juga tidak bisa diperkuat oleh Darwin Nunez yang dikartu merah pada laga kontra Crystal Palace sebelumnya.

Kini, menjelang derby bertajuk duel raksasa pesakitan itu, Erik ten Hag ‘mengkritik’ Cristiano Ronaldo mengenai kepemimpinannya.


1. Kepemimpinan CR7 Disindir

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag (kiri), dan Cristiano Ronaldo di laga pramusim kontra Rayo Vallecano (31/07/22). (Foto: Reuters/Ed Sykes)

Menurut The Mirror, Erik Ten Hag telah berbicara dengan pemain inti, termasuk Cristiano Ronaldo, untuk menuntut mereka untuk maju.

Erik ten Hag mengaku kecewa dengan kurangnya kepemimpinan dalam skuad yang baru saja pelatih asal Belanda itu tangani.

Baca Juga

“Ketika sikap tim kurang baik, seringkali pemimpin malah ‘hilang’. Padahal, merekalah yang memberi contoh dan maju ke depan,” jelas Ten Hag jelang laga kontra Liverpool.

“Itu adalah poin yang harus kami kerjakan. Saya selalu bekerja dengan sekelompok pemimpin, bukan satu secara khusus. Saya berbicara dengan para pemimpin tentang masalah ini.”

“Tidak harus pemain senior tetapi kami memiliki skuad inti yang harus menjadi contoh dan bertanggung jawab. Ini juga proses. Kami mengupayakan itu. Kami mulai beberapa minggu yang lalu dan mereka harus tumbuh.”

Baca Juga

Semua orang tahu bahwa Cristiano Ronaldo adalah figur pemimpin yang sangat baik. Hal itu jelas terlihat dari sejumlah sikapnya saat menjadi kapten di Timnas Portugal.

Namun, sejak sang megabintang kebelet cabut dari Old Trafford, ada yang kurang dari sikap kepemimpinannya tersebut.

Salah satunya, yaitu saat dibantai Brentford 4-0, Cristiano Ronaldo kedapatan mencueki Erik ten Hag dan langsung berjalan meninggalkan lapangan tanpa menyalami sang pelatih terlebih dahulu.

Baca Juga

Tak heran apabila sikap pria berusia 37 tahun tersebut akhir-akhir ini dikritik oleh berbagai netizen di media sosial.

Setelah dibantai 4-0, Erik ten Hag langsung menghukum pemainnya dengan latihan tambahan di hari Minggu. Hal ini berarti, para pemain Setan Merah melewatkan jatah liburnya.

Ten Hag memberikan jawaban saat ia ditanyai apakah para pemainnya marah apabila hari liburnya dipotong dengan latihan tambahan.

“Saya harap demikian. Namun, saya berharap semoga mereka marah dengan diri mereka sendiri dan yang lainnya lantaran mereka tidak bertanggung jawab."


2. Salah Tak Sabar Kirim Man United ke Championship

Pemain Manchester United, Fred merayakan gol kedua ke gawang Liverpool di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Selasa (12/07/22).

Mohamed Salah sangat menantikan big match pekan ketiga Liga Inggris (Premier League) 2022/2023 antara Manchester United vs Liverpool yang digelar pada Selasa (23/08/22) mendatang.

Meski kedua tim tidak sedang dalam performa terbaik belakangan ini namun sang winger Mesir tetap merasakan intensitas luar biasa jelang partai bertajuk Northwest Derby ini.

Manchester United dengan kedatangan manajer baru dalam diri Erik ten Hag sebelumnya diprediksi akan menunjukkan progres positif namun sejauh ini justru sebaliknya.

Tidak ada satupun poin yang dapat mereka klaim dari dua pekan pertama Liga Inggris usai kalah dari Brighton and Hove Albion (1-2) dan Brentford (4-0).

Akhirnya Manchester United terjerumus ke dasar klasemen sementara. Sesuatu yang belum pernah mereka rasakan untuk berpuluh-pulih tahun lamanya di pembuka Liga Inggris.

Baca selengkapnya: Liga Inggris: Jelang Manchester United vs Liverpool, Salah Tak Sabar Kirim Setan Merah Degradasi

Manchester UnitedCristiano RonaldoLiverpoolLiga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini