x

Bedah Kualitas 3 Lawan Liverpool di Grup Liga Champions: Bukan 'Cupu', tapi 'Suhu' Semua!

Jumat, 26 Agustus 2022 16:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Liverpool berada di grup yang sama dengan tiga rival lumayan berat di Liga Champions. Foto: Reuters/Peter Cziborra.

INDOSPORT.COM - Membedah kualitas tiga lawan Liverpool di Grup A Liga Champions 2022-2023, yakni Ajax (Belanda), Napoli (Italia), dan Rangers (Skotlandia).

Undian grup Liga Champions 2022-2023 baru saja selesai digelar, menempatkan finalis edisi musim lalu ini di ‘habitat’ yang lumayan berat.

Baca Juga

Liverpool sendiri tampil cukup menggebrak dalam beberapa tahun terakhir, bahkan membuat dua pentolan mereka yakni Jurgen Klopp dan Jordan Henderson panen trofi.

Bahkan, setidaknya dalam lima musim terakhir, mereka sudah menginjakkan kaki di final sebanyak tiga kali.

Yang pertama pada musim 2017-2018, ketika berhadapan dengan Real Madrid di Kyiv, Ukraina. Akan tetapi sayangnya waktu itu mereka kalah dengan cukup dramatis dengan skor 3-1.

Baca Juga

Adalah Karim Benzema dan Gareth Bale yang jadi pembawa mimpi buruk bagi skuad Jurgen Klopp malam itu di NSC Olimpiyskiy Stadium.

Terlepas dari itu, dramatisnya partai final 2017-2018 turut diwarnai insiden yang melibatkan Sergio Ramos dan Mohamed Salah - yang sampai saat ini masih terus diingat orang.

Liverpool pada akhirnya sukses membalas dendam kekalahan mereka musim depan kepada lawan yang berbeda, Tottenham Hotspur.

Baca Juga

Bertanding di Wanda Metropolitano, mereka menekuk Spurs 2-0 lewat gol Mohamed Salah dan Divock Origi.

Yang teranyar, Liverpool lagi-lagi ditekuk Real Madrid kali ini di final Liga Champions 2021-2022 gara-gara gol tunggal Vinicius Junior.


1. 3 Lawan Liverpool yang Diam-diam 'Suhu' di Liga Masing-masing

Liverpool berada di grup yang sama dengan tiga rival lumayan berat di Liga Champions. Foto: Reuters/Peter Cziborra.

Berbekal pengalaman-pengalaman tersebut, tidak heran apabila Liverpool tampil sebagai unggulan di Grup A Liga Champions 2022-2023.

Para suporter pun harus berharap start buruk tim kesayangannya di Liga Inggris musim ini tidak akan berpengaruh buruk bagi perburuan trofi mereka di kancah Eropa.

Baca Juga

Seperti diketahui, Liverpool tengah terseok-seok tanpa satu pun kemenangan di Liga Inggris setelah main imbang kontra Fulham dan Crystal Palace, ditambah kalah dari Manchester United.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa mereka punya nama besar di kancah Eropa - bekal yang cukup lumayan untuk melakoni Liga Champions 2022-2023.

Lalu, bagaimana dengan tiga rivalnya di Grup A? Apakah mereka akan dengan mudah dibantai The Reds seperti enam kemenangan sempurna Jordan Henderson dkk di fase grup musim lalu?

Ternyata, mereka juga 'suhu' alias expert juga di liganya masing-masing. Seperti apa?

Baca Juga

Ajax

Tidak boleh dipandang sebelah mata lantaran statusnya sebagai raksasa Liga Belanda yang sangat ‘rajin’ menggondol gelar juara.

Musim lalu saja, mereka berhasil meraih trofi Eredivisie dua kali beruntun ketika masih ditangani bos tim Manchester United saat ini, Erik ten Hag.

Mereka finis di peringkat teratas klasemen dengan 83 poin, mengangkangi PSV Eindhoven yang betul-betul memepet ketat sebagai runner-up (81).

Baca Juga

Raihan gelar ini pun terbilang sangat impresif bagi Ajax, mengingat mereka bisa memenangkannya empat kali beruntun andaikata musim 2019-2020 tidak dihentikan di tengah jalan akibat pandemi.

Penampilan Ajax besutan Erik ten Hag di Liga Champions pun patut diperhitungkan, ditambah dulu ada sosok Sebatien Haller yang tampil begitu ngegas sebagai mesin pencetak gol.

 

2. Napoli dan Rangers Sedang Berjaya Juga di Liga

Liverpool berada di grup yang sama dengan tiga rival lumayan berat di Liga Champions. Foto: Reuters/Peter Cziborra.

Namun kini situasi sudah berubah. Dua sosok tersebut sudah angkat kaki dari Ajax dan tim untuk saat ini ditangani oleh Alfred Schreuder.

Setelah kepergian Erik ten Hag dan Sebastien Haller, Ajax mungkin masih bisa diperhitungkan di Grup A Liga Champions 2022-2023 berkat kemenangan sempurna mereka di tiga laga awal Liga Belanda.

Baca Juga

Selain itu, Ajax yang sekarang juga memiliki sosok Antony, pemain yang sangat laris manis di bursa transfer dan diminati oleh rival Liverpool di Inggris, Manchester United.

Napoli

Jika Ajax saat ini berhasil memuncaki klasemen sementara Liga Belanda, Napoli juga mencatatkan raihan serupa di Italia.

Partenopei bersaing ketat dengan Inter Milan dan AS Roma yang mengantongi jumlah poin sama dan dua kemenangan sempurna.

Baca Juga

Namun bicara soal sepak terjang di Liga Champions, Napoli tidak memiliki rekam jejak yang terlalu bagus.

Hanya saja, tim yang berbasis di Naples ini bukan sosok asing bagi Liverpool karena pernah satu grup dengan mereka pada musim 2018-2019 dan 2019-2020.

Dari dua kesempatan tersebut, Liverpool cukup kelabakan juga karena mencatatkan dua kekalahan dan satu hasil imbang dari empat laga.

Baca Juga

Rangers

Baru pertama kali berjumpa Rangers di pertandingan kompetitif. Raksasa Skotlandia ini juga bukan lawan yang mudah diremehkan di Grup A Liga Champions 2022-2023.

Mereka bisa menjadi kuda hitam pembawa kejutan bersama pelatih keturunan Indonesia, Giovanni van Bronckhorst. Sama seperti Ajax dan Napoli, Ajax pun juga bercokol di papan atas klasemen Liga Skotlandia.

LiverpoolLiga ChampionsNapoliAjax AmsterdamGlasgow RangersBerita Liga Champions EropaOne Football

Berita Terkini