x

Piala Dunia 2022: Timnas Iran Punya Calon Bintang Berlabel Mohamed Salah dan Lionel Messi!

Sabtu, 10 September 2022 17:39 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jelang Piala Dunia 2022 Qatar, Timnas Iran kabarnya memiliki pemain berlabel Mohamed Salah dan Lionel Messi. Foto: Reuters/Peter Cziborra.

INDOSPORT.COM - Mengintip sekilas kekuatan Timnas Iran jelang Piala Dunia 2022 Qatar, kabarnya mereka punya pemain berlabel Mohamed Salah dan Lionel Messi.

Hajatan akbar Piala Dunia akan digelar kembali. Sedikit berbeda, event kali ini bakal dilaksanakan di Qatar yang lekat dengan nuansa Timur Tengah.

Baca Juga

Sayangnya, Timnas Italia yang berstatus kampiun Euro 2020 lalu tidak akan berpartisipasi usai gagal mengantongi tiket ke putaran utama.

Sebanyak 32 tim sudah dibagi menjadi 8 grup yang siap bersaing memperebutkan tempat di fase gugur. Qatar sebagai tuan rumah berada di Grup A bersama Ekuador, Senegal, dan Belanda.

Sementara itu, Iran berada di Grup B bersama Inggris, Amerika Serikat, dan Wales. The Three Lions yang digawangi Harry Kane dkk tentu jadi tim yang bakal diunggulkan di sini.

Baca Juga

Terakhir kali, mereka berhasil menginjakkan kaki di final Euro 2020 tahun lalu namun sayang kalah di tangan Italia.

Jika berbicara tentang profil kontestan Grup B Piala Dunia 2022 Qatar, Iran mungkin tim yang paling jarang didengar sepak terjangnya di level internasional.

Bukan karena tidak berkualitas atau tidak bereputasi, namun lebih tentang Timnas Inggris, Amerika Serikat, dan Wales yang namanya lebih sering didengar oleh orang awam.

Baca Juga

Namun jika harus ‘mengubek-ubek’ apa saja yang ada di tubuh Timnas Iran, ternyata ada pemain yang berlabel Mohamed Salah dan Lionel Messi!

Siapakah dua pemain tersebut dan bakal seperti apa kira-kira sepak terjangnya di Piala Dunia 2022 Qatar kelak? Berikut ulasannya.


1. Mohamed Salah Versi Timnas Iran

Jelang Piala Dunia 2022 Qatar, Timnas Iran kabarnya memiliki pemain berlabel Mohamed Salah dan Lionel Messi. Foto: Reuters/Peter Cziborra.

Allahyar Sayyadmanesh

Penyerang muda Timnas Iran yang masih berusia 21 tahun. Saat ini, ia tercatat sebagai pemain klub Liga Inggris, Hull City.

Sebelum merantau ke Eropa, pemain yang satu ini mengawali karier profesionalnya bersama klub Iran, Esteghlal pada 2018.

Baca Juga

Setelah itu ia pun merapat ke Fenerbahce pada 2019 dengan kesepakatan kontrak berdurasi lima tahun.

Akan tetapi, sepak terjangnya bersama klub Turki tersebut ternyata tidak impresif hingga membuat dirinya dipinjamkan ke sejumlah klub seperti Istanbulspor dan  Zorya Luhansk.

Terakhir, Hull City yang juga meminjamnya awal tahun ini mempermanenkan Allahyar Sayyadmanesh pada bulan Juli lalu.

Baca Juga

Di Hull City inilah, ia pun digadang-gadang bisa jadi pemain hebat seperti Mohamed Salah yang kini sukses di Liverpool. Klaim tersebut diungkapkan oleh bos klub, Acun Ilicali.

“Allahyar seperti sepotong perhiasan saya. Dia sangat berbakat dan sedang berkembang,” kata Acun Ilicali kepada Hull Live.

“Saya rasa dia bisa jadi Mohammed Salah yang baru. Saya tidak mengatakan dia seperti itu sekarang, tetapi dia bisa menjadi seperti itu nanti, di masa depan,” tambahnya lagi.

Baca Juga

Bukan hanya itu, Acun Ilicari juga mendeskripsikan Allahyar Sayyadmanesh sebagai pemain yang mencolok di lapangan karena berlari dengan cepat.

Apakah harapan bos Hull City tersebut, yang meyakini Allahyar Sayyadmanesh bisa menjadi the next Mohamed Salah akan jadi kenyataan. Mungkin di Piala Dunia 202 Qatar nanti?

 

2. Lionel Messi Versi Timnas Iran

Lionel Messi saat berseragam Timnas Argentina. Foto: REUTERS-Peter Cziborra.

Sardar Azmoun

Selain Mohamed Salah, Timnas Iran juga punya pemain berlabel Lionel Messi yakni Sardar Azmoun, yang saat ini membela klub Liga Jerman, Bayer Leverkusen.

Mengawali karier profesionalnya di Rusia, penyerang berusia 27 tahun ini baru merapat ke skuad Die Werkself pada Januari 2022 dari Zenit.

Baca Juga

Ia adalah salah satu hal yang membuat para kontestan Grup B Piala Dunia 2022 Qatar wajib hati-hati terhadap Timnas Iran.

Pasalnya, Sardar Azmoun merupakan predator sejati di kotak penalti lawan. Kekuatan terbesarnya adalah penyelesaian akhir yang apik.

Selain itu, kemampuan bola udaranya juga sangat baik. Ia pun tidak jarang melakukan dribel-dribel kunci serta membantu mengirimkan umpan-umpan terukur bagi rekan-rekannya.

Baca Juga

Sardar Azmoun pun sempat mendapat julukan Lionel Messi Iran dari publik, yang menambah banyak versi La Pulga dari seluruh penjuru dunia. Indonesia saja memiliki Egy Maulana Vikri.

Namun nampaknya Sardar Azmoun harus membuktikan julukan itu layak ia sandang, dengan tampil apik di Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

Terlebih lagi, secara statisik ia menunjukkan angka yang kurang memuaskan sejak bergabung dengan Bayer Leverkusen.

Baca Juga

Laman HITC mencatat, ia hanya mencetak satu gol dari 18 pertandingan yang sudah ia lalui bersama klub Liga Jerman tersebut.

Hanya saja dengan ketajaman dan dan keunggulannya di udara, bukan tidak mungkin Sardar Azmoun bakal membuat repot para lawan Timnas Iran di Piala Dunia 2022.

IranLionel MessiPiala DuniaMohamed SalahPiala Dunia 2022Bola InternasionalOne Football

Berita Terkini