x

Piala Dunia 2022: Inggris Auto Puyeng! Gelandang Kesayangan Gareth Southgate Naik Meja Operasi

Minggu, 18 September 2022 15:00 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, auto pusing lantaran gelandang ‘kesayangannya', Kalvin Phillips, bakal naik meja operasi. REUTERS-Hannah Mckay

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, auto pusing lantaran gelandang ‘kesayangannya', Kalvin Phillips, bakal naik meja operasi.

Dilansir dari Team Talk, Kalvin Phillips sekarang diragukan tampil di Piala Dunia setelah terungkap bahwa gelandang Manchester City itu mungkin memerlukan operasi pada masalah bahu.

Baca Juga

Kendati kurang waktu bermain sejak diboyong Manchester City, Gareth Southgate tetap memanggil pria 26 tahun itu jelang dua laga Nations League ke depan kontra Italia dan Jerman.

Dengan waktu bermain yang terbilang sangat sedikit sekitar 13 menit dari seluruh laga yang sudah dihelat, dipanggilnya Phillips ke skuad The Three Lions bisa dibilang sebagai formalitas belaka.

Keputusan Southgate memanggilnya tampaknya tidak lepas dari pengaruh eks pemain Leeds United tersebut yang membawa Inggris sampai ke final Euro 2020.

Baca Juga

Pria berusia 26 tahun itu dahulunya telah diberi kesempatan untuk menunjukkan bahwa dia siap beraksi. Namun, Phillips tidak akan ambil bagian dalam jeda internasional mendatang.

Perincian periode pemulihan Phillips masih samar, tetapi ia harus berpacu dengan waktu agar fit untuk Piala Dunia 2022 di Qatar yang mana Inggris bakal menghadapi Iran dalam pertandingan pembuka.

Duet Phillips dengan Declan Rice di lini tengah menopang kesuksesan Inggris pada tahun 2021. Dia jelas merupakan salah satu favorit Southgate meskipun sang pemain lebih sering diparkir oleh Pep Guardiola di Manchester City.

Baca Juga

Southgate kini harus memikirkan opsi lain di lini tengah mengingat Phillips sudah tidak dibawa Man City saat mengalahkan Wolves 3-0 karena dikabarkan bakal menjalani operasi pada bahunya.

Operasi harus segera dijalankan sebab ia tampaknya sudah tidak tahan dengan kondisi bahu yang terus mengganggunya itu. Semua orang pastinya berharap bahwa ia bisa segera merumput kembali dan bisa membela Inggris di Piala Dunia 2022 mendatang.


1. Ivan Toney Dipanggil Southgate

Ivan Toney, striker Brentford. Foto: REUTERS/Hannah Mckay

Di sisi lain, Gareth Southgate mememanggil Ivan Toney ke Timnas Inggris untuk laga Nations League mendatang melawan Italia dan Jerman.

Alasan Gareth Southgate memanggil Ivan Toney tampaknya tidak lepas dari torehan gol sang pemain yang sudah mengoleksi lima gol dari enam pertandingan.

Baca Juga

Tentunya, penampilan pemain 26 tahun itu yang cenderung moncer membuat Gareth Southgate akan kesulitan menentukan penyerang timnas Inggris yang akan dibawa ke Piala Dunia 2022 di Qatar nanti.

Bahkan, sang pemain sempat dikait-kaitkan dengan dua raksasa Liga Inggris, Manchester United dan Arsenal, pada bursa transfer musim panas 2022 lalu.

Namun, dilansir dari Metro, mantan bintang Watford bernama Troy Deeney berujar bahwa Ivan Toney akan lebih pas jika membela Chelsea.

Baca Juga

“Bocah ini mampu membuktikan dalam beberapa waktu belakangan apa yang dia lakukan membawanya ke tingkat selanjutnya,” ujar Deeney.

“Saya ingat bahwa Ivan Toney sempat dihubungkan dengan Arsenal dan Manchester United sebelumnya dan dia mampu menunjukkan beberapa sinar di sini.”

“Bahkan Ivan Toney akan pas untuk Manchester United yang butuh penyerang baru seperti Arsenal yang akhirnya berjodoh dengan Gabriel Jesus.”

Baca Juga

“Jika tahun ini Ivan Toney bisa menunjukkan kemampuannya, bahkan Chelsea akan mengincarnya untuk dijadikan pemain baru,” kata Deeney.

Tentu menarik untuk menanti kiprahnya, terutama saat Inggris bakal bentrok dengan Italia dan Jerman yang mana pastinya ia bakal diberi kesempatan oleh Southgate untuk unjuk gigi.

Walau dibilang cukup mumpuni, Southgate tampaknya tetap mengutamakan striker senior, Harry Kane, untuk menjadi starter pada Piala Dunia mendatang. Terlebih lagi, bintang Tottenham Hotspur itu juga menjabat sebagai kapten tim.


2. Ekuador Tetap Berlaga di Piala Dunia 2022

Neymar mencoba keluar dari hadangan lawan di laga Brasil vs Chile (25/03/22). (Foto: REUTERS/Ricardo Moraes)

Di sisi lain, mimpi Chile ke Piala Dunia Qatar 2022 telah resmi pupus, setelah banding yang mereka lakukan ditolak oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Banding tersebut terkait dengan Byron Castillo, yang dianggap oleh Chile sebenarnya memiliki kewarganegaraan Kolombia, dan bukan Ekuador.

Namun, Chile harus menerima dengan lapang dada, setelah tuntutan tersebut resmi ditepis oleh FIFA. Serta, menganggap bahwa Bryan Castillo memiliki syarat yang sah untuk membela Ekuador.

Melansir dari Aljazeera, FIFA resmi mengatakan bahwa Bryan Castillo meruapakan pemain yang berkewarganegaraan Ekuador, dan memiliki dokumen yang sesuai.

“FIFA menganggap bahwa berdasarkan dokumen yang disajikan, pemain itu (Bryan Castillo) dianggap memiliki kewarganegaraan Ekuador permanen sesuai dengan undang-undang hukum sepak bola,” ungkap undang-undang FIFA jelang Piala Dunia 2022.

Baca selengkapnya: Banding Ditolak, Mimpi Chile ke Piala Dunia 2022 Resmi Pupus

Piala Dunia 2022Gareth SouthgateTimnas InggrisBola InternasionalKalvin Phillips

Berita Terkini