x

9 Permintaan Lionel Messi ke Barcelona Bocor, dari Jet Pribadi hingga Suarez

Rabu, 21 September 2022 19:25 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Lionel Messi, Luis Suarez dan Gerard Pique rayakan gol kemenangan

INDOSPORT.COM - Daftar permintaan Lionel Messi ke Barcelona supaya ia mengurungkan niat untuk hengkang pada 2020 lalu bocor.

Ia nyaris pergi di 2020 setelah kedua belah pihak gagal menemui kata sepakat. Messi pun tak menandatangani perpanjangan kontrak dan akhirnya hengkang dari Barcelona setahun kemudian.

Baca Juga

Pesepak bola 35 tahun itu akhirnya merapat ke Paris Saint-Germain (PSG) dan meneken kontrak selama dua tahun.

Dalam proses negosiasi dengan Barcelona, Messi rupanya membuat daftar permintaan, di antaranya adalah pesawat jet pribadi dan permintaan spesial untuk sahabatnya, Luis Suarez.

Detail dari permintaan Messi tersebut dibocorkan oleh media Spanyol, El Mundo, yang mendapatkan sejumlah email antara ayah sekaligus agen Messi yakni Jorge Mendes, sang pengacara, dan mantan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu dan mantan CEO Oscar Grau.

Baca Juga

Seluruh permintaan Messi dikabulkan oleh klub, kecuali dua hal. Salah satunya, klub menolak untuk menghapus klausa pelepasan Messi yang senilai 613 juta poundsterling.

Sebagai gantinya, sang pemain ingin mendapatkan pembebasan simbolis sekitar 8.750 poundsterling jika dia ingin meninggalkan klub kapan saja – sebuah kenyataan yang terjadi beberapa bulan kemudian.

Baca Juga

Berikut sembilan permintaan spesial Lionel Messi kepada Barcelona.

Perpanjangan Kontrak 3 Tahun

Sebagian besar klub cenderung menawarkan pemain di atas 30 tahun perpanjangan satu tahun karena penurunannya bisa sangat besar. Lionel Messi saat itu berusia 33 tahun dan ingin berkomitmen jangka panjang.


1. 2 Permintaan Messi Ditolak

Selebrasi Lionel Messi usai membawa Barcelona mengalahkan Real Madrid di semifinal Liga Champions,. 27 April 2011.

Boks Pribadi

Messi dan Luis Suarez sudah menjadi kawan dekat sejak Suarez bergabung ke Barcelona pada 2014. Messi pun meminta tempat khusus di Camp Nou untuk keluarganya menonton. Ia lalu juga meminta boks terpisah untuk keluarga Suarez yang bisa dipakai kapan saja.

Baca Juga

Bonus Pembaruan Kontrak

Ini adalah salah satu syarat yang tak bisa dikabulkan oleh Barcelona. Kesulitan finansial membuat klub tak bisa membayar Messi yang meminta 10 juta euro atau sekitar 148 miliar rupiah.

Penghapusan Klausa

Messi senang berkomitmen tetapi menginginkan fleksibilitas dalam kontraknya. Dia ingin klausul pelepasannya diturunkan dari 700 juta euro dikurangi menjadi hanya 10.000 euro. 

Baca Juga

Itu berarti dia bisa pindah kapanpun dan di manapun dia mau. Namun permintaan ini juga ditolak.

Nasib Asisten Pribadi Messi

Pemain Argentina tersebut memiliki asisten pribadi yang bernama Pepe Costa. Ia digaji oleh klub, tapi nasibnya sempat menggantung selama pandemi. Messi pun bersikeras supaya klub mempertahankan Pepe Costa.

Pesawat Pribadi

Juara Ballon d’Or tujuh kali itu menginginkan sebuah pesawat jet pribadi yang bisa ia gunakan untuk menerbangkan dirinya dan keluarga kembali ke Argentina untuk liburan.

Kenaikan Gaji

Messi ingin gaji bersihnya tetap sama jika pemerintah Spanyol memilih untuk menaikkan pajak.

Pelunasan Gaji yang Dipotong

Setiap pemain Barcelona menerima pemotongan gaji selama pandemi Covid-19 pada tahun 2020. Frenkie de Jong tahu semua tentang itu. Messi ada di antara mereka dan menginginkan gaji penuhnya kembali ditambah bunga tiga persen.

Baca Juga

Komisi untuk Saudaranya

Permintaan Messi yang terakhir adalah komisi untuk sang saudara, Rodrigo Messi. Barcelona setuju karena Rodrigo mewakili pemain muda potensial saat itu, Ansu Fati.


2. Neymar dan Messi Bakal Ditendang dari PSG dengan Satu Syarat

Aksi Lionel Messi di laga Piala Super Prancis 2022 antara PSG vs FC Nantes (01/08/22). (Foto: REUTERS/Ronen Zvulun)

Dua bintang yakni Neymar dan Lionel Messi tampaknya tidak akan bertahan lama di klub raksasa Liga Prancis (Ligue 1), Paris Saint-Germain (PSG).

Saat ini, Neymar dan Lionel Messi serta Kylian Mbappe tengah dalam performa terbaiknya bersama PSG. Bagaimana tidak, PSG belum terkalahkan di segala ajang musim ini, entah itu di Liga Prancis maupun di kompetisi Liga Champions.

Kehebatan PSG ini tak lepas dari trio Messi, Neymar dan Mbappe tersebut, yang berhasil menyumbangkan gol maupun assist.

Berkat ketiga pemain andalannya, Les Parisien total telah mencetak 27 gol dari 10 pernampilan yang dilakoni trio Messi, Neymar dan Mbappe tersebut di awal musim 2022/23 ini.

ak hanya gol, kombinasi ketiganya bahkan telah menciptakan 16 assist. Jika ditotal, ketiganya telah memberikan kontribusi 43 gol dari 10 pertandingan.

Baca selengkapnya
BarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolLuis SuarezLiga SpanyolBerita Liga Spanyol

Berita Terkini