x

Armel Bella-Kotchap, Tembok Kuat Timnas Jerman Calon Penerus Virgil van Dijk di Liverpool

Kamis, 22 September 2022 21:20 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Timnas Jerman, Armel Bella-Kotchap, saat latihan. Foto: REUTERS/Heiko Becker.

INDOSPORT.COM - Armel Bella-Kotchap, pemain muda Timnas Jerman milik Southampton yang bisa jadi penerus Virgil van Dijk di klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

Saat ini, bek berusia 20 tahun tersebut masih tercatat sebagai anggota Timnas Jerman U-21 yang baru saja dipanggil ke tim senior.

Baca Juga

Sepanjang kariernya, ia telah mewakili Jerman di level U-18, U-20, dan U-21. Sekarang ia berpeluang besar meraih hati Hansi Flick dengan tampil gemilang di Piala Dunia 2022.

Keputusan yang diambil Hansi Flick untuk memanggil Armel Bella-Kotchap tentu bukan tanpa alasan. Kepada Bild, ia mengungkap kesan mendalam terhadap bintang Southampton tersebut.

“Kami menginginkannya. Dia berkembang sangat pesat di Southampton dan menjaga pertahanan dengan baik di Liga Inggris,” terangnya.

Baca Juga

Hanya saja, melangkahkan kaki di tim senior hanya awal yang penuh tantangan bagi seorang Armel Bella-Kotchap.

Pasalnya, ia harus bersaing dengan sejumlah pemain seperti Niklas Sule, Matthias Ginter, Thilo Kehrer, Nico Schlotterbeck, dan Antonio Rudiger.

Mengomentari pemanggilannya ke Timnas Jerman senior, Armel Bella-Kotchap mengaku kaget dan sangat tidak menyangka.

Baca Juga

“Pelatih berkata saya tampil baik dalam beberapa waktu terakhir. Itulah alasan ia menominasikan saya,” ucap bek asal Prancis tersebut seperti diwartakan Daily Echo.

Armel Bella-Kotchap pun berterima kasih kepada Southampton yang telah banyak membantunya di klub.


1. Dikaitkan dengan Liverpool

Pemain Timnas Jerman, Armel Bella-Kotchap, saat latihan. Foto: REUTERS/Heiko Becker.

Penampilan yang gemilang bersama Southampton di Liga Inggris ternyata tidak hanya berbuah manis bagi Armel Bella-Kotchap di Timnas Jerman.

Belakangan, ia bahkan dikaitkan dengan Liverpool, yang saat ini masih memiliki tembok kuat di sektor pertahanan mereka, Virgil van Dijk.

Baca Juga

Menurut laporan Fichajes via Sport Witness, Liverpool adalah satu dari tiga klub top Eropa yang ingin memboyong Armel Bella-Kotchap ke skuad mereka.

Ketertarikan terhadap bek yang satu ini memang bukan muncul begitu saja tanpa alasan. Tidak kalah dari Virgil van Dijk, ia juga menunjukkan kualitas apik sebagai pagar besi timnya di lini pertahanan.

Hal tersebut pun diakui pelatihnya di Southampton, Ralph Hasenhuttl. Pujian pun terlontar dari mulut pelatih asal Austria ini.

Baca Juga

Ia meyakini, bek seperti Armel Bella-Kotchap memiliki fisik yang mumpuni untuk bermain di kompetisi keras seperti Liga Inggris.

“Saat Anda melihat kualitas fisiknya, memang sempurna untuk Liga Inggris,” ucap Ralph Hasenhuttl seperti diwartakan Football365.

“Saya lebih mempertanyakan apakah dia sudah punya pola pikir yang benar [dalam bermain]. Namun nampaknya Liga Inggris sangat menarik baginya dan dia sepenuhnya fokus,” tambahnya lagi.

Baca Juga

Kualitas Armel Bella-Kotchap inilah yang kabarnya membuat Liverpool dan Jurgen Klopp kesengsem dan ingin membawanya ke Anfield.

Laporan dari Football365 juga menyebut, Jurgen Klopp melihat bek tengah kelahiran Prancis tersebut sebagai calon pengganti Virgil van Dijk di masa depan.

 

2. Tentang Armel Bella-Kotchap

Pemain Timnas Jerman, Armel Bella-Kotchap, saat latihan. Foto: REUTERS/Heiko Becker.

Armel Bella-Kotchap lahir di Paris, Prancis, pada 11 Desember 2001. Sebelum mendarat di Liga Inggris, ia sempat menimba ilmu di beberapa tempat saat berusia remaja.

Ia belajar di akademi Rot Weis Ahlen, SC Grimlinghausen, Borussia Monchengladbach, SG Unterrath, dan MSV Duisburg sebelum bergabung dengan tim muda VFL Bochum pada 2017.

Baca Juga

Tahun berikutnya, ia pun menandatangani kontrak profesional dengan tim Jerman itu dan melakukan debut profesional pada 2019.

Tidak butuh waktu lama, ia berhasil menggondol satu tempat di starting line up dan menunjukkan penampilan impresif bersama VfL Bochum.

Selesai dari VfL Bochum, Armel Bella-Kotchap kemudian menandatangani kontrak dengan The Saints awal musim ini dan sejak itu telah menjadi bagian penting di skuad Ralph Hasenhuttl.

Baca Juga

Bukan hanya itu, ia selalu jadi andalan pelatih di setiap pertandingan Southampton dan menasbihkan diri sebagai salah satu talenta paling cemerlang di Liga Inggris.

Kini, Armel Bella-Kotchap tentu berharap bisa berbuat banyak bagi Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 November nanti.

Armel Bella-Kotchap memulai karier internasional bersama Timnas Jerman U-18, melakukan debutnya pada 15 November 2018.

Baca Juga

Kini hampir empat tahun berselang, pemain bertinggi badan 190 cm tersebut berhasil mencatatkan nama di skuad Timnas Jerman untuk Piala Dunia 2022.

Lantas, apakah suatu hari nanti ia akan berseragam Liverpool dan menjadi penerus Virgil van Dijk?

LiverpoolJermanSouthamptonVirgil van DijkOne Football

Berita Terkini