x

Siapa yang Terbaik, Haaland atau Mbappe? Ini Jawaban 2 Legenda Man United

Jumat, 23 September 2022 17:02 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pemain Prancis Kylian Mbappe beraksi dengan Luka Modric dari Kroasia REUTERS-Gonzalo Fuentes

INDOSPORT.COM - Dua mantan bintang Manchester United, Gary Neville dan Paul Scholes, berbicara mengenai siapa yang terbaik antara Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Sebagaimana diketahui, status megabintang sepak bola masih disematkan kepada Lionel Messi dari Paris Saint-Germain, dan Cristiano Ronaldo dari MU.

Baca Juga

Keduanya telah mendominasi berbagai rekor dan prestasi, baik di liga lokal maupun tingkat Eropa. Tak hanya di klub, tetapi juga untuk negaranya masing-masing.

Kini, Messi dan Ronaldo semakin menua. Performanya tentu menurun jika dibandingkan dengan masa keemasannya beberapa tahun lalu.

Akan selalu ada regenerasi di sepak bola, termasuk dengan munculnya wonderkid-wonderkid baru, termasuk Haaland dan Mbappe.

Baca Juga

Kedua pemain muda ini digadang-gadang akan menggantikan sosok Messi dan Ronaldo di masa depan.

Berbicara soal keduanya, Neville dan Scholes punya pandangan berbeda. Neville memilih Haaland dan Scholes memilih Mbappe.

"Saya pikir Haaland akan lebih banyak mencetak gol daripada Mbappe," kata Neville di Overlap Xtra.

Baca Juga

Pernyataan tersebut mulai terkabul, di mana Haaland saat ini menjadi topskorer di Liga Inggris 2022-2023 dengan 11 gol dan satu assist dari tujuh laga.

Jika ditambah dengan di Liga Champions 2022-2023, Haaland sudah mencetak total 14 gol dan satu assist dari 10 penampilannya di seluruh ajang musim ini.


1. Mbappe Lebih Fleksibel?

Erling Haaland pasca mencetak Hattrick di laga Manchester City vs Nottingham Forest (01/09/22). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

Belum lagi, striker asal Norwegia ini juga sudah lebih dulu membuktikan kualitasnya masih berseragam Borussia Dortmund.

Di musim 2019-2020, Haaland sanggup menorehkan 44 gol dan 10 assists dari 40 pertandingan di seluruh ajang. 

Baca Juga

Angka tersebut tidak banyak berubah di musim berikutnya di mana ia mencetak 41 gol dan 12 assists dari 41 penampilannya di semua kompetisi.

Rekor ini terus berlanjut di musim 2021-2022 saat striker 22 tahun ini meraih 29 gol dan delapan assists dari 30 pertandingan di semua kompetisi.

Sekarang, bandingkan dengan torehan yang dimiliki Mbappe. Menurut Scholes, penyerang asal Prancis ini lebih fleksibel ketimbang Haaland.

Baca Juga

"Dia bukan hanya seorang penyerang. Dia bisa melebar, menggiring bola, dia cepat, dan bisa bermain satu-dua. Haaland memang luar biasa, tetapi dia (Mbappe) juga seorang pencetak gol handal," ujar Scholes.

Berdasarkan statistik, Mbappe saat ini sudah mencetak 10 gol dari sembilan pertandingan bersama PSG di seluruh ajang musim ini.

Musim terbaiknya adalah pada 2020-2021, di mana pemain 23 tahun ini telah mengantungi 42 gol dan 11 assists dari 47 pertandingan.

Tak hanya itu, Mbappe juga sukses membawa Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia. Kala itu, Prancis menang 4-2 atas Kroasia di partai final.

Meski begitu, Mbappe tidak tinggi hati. Ia tetap memilih Karim Benzema, striker Real Madrid, sebagai pemenang Ballon d'Or 2022.

Baca Juga

"Tiga teratas? Saya akan mengatakan Benzema, saya sendiri, dan (Sadio) Mane. Tahun ini adalah kesuksesan Benzema," ucap Mbappe kepada L'Equipe.

"Jika saya adalah Karim dan tidak memenangi Ballon d'Or tahun ini, saya akan berhenti memikirkan trofi itu selamanya,"

"Saya pun ingin memenangi itu juga, tetapi mungkin ada banyak orang yang tidak berani mengakuinya. Hal ini memang sangat sulit (untuk mewujudkannya)."


2. Mbappe Kirim Pesan Menohok ke Pelatih PSG

Aksi Kylian Mbappe di laga UEFA Nations League antara Prancis vs Austria REUTERS/Christian Hartmann

Setelah kemenangan yang didapatkan Prancis dalam Grup A1 UEFA Nations League 2022/23, Kylian Mbappe merasa jemawa, dan sebut pelatihnya di klub tak mengenalnya.

Dalam pertandingan putaran kelima Grup A1 UEFA Nations League, Timnas Prancis mampu menang atas Austria, dengan skor 2-0.

Sementara, Kylian Mbappe mampu membawa Prancis menang, karena menyumbangkan satu gol untuk Prancis, disusul oleh torehan dari Olivier Giroud.

Atas catatan tersebut, Kylian Mbappe membandingkan peran yang dilakukan olehnya bersam Timnas Prancis dan Paris Saint Germain.

Melansir Get Football France News, menurut Mbappe, dirinya bisa bermain lebih leluasa saat membela negaranya, ketimbang kala melakoni laga bersama PSG.

Baca selengkapnya
Gary NevillePaul ScholesBola InternasionalKylian MbappeErling Braut Haaland

Berita Terkini