x

Performa Timnas Inggris Belum Membaik, Masa Depan Gareth Southgate Dipertanyakan

Senin, 26 September 2022 13:56 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Performa Tim Nasional Inggris belum juga membaik. Masa depan Gareth Southgate sebagai pelatih pun dipertanyakan.

INDOSPORT.COM - Performa Tim Nasional Inggris belum juga membaik. Masa depan Gareth Southgate sebagai pelatih pun dipertanyakan.

Pada Sabtu (24/09/22) kemarin, Timnas Inggris baru saja menelan kekalahan menyakitkan. Mereka kalah 0-1 dari Italia.

Baca Juga

Laga yang digelar di San Siro, Milan, Italia ini merupakan laga kelima Grup C di Nations League 2022.

Kekalahan ini tak hanya membuat Inggris semakin terpuruk di klasemen keempat Grup C, tetapi juga membuat mereka terdegradasi ke Nations League B.

Belum lagi, The Three Lions masih harus berhadapan dengan lawan kuat lainnya, yakni Jerman, pada Senin pekan depan.

Baca Juga

Dari lima laga yang dilakoninya, Inggris sama sekali belum pernah menang. Mereka hanya mencatatkan dua imbang dan tiga kekalahan.

Melihat hasil negatif ini, masa depan Southgate pun dipertanyakan. Apakah dirinya masih layak untuk menjadi pelatih atau tidak.

Baca Juga

Southgate rupanya sadar bahwa posisinya mulai terancam. Namun, dia tetap percaya diri dan berniat untuk bangkit.

"Saya tidak bodoh. Satu-satunya fokus saya saat ini adalah untuk mendapatkan hasil yang tepat untuk besok," katanya, dikutip dari Express.


1. Masih Terancam meski Ada Kontrak

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

Pelatih 52 tahun ini juga telah memperpanjang kontraknya pada November 2021 kemarin dan kini jabatannya akan berakhir pada Desember 2024 nanti.

"Kontrak tidak relevan di dalam sepak bola karena manajer memiliki kontrak tiga, empat, hingga lima tahun dan Anda menerima bahwa hasilnya kurang memuaskan," ucap Southgate.

Baca Juga

"Mengapa saya menjadi berbeda? Saya tidak cukup arogan dengan berpikir bahwa kontrak saya akan melindungi saya dengan cara apapun."

Southgate pun ingin membawa negaranya bangkit dan tampil prima sebelum akhirnya bermain di Piala Dunia 2022 di Qatar pada November mendatang.

"Saya benar-benar menghargai itu. Tetapi, saya tentu saja kami memahami bagaimana suasana hati berubah dengan hasil," ujarnya.

Baca Juga

"Saya realistis tentang itu. Sejarah adalah sejarah dan Anda akan dinilai dengan cara itu. Pertandingan berikutnya akan sangat penting."

Untuk membawa Inggris bangkit, Southgate berharap pihaknya mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan fans Inggris.

"Alasan kami bisa sukses adalah kebersamaan. Kami tidak bisa sukses jika fans justru melawan kami, atau media tidak merasa hangat dengan kami," tuturnya.

Baca Juga

"Memang lebih sulit melawan oposisi. Hanya kami yang bisa memperbaikinya. Itulah keinginan kami."

Sementara itu, Inggris tergabung di Grup B di Piala Dunia 2022 nanti. Di grup ini, mereka menghadapi tim-tim yang cukup kuat. The Three Lions akan berhadapan dengan Iran, Amerika Serikat, dan Wales.


2. Jadwal UEFA Nations League Malam Ini

Logo UEFA Nations League

Berikut ini jadwal UEFA Nations League yang akan berlangsung Senin (26/09/22) malam waktu setempat atau Selasa (27/09/22) dini hari WIB.

Terdapat tujuh pertandingan yang akan digelar pada lanjutan matchday ke-5 Grup UEFA Nations League. Dua di antaranya berpotensi big match, yakni Inggris vs Jerman dan Hungaria vs Italia.

Pertandingan Grup A3 antara Inggris vs Jerman yang akan digelar pada Selasa (27/09/22) pukul 01.45 WIB ini merupakan duel dua tim yang terluka di kompetisi antarnegara Eropa.

Inggris dan juga Jerman awalnya dijagokan di antara dua negara lainnya di Grup Negara, Italia dan Hungaria, untuk mengamankan tiket ke babak berikutnya.

Namun bak sebuah antiklimaks, Hungaria yang sama sekali tidak diunggulkan malah mampu mempertunjukkan giant killing dan kini berpeluang lolos ke fase gugur.

Baca selengkapnya
Piala Dunia 2022Gareth SouthgateTimnas InggrisLiga Inggris

Berita Terkini