x

Lupakan Kekalahan atas Italia, Legenda Chelsea Tuntut Southgate Benahi Kesalahan

Sabtu, 24 September 2022 18:05 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Prio Hari Kristanto
Mantan pemain bintang Chelsea, Joe Cole, menuntun Gareth Southgate untuk membenahi kesalahannya setelah UEFA Nations League 2022/23. Ben Radford/Getty Images

INDOSPORT.COM – Mantan pemain bintang Chelsea, Joe Cole, menuntun Gareth Southgate untuk membenahi kesalahannya setelah UEFA Nations League 2022/23.

Hal tersebut disebabkan karena dalam putaran kelima UEFA Nations League, Inggris harus kalah dari Italia, dengan skor 1-0.

Baca Juga

Kekalahan tim besutan Gareth Southgate disebabkan oleh Giacomo Raspadori, yang menjadi satu-satunya pemecah kebuntuan bagi Gli Azzurri di menit ke-68, memanfaatkan umpan Leonardo Bonucci.

Sehingga, Joe Cole mendesak pelatih tim nasional Inggris, Southgate untuk menjadi tim yang lebih berani dalam segala hal.

Melansir dari Daily Mail, sebenarnya tim nasional Inggris memiliki pemain dengan kualitas, dan kemampuan yang cukup baik.

Baca Juga

Terbukti dengan pemain seperti Jude Bellingham, yang masih berusia 19 tahun, tetapi mampu tampil apik kala melawan Italia di Giussepe Meazza.

Kendati demikian, hal itu dirasa kurang cukup, karena kebanyakan skuad The Three Lions tampak kehilangan arah dalam menemukan permainan yang maksimal.

“Ada kepribadian, ada karakter di grup ini, tetapi mereka kehilangan arah dalam lima atau enam pertandingan terakhir,” ungkap Joe Cole.

Baca Juga

“(Sebenarnya) mereka dapat menemukannya. Gareth Southgate harus menemukan cara untuk menggembleng kelompok ini selama minggu depan ini,” tambahnya.

Selain itu, kritikan Joe Cole yang ditujukan kepada Gareth Southgate tersebut, menyikapi semakin dekatnya agenda Piala Dunia Qatar 2022.


1. Joe Cole Minta Southgate Siap-siap

Gareth Southgate

Pendapat Joe Cole, yang juga mantan pemain tim nasional Inggris kepada Gareth Southgate disebabkan karena agenda Piala Dunia 2022 di Qatar semakin dekat.

The Three Lions sendiri tergabung dalam Grup B Piala Dunia 2022, bersama dengan Iran, Amerika Serikat, dan Wales.

Baca Juga

Sehingga tim besutan Gareth Southgate tidak boleh menyepelekan tim lain. Mengingat, mereka juga dua kali kalah oleh Hungaria di fase penyisihan UEFA Nations League.

Namun, jika berkaca pada pertandingan Italia melawan Inggris, kedua tim seharusnya memiliki level yang berbeda, dan The Three Lions lebih diunggulkan.

Pasalnya, Gli Azzurri tidak dapat turut serta dalam kompetisi bergengsi antarnegara, Piala Dunia. Karena tim besutan Roberto Mancini gagal lolos dari babak kualifikasi.

Baca Juga

Namun, pada kenyatannya Timnas Inggris justru gagal meraih kemenangan dalam laga putaran kelima UEFA Nations League 2022 tersebut.

Bahkan, selain Joe Cole, masih ada mantan pemain sepak bola Inggris, yang mengomentari kekalahan Harry Kane dkk dari Italia, yang berimbas pada tim tersebut masuk dalam zona degradasi.

Sosok yang dimaksud adalah Matthew Upson, dan menurutnya hasil tersebut akan mengartikulasikan pada masalah yang dialami oleh tim besutan Gareth Southgate.

Baca Juga

“Memiliki kata 'degradasi' saat ini untuk kelompok pemain ini hanyalah menggosok garam ke dalam luka,” ungkap Matthew Upson dikutip dari Daily Mail.


2. Southgate Siap Tanggung Jawab Mainkan Maguire

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, siap bertanggung jawab atas keputusannya yang memasukkan nama bek Liga Inggris (Premier League), Manchester United, Harry Maguire.

Seperti yang diketahui, Harry Maguire kini tengah berada dalam performa yang buruk dan membuatnya sering dijadikan sebagai cadangan di skuad Manchester United.

Terakhir kali, Harry Maguire bermain sebagai starter saat Manchester United dikalahkan oleh Real Sociedad dengan skor 1-0. Pemanggilan Maguire oleh pelatih Inggris, Gareth Southgate, pun mengundang tanda tanya.

Baca selengkapnya: Bapuk di MU tapi Masih Dipakai Timnas Inggris, Southgate Siap Tanggung Jawab untuk Maguire

InggrisItaliaGareth SouthgateJoe ColeLiga InggrisUEFA Nations League

Berita Terkini