x

UEFA Nations League: Coret Trent Alexander-Arnold dari Skuad Inggris, Ini Penjelasan Southgate

Selasa, 27 September 2022 13:05 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Bek kanan Inggris, Trent Alexander-Arnold.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, beri pembelaan mengapa tidak memasukkan Trent Alexander-Arnold ke skuad melawan Jerman di UEFA Nations League.

Timnas Inggris bisa dibilang tengah pesakitan dalam enam laga terakhir yang dijalaninya.

Baca Juga

Bagaimana tidak? Inggris sendiri merupakan salah satu negara yang difavoritkan memenangkan Piala Dunia 2022 mendatang, tetapi ada satu hal tak sedap yang menghantui The Three Lions.

Hal tersebut adalah Harry Kane cs gagal meraih satu pun kemenangan dalam enam laga terakhir yang dilakoni mereka.

Ya, pasukan Gareth Southgate tersebut meraih catatan tiga kali imbang dan tiga kali kalah di enam pertandingan Nations League mereka.

Baca Juga

Alhasil, Inggris mau tidak mau harus terdegradasi dari Liga A menuju ke Liga B pada UEFA Nations League edisi ke depan.

Keterpurukan Inggris ini juga diperparah dengan betapa mandulnya lini serang The Three Lions dalam lima laga terakhir yang mana mereka hanya mampu menjaringkan satu gol saja.

Sementara itu, bapuknya Inggris juga ditambah di lini belakang mereka sebab bek bernama Harry Maguire dan kiper bernama Nick Pope membuat blunder yang berujung fatal sehingga mereka harus keboboln tiga gol kontra Jerman.

Baca Juga

Selain itu, Gareth Southgate juga tidak mengikutsertakan bek kanan Inggris sekaligus bintang Liverpool, Trent Alexander-Arnold.

Maka dari itu, Gareth Southgate memberikan penjelasan mengenai keputusannya tersebut menepikan Trent Alexander-Arnold di laga melawan Jerman di UEFA Nations League.


1. Southgate Beri Penjelasan Tak Bawa Alexander-Arnold

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

Dilansir dari The Metro, Gareth Southgate berujar bahwa pintu belum tertutup bagi Trent Alexander-Arnold untuk di bawa ke Piala Dunia 2022 di Qatar mendatang.

Hal itu dikatakan oleh Gareth Southgate meskipun Trent Alexander-Arnold tidak diikutsertakan dalam pertandingan kontra Jerman pada malam dini hari tadi.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, Trent Alexander-Arnold hanya baru saja tampil sebanyak satu kali di ajang internasional. Bintang Liverpool itu juga merupakan pemain pengganti yang tak dimainkan saat Inggris kalah melawan Italia beberapa hari yang lalu.

Pria berusia 23 tahun tersebut bahkan tidak dimasukkan oleh Gareth Southgate ke bangku cadangan bersama dengan Fikayo Tomori, Jarrod Bowen, dan James Ward-Prowse.

Akan tetapi, Southgate dengan tegas membalas 'tidak' ketika dikatakan bahwa harapan bintang Liverpool dibawa ke Piala Dunia itu mungkin berkurang karena Reece James dan Kieran Tripper berada dalam performa yang lebih baik.

Baca Juga

“Maksud saya, kami memiliki skuad besar dan kami memiliki empat bek kanan yang berkualitas luar biasa,” jawab Southgate saat ditanyai mengenai hilangnya Alexander-Arnold dari skuad.

“Saat ini Kieran Trippier bermain sangat baik dan Reece James telah menjadi salah satu pemain luar biasa di Premier League di awal musim.”

“Namun, Trent adalah pesepakbola yang sangat-sangat bagus dan itulah mengapa kami memilihnya di skuad [awal].”

Baca Juga

Alasan Southgate menepikan Trent Alexander-Arnold sebenarnya bisa dipahami sebab performa sang pemain saat membela Liverpool juga tengah jeblok.

Para netizen di berbagai media sosial pun mencemooh bahwa ia malas mengawal pemain lawan kendatipun ia berposisi sebagai bek kanan.

Tak heran apabila tindakan Alexander-Arnold tersebut kerap merugikan Liverpool yang mana Alisson harus memungut bola dari gawangnya.

Netizen pun juga menghujatnya sebagai bek kanan yang tidak bisa bertahan. Meski demikian, kemampuannya untuk menyerang tidak diragukan lagi sehingga banyak publik yang menyarankan Jurgen Klopp untuk memasangnya di lini serang saja.


2. Legenda Man United Pertanyakan Keputusan Southgate Tak Panggil Sancho

Jadon Sancho saat membela Timnas Inggris.

Legenda Manchester United, Rio Ferdinand, masih kurang paham kenapa Jadon Sancho tidak dipanggil Gareth Southgate ke skuat Timnas Inggris.

Padahal, masih kata Rio Ferdinand, dia mengklaim winger Manchester United itu lebih gacor main untuk Timnas Inggris ketimbang main di Liga Inggris. 

Setelah musim yang campur-aduk di Man United tahun lalu, Sancho terlihat jauh lebih baik di bawah asuhan Erik Ten Hag di musim ini.

Mantan pemain Borussia Dortmund itu sudah mencetak tiga gol dalam delapan penampilannya di semua kompetisi sejauh musim ini. 

Meski begitu, Rio Ferdinand masih belum bisa memahami pola pikir Southgate ketika memanggil para pemain ke skuat Timnas Inggris terbaru.

Baca selengkapnya: Rio Ferdinand: Masih Kurang Paham Kenapa Sancho Tidak Dipanggil Southgate

InggrisJermanGareth SouthgateBola InternasionalUEFA Nations LeagueTrent Alexander-Arnold

Berita Terkini