x

Insiden Richarlison, FA Brasil: Rasisme Harus Dihapus dari Muka Bumi

Rabu, 28 September 2022 13:25 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Aksi Richarlison (kiri) di laga Brasil vs Tunisia (28/09/22). (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

INDOSPORT.COM - FA Brasil bersumpah untuk melawan rasisme setelah pemain mereka, Richarlison, dilempari pisang oleh penonton dari tribun.

Peristiwa itu terjadi dalam kemenangan 5-1 Brasil atas Tusinia yang berlangsung di Paris, Prancis.

Baca Juga

Penyerang Tottenham Hotspur itu merayakan golnya yang membawa Brasil unggul 2-1 di Parc des Princes.

Namun saat dia merayakan di pinggir lapangan, beberapa barang termasuk kulit pisang dilempari penonton ke dalam lapangan. 

Dalam video tayangan ulang yang beredar, gelandang Manchester United, Fred, menendang pisang itu ke luar lapangan.

Baca Juga

Tapi beberapa barang lainnya juga dilempar para penonton ke dalam lapangan, seperti gumpalan tisu dan botol, yang kini jadi sorotan dunia. 

Sebelum pertandingan, Timnas Brasil kebetulan berpose foto dengan sebuah spanduk anti-racism yang bertuliskan ‘Tanpa pemain-pemain ‘hitam’ kami, kami tidak mungkin memiliki lima bintang di jersey kami’.

Federasi Sepak Bola Brasil (FA) tidak lama kemudian mengeluarkan pernyataan terkait insisden Richarlison. Mereka membenarkan bahwa ada pisang yang dilemparkan ke dalam lapangan. 

Baca Juga

“Sangat disayangkan pisang dilempar ke dalam lapangan ke arah Richarlison, pemain yang cetak gol kedua Brasil.

“CBF menegaskan posisinya untuk terus melawan rasisme dan menolak keras segala prasangka buruk,” bunyi pernyataan resmi Brasil. 


1. Rasisme Harus Dihukum Tegas

Aksi Richarlison di laga Meksiko vs Brasil pada semifinal Olimpiade Tokyo 2020.

Presiden FA Brasil Ednaldo Rodriguez turut buka suara terkait insiden Richarlison dalam laga menghadapi Tunisia. 

Dia mengaku kaget melihat dengan mata kepalanya sendiri tindakan rasisme seperti ini. Yang berarti, sebelumnya, dia belum pernah melihat langsung insiden seperti ini. 

Baca Juga

“Sekali lagi, saya menyampaikan penolakan terhadap rasisme kepada publik. Saya selalu menolak hal seperti ini dengan tegas. 

“Kali ini saya melihatnya dengan mata kepalaku sendiri. Kami benar-benar kaget. Kita harus selalu ingat, bahwa kita semua sama, terlepas dari warna kulit, ras atau agama,” jelasnya. 

Ednaldo Rodriguez juga kembali menegaskan bahwa dia ingin pelaku rasisme harus dihukum secara tegas. 

Baca Juga

“Perlawanan kepada tindakan rasisme bukanlah semata-mata perang, tapi harus ada perubahan mendasar untuk menghapus kejahatan seperti ini dari muka bumi. Saya tegaskan, pelaku harus dihukum secara tegas,” katanya lagi. 

Gol Richarlison itu membawa Brasil kembali unggul 2-1, setelah punggawa Tunisia, Montassar Talbi, menyamakan skor 1-1 setelah gol pembuka dari Raphinha.

Neymar juga mencetak gol tapi dari titik putih kotak penalti, sementara Raphinha mencetak gol keduanya untuk memastikan tiga poin di Paris. 

Baca Juga

Sebelum laga menghadapi Tunisia, Brasil juga memainkan uji coba FIFA Matchday menghadapi Ghana, di mana Richarlison bersinar.

Richarlison mencetak dua gol sekaligus dalam kemenangan 3-0 yang dicapai Brasil atas Ghana.


2. Hasil FIFA Matchday Brasil vs Tunisia: Selecao Cukur Elang Kartago

Pemain Leeds United, Raphinha, saat memperkuat Timnas Brasil.

Berikut hasil pertandingan FIFA Matchday antara Brasil vs Tunisia di Parc des Princess, Prancis, Rabu (28/09/22).

Sejak babak pertama dimulai, Brasil mulai mengambil alih kendali permainan atas Tunisia. Penguasaan bola pun ditunjukkan oleh tim Selecao sejak menit pertama.

Namun justru Tunisia yang mendapat peluang pertama di menit ke-4 melalui sepakan voli Ellyes Skhiri yang masih melebar di kanan gawang Brasil.

Dominasi Brasil bahkan mampu membuahkan hasil di menit ke-11. Adalah Raphinha yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor bagi tim Samba.

Raphinha mampu mencetak golnya memanfaatkan assist dari Casemiro dan membuat Brasil unggul cepat di awal-awal pertandingan.

Baca selengkapnya: Hasil FIFA Matchday Brasil vs Tunisia: Selecao Cukur Elang Kartago

FIFABrasilTunisiaLiga InggrisRicharlison

Berita Terkini