x

Mengenal AiSCOUT, Mitra Penelitian Akademi Chelsea guna Temukan Pemain-pemain Muda Potensial

Selasa, 4 Oktober 2022 10:05 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Indra Citra Sena
Klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea baru-baru ini mengenalkan AiSCOUT sebagai mitra penelitian akademi resmi, guna menemukan bakat pemain-pemain muda. Foto: REUTERS-Andrew Couldridge

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, baru-baru ini mengenalkan AiSCOUT sebagai mitra penelitian akademi resmi, guna menemukan bakat pemain-pemain muda.

Sejak kedatangan Todd Boehly dan Clearlake Capital sebagai pemilik baru Chelsea pada awal tahun ini, mereka kian giat menghadirkan pemain-pemain muda potensial.

Baca Juga

Tak seperti era pemilik sebelumnya yang cenderung membeli pemain matang dan top seperti, Fernando Torres, Romelu Lukaku, hingga Alvaro Morata.

Keputusan yang dilakukan Todd Boehly baru-baru ini, telah sejalan dengan misi dan visinya setelah mengakuisisi The Blues.

“Seiring dengan komitmen kami untuk mengembangkan skuad muda dan mendapatkan talenta terbaik,” buka Todd Boehly dikutip dalam pengumuman resmi.

Baca Juga

“Kami akan melakukan investasi untuk jangka panjang dan membangun sejarah kesuksesan Chelsea yang luar biasa,” sambungnya.

Seperti yang diketahui, setelah kedatangan Boehly kini Chelsea telah memiliki pemain muda berbakat seperti Casere Casadei dan Carney Chukwuemeka.

Sebelumnya mereka juga mendatangkan Zak Sturge dan Eddie Beach, sebagai bukti bahwa Todd Boehly mendukung kinerja dari kepala akademi Neil Bath dan Jim Fraser.

Baca Juga

Kini Chelsea kian serius dalam mendatangkan pemain-pemain muda berbakat lainnya, dengan mencapai kesepakatan kepada AiSCOUT.

Dengan kesepakatan kerja sama selama lima tahun. Berikut INDOSPORT akan mengulas daya tawar yang dihadirkan AiSCOUT kepada Chelsea.


1. AiSCOUT Sangat Modern

Aksi Graham Potter di laga Chelsea vs RB Salzburg (15/09/22). (Foto: REUTERS/David Klein)

AiSCOUT merupakan sebuah aplikasi pemandu bakat yang bekerja secara otomatis, dengan menampilkan skor benchmark seperti kemampuan atletik, teknis, kognitif dan psikometri.

Hal tersebut berarti setiap orang atau klub bisa memantau pemain yang telah ditandatangani secara berkala.

Baca Juga

Menariknya, dengan menjalin kerja sama dengan AiSCOUT berarti Chelsea tidak perlu mengirim tim pemandu bakat untuk mengintai pemain selama berjam-jam.

Artinya proses penilaian dan identifikasi sepenuhnya dilakukan melalui teknologi. Oleh karena itu, Chelsea bisa mendapatkan pemain yang diinginkan dengan mengakses AiSCOUT.

Harapannya, dengan menjalin kerja sama dengan AiSCOUT, berarti Chelsea bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan sebelumnya.

Baca Juga

Melalui laman resminya, AiSCOUT mengungkapkan bahwa mereka telah menganalisis sekitar 12.500 pemain amatir. Mereka merupakan bakat-bakat muda yang berasal dari 125 negara.

Baca Juga

Bahkan, sebanyak 45 pemain yang telah bekerja dengan AiSCOUT kini bergabung dengan beberapa klub profesional hingga dipilih sebagai bagian dari tim nasional.

Tentu daya tawar tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan Todd Boehly, sehingga Chelsea memiliki peluang untuk mendapatkan pemain amatir sebagai calon bintang di masa depan.


2. Sejalan dengan Tujuan Chelsea

Jordan Ayew (tengah) dikepung Ben Chilwell dan Jorginho di laga Crystal Palace vs Chelsea (01/10/22). (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

Perlu diketahui bahwa kerja sama dengan AiSCOUT bukanlah kali pertama bagi Chelsea. Pasalnya mereka telah bekerja selama dua tahun terakhir.

Kerja sama tersebut terjadi selama AiSCOUT melakukan tahap penelitian dan pengembangan platform hingga sampai pada titik ini.

Baca Juga

Sementara itu, kepala pemandu bakat Chelsea, Jim Fraser mengungkapkan bahwa penawaran yang dihadirkan AiSCOUT telah membawa kemajuan yang luar biasa.

“Mereka telah menciptakan solusi untuk merevolusi proses kepanduan dan pengembangan bakat sepak bola,” ungkap Jim Fraser.

“Mereka akan membantu kami dalam mengidentifikasi, merekrut dan mengembangkan bakat terbaik secara efektif dan efisien,” jelasnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Darren Peries sebagai pendiri AiSCOUT berjanji akan terus mengembangkan platform mereka setelah melanjutkan kerja sama dengan Chelsea.

“Diakui sebagai mitra Penelitian Akademi Resmi dan bekerja bersama mitra utama klub lainnya, adalah momen penting bagi semua orang yang terlibat dengan AiSCOUT,” ungkap Darren.

Salah satu contoh hasil dari AiSCOUT adalah Ben Greenwood, seorang bek muda yang diundang untuk uji coba dengan akademi Chelsea, kini bergabung dengan Bournemouth.

Baca Juga

Kesimpulannya, kerja sama ini adalah keinginan Chelsea untuk menemukan dan merekrut talenta terbaik dengan lebih intens. Diharapkan The Blues bisa menjadi salah satu klub dengan pemain muda terbaik di seluruh dunia.

ChelseaRomelu LukakuLiga Primer InggrisLiga InggrisTodd BoehlyCarney Chukwuemeka

Berita Terkini